5 Tipe Pelanggan berdasarkan Levelnya

Customer is a King. Kepuasan mereka menjadi kunci dalam menggerakkan bisnis ke arah yang positif. Oleh sebab itu, meningkatkan jumlah konsumen merupakan target yang harus dicapai, khususnya oleh tim marketing. Namun, tidak semua konsumen (pelanggan) harus diperlakukan sama. Anda harus pintar dalam menyeleksi calon konsumen yang mendatangkan profit serta membuat kinerja tim marketing lebih efektif dan efesien. Berikut adalah 5 level pelanggan yang patut anda ketahui:

1. Tipe Pelanggan Grade A (Awesome)
Tipe pertama ini adalah konsumen yang utama. Konsumen jenis ini merupakan pelanggan yang loyal. Mereka akan selalu antusias menyimak apa yang anda tawarkan, dan akhirnya bersedia melakukan transaksi. Selain setia dan berusaha sendiri mencari informasi tentang produk-produk yang akan anda keluarkan, tak jarang mereka juga ikut mempromosikan produk bisnis anda ke sahabat dan keluarganya. Anda harus berupaya menjaga kepercayaan dan loyalitasnya terhadap produk yang anda pasarkan.

tipe pelanggan2. Tipe Pelanggan Grade B (Basic)
Pada tingkatan ke dua atau grade B, para pelanggan yang bertipe ini cenderung tertarik dengan apa yang anda tawarkan, meskipun mereka sering melakukan berbagai penawaran untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Tidak seperti Grade A, pelanggan pada level ini tidak pernah meluangkan waktunya untuk mengikuti perkembangan produk-produk yang anda luncurkan. Mereka juga tidak memiliki rasa penasaran tentang apakah ada yang baru di toko anda. Mereka umumnya akan melakukan transaksi bila tim marketing anda aktif melakukan pendekatan.

3. Tipe Pelanggan Grade C (Confuse)
Pelanggan pada Grade C adalah kelompok konsumen yang berada pada sikap ragu-ragu. Hal tersebut sering disebabkan oleh kondisi bingung antara ketertarikan produk dengan pertimbangan prinsip ekonominya, sehingga perlu waktu lama untuk memutuskan deal bisnis (Ya/Tidak). Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam melakukan penawaran, meskipun peluangnya 50:50.

4. Tipe Pelanggan Grade D (Deal less)
Mungkin tim marketing anda menjadi less spirit dan tidak confidence dalam pemasaran setelah berhadapan dengan konsumen level 4 ini. Kelompok konsumen yang termasuk dalam Grade D sering terlihat antusias terhadap produk-produk yang anda tawarkan, tapi jarang sekali melakukan deal transaksi. Jika anda menyadari seorang konsumen berada pada level ini, maka jangan terlalu berekspetasi yang besar serta kurangi gebrakan persuasif anda.

5. Tipe Pelanggan Grade E (Emptiness)
Pelanggan pada level terbawah adalah pelanggan yang punya prinsip sendiri dan memiliki pendirian yang teguh. Mereka tidak akan tergoda, sangat cuek, dan kebal terhadap bujuk rayuan. Konsumen pada level E ini biasanya melakukan transaksi karena memang untuk memenuhi kebutuhannya atau sesuai dengan program yang sudah direncakannya. Sehingga sulit untuk mencegahnya membeli sesuatu dan sulit pula untuk mempengaruhinya membeli suatu produk yang ditawarkan. Segera tinggalkan konsumen tipe ini demi mengefesiensikan pikiran dan tenaga anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait