5i - Kunci Sukses Membangun Karir & Bisnis di Usia Muda

Masa muda merupakan waktu yang penuh dinamika. Ketepatan dalam memilih jalan hidup pada usia muda tersebut merupakan langkah awal menuju kesuksesan di masa depan. Dalam upaya mencapai kesuksesan pada karir dan bisnis, setiap orang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun secara sederhana dapat di deskripsikan ke dalam lima poin utama.

Menurut Kerjausaha.com, lima kunci kesuksesan dalam berkarir atau membangun kerajaan bisnis di masa depan tersebut diistilahkan dengan 5i, yang terdiri dari:

KUNCI SUKSES
1. Ilmu
Apa pilihan ilmu yang anda pelajari saat ini akan menentukan langkah anda di masa mendatang. Banyak orang yang gagal dalam karir dan bisnisnya karena tidak memiliki cukup ilmu atau juga karena bidang ilmu yang mereka kuasai tidak sesuai dengan minat dan bidang pekerjaannya saat ini. Oleh karena itu, selagi masih muda penting sekali memilih ilmu yang cocok dengan minat dan kepribadian diri. Untuk itu, anda harus belajar mengenal diri anda sendiri.

2. Ide
Kunci sukses yang kedua dalam menggapai karir atau menjalankan suatu usaha/bisnis adalah ide (gagasan). Tak sedikit wirausahawan-wirausahawati yang bermodal minim mampu mendongkrak bisnisnya karena sebuah ide kecil yang briliant. Sementara banyak karyawan yang awalnya berjabatan rendah mampu menaiki tangga karir dengan cepat karena sumbangsih ide-idenya memajukan perusahaan. Jadi, luangkan sedikit waktu anda untuk berpikir, merenung, atau melakukan sesuatu hal yang dapat memunculkan ide-ide segar.

3. Individu
Faktor lain yang menjadi kunci kesuksesan adalah individu dan interaksinya. Individu yang dimaksud adalah seseorang diluar anda, entah itu sahabat, keluarga, mitra bisnis, sang idola, atau bahkan para kompetitor anda. Dengan menjalin interaksi dengan individu-individu yang tepat, maka karir ataupun bisnis anda bisa berjalan lebih baik. Ketika anda memiliki ilmu yang mapan, ide yang luar biasa, dan berteman dengan orang pernah bangkrut, mungkin anda akan menjadi lebih cermat agar tidak mengalami nasib yang serupa dengan kawan anda.

4. Inisiatif (Ikhtiar)
Ilmu, ide, dan interaksi dengan individu-individu yang tepat takkan pernah menjadikan anda sukses tanpa adanya tindakan (no action). So, just do it! Tanpa usaha (ikhtiar) semuanya hanya omong kosong belaka!

5. Ibadah (Izin Tuhan)
Takkan ada daun yang jatuh tanpa seizin-Nya. Begitu pula dalam karir dan membangun bisnis. Hakim terakhir dan tertinggi adalah Sang Pencipta. Oleh karena itu, serahkan diri kepada Beliau dan banyak-banyaklah beribadah demi mendapatkan restu dan rahmat-Nya. Amin...

Demikianlah 5i Kunci Sukses yang terdiri dari >> Ilmu, Ide, Individu, Inisiatif, dan Ibadah. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait