Mengumpulkan Uang dengan Usaha Sate Pisang

Bisnis kuliner memang tak pernah ada matinya. Dari satu bahan baku dapat diolah menjadi berbagai macam varian masakan, pastery, atau minuman. Buah pisang misalnya, selain dipakai sebagai bahan utama membuat pisang goreng dan jus pisang, ternyata kulitnya juga dapat diolah menjadi keripik kulit pisang. Lihat disini cara membuatnya! Selain dijadikan sebagai campuran adonan pembuatan berbagai jenis kue tradisional, beberapa orang mencoba berkreativitas menciptakan menu makanan yang unik dan menarik, satu di antaranya adalah Sate Pisang. 

Bahkan beberapa wirausahawan di dalam negeri mulai serius menggarap usaha kuliner berbahan pisang tersebut. Selain dikelola sendiri, mereka juga mencari mitra usaha dalam sistem bisnis waralaba. Bagaimanakah cara memulai usaha sate berbahan buah pisang ini? Yuk silakan disimak bareng-bareng!!!

sate pisang
Memahami dan Berkreativitas Resep Pembuatan Sate Pisang
Untuk memahami dan membuat sate pisang tidaklah terlalu rumit. Adapun bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

Bahan Dasar:
Buah pisang yang dipotong-potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera anda. Jenis pisang dipakai adalah pisang yang biasa digunakan untuk membuat pisang goreng, misalnya pisang raja. Siapkan juga margarine atau minyak goreng  untuk proses penggorengan.

Bahan Celup:
  • Tepung terigu 200gr
  • Susu bubuk 3 sendok makan
  • Air putih 1 gelas (200ml)
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Telur 1 butir
  • Baking powder 1 sendok the
Untuk membuat adonan celup tersebut, semua bahan dicampur menjadi satu lalu dimixing dengan mesin mixer atau pengocok kue.

Bahan Topping (Hiasan):
  • Coklat cair atau coklat batangan yang dilelehkan
  • Keju parut
  • Meises warna-warni
  • Butir kacang tanah yang dicacah kecil-kecil dan disangrai

Cara Membuat Sate Pisang:
Panaskan wajan dengan margarin atau minyak goreng di atasnya. Celupkan potongan-potongan buah pisang ke dalam adonan celup. Kemudian digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Diamkan sejenak untuk mengurangi kandungan minyak yang melekat pada pisang. Langkah selanjutnya adalah menusuk potongan pisang dengan tusuk sate. Jumlah potongan pisang pada satu batang tusuk sate antara 3 hingga 5 potong. Kemudian celupkan sate pisang tersebut ke dalam larutan coklat dan diletakkan di atas piring cantik. Setiap porsi biasanya terdiri dari 3 hingga 5 sate pisang. Nah, agar kelihatan lebih menarik dan menggugah selera, taburi dengan parutan keju, meises, cacahan kacang, atau bahan lainnya. Sate pisang pun siap dihidangkan ke konsumen.

Pemasaran Usaha Sate Buah Pisang
Sate pisang paling nikmat bila disajikan dalam keadaan hangat. Oleh karena itu, sate pisang dibuat setelah dipesan oleh konsumen, sehingga model pemasaran yang paling baik adalah membuka stand kecil atau menjadikannya sebagai menu dessert untuk usaha rumah makan anda. Harga satu porsi sate pisang bervariasi, tergantung jenis pisang yang dipakai dan varian bahan topping yang dipilih.

Di suatu lokasi ada yang harganya Rp 4.000/porsi, dan di tempat lain harganya di atas Rp 10.000,- untuk satu porsi. Kesuksesan usaha kuliner ini tergantung kemampuan anda menciptakan rasa sate pisang yang istimewa. Demikian sekilas tentang peluang usaha sate pisang. Semoga dapat memberi inspirasi bisnis anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait