Mencari Recehan Dollar dengan Jual Foto di Internet

Fotografi menjadi salah satu hobi yang bisa mendatangkan uang. Melalui gambar - gambar berkualitas dari hasil jepretan lensa kamera, anda bisa menghasilkan dollar dengan menjual karya anda baik secara offline maupun lewat jalur internet. Menjual karya photo secara online dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu membangun website sendiri sebagai media memajang gambar - gambar karya anda, dan cara kedua adalah menjadi member (anggota) pada agen jual beli foto online.

Berikut akan dijelaskan tentang kiat-kiat meraup recehan dolar dengan cara menjual gambar melalui agency foto online (situs stock photo):

bisnis foto internet
1. Menyiapkan Foto yang Sesuai Standard
Langkah awal dalam mendulang recehan uang di internet adalah menyiapkan koleksi foto-foto yang berkualitas bagus, baik itu foto dari jepretan langsung maupun gambar-gambar yang dibuat dari aplikasi-aplikasi pengolah gambar, seperti photoshop atau Corel Draw. Gambar yang bagus umumnya memiliki pixel yang padat dengan ukuran di atas 4MB.

2. Memilih Agen Foto
Setelah anda yakin bahwa foto-foto yang anda buat layak untuk dibeli, maka tahap berikutnya memilih agen yang membantu dalam memajang dan menjualkan koleksi foto anda. Ada banyak agency stock photo di internet sebagai media anda dalam jual beli foto. Anda harus menjadi anggota pada agen tersebut. Selain itu, yang wajib juga disediakan adalah email dan rekening online, umumnya memakai PayPal.

Variasi harga berbeda-beda untuk setiap gambar yang dibeli (didownload) pengunjung. Biasanya antara $0,20 hingga di atas $10. Uang yang ditransfer oleh pembeli akan dibagi antara anda dan agen. Berikut adalah situs-situs yang bisa anda pilih sebagai media menjual foto secara online:
  • www.shutterstock.com
  • www.istockphoto.com
  • www.fotolia.com
  • www.123fr.com
  • www.photographersdirect.com
  • www.alamy.com
  • www.photomerchant.net
  • www.zenfolio.com
  • www.shutterfly.com
  • dan lain-lainnya, termasuk aplikasi instagram di www.instastockimages.com

3. Melakukan Promosi dan Terus Menciptakan Gambar-gambar yang Berkualitas
Setelah anda terdaftar sebagai member pada agen jual beli foto tersebut, maka lakukan promosi secara offline maupun online, misalnya promosi di Facebook, Twitter, Blog dan media sosial lainnya.

Teruslah menghasilkan foto yang bermutu dan menarik agar portofolio gambar anda semakin bertambah dan tentunya akan meningkatkan peluang terkumpulnya recehan-recehan dollar tersebut. Selamat berkreatifitas!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait