5 Orang Kulit Hitam Terkaya di Dunia

Secara sederhana para pakar membagi ras manusia di dunia ini menjadi tiga kelompok, yaitu manusia ras kulit putih, kulit kuning, dan kulit hitam. Manusia yang berkulit hitam atau sering dikenal dengan orang negro, banyak tersebar di kawasan Afrika, benua Amerika, dan beberapa terdapat di wilayah Asia. Meskipun orang-orang terkaya di dunia tahun 2013 didominasi oleh ras kulit putih, namun tak sedikit pula orang-orang "black man" yang masuk dalam daftar milyarder dunia. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Forbes, inilah 5 orang negroid yang paling kaya di dunia tahun 2013:

1. Aliko Dangote
Di posisi puncak adalah Aliko Dangote. Pria kelahiran Kano - Nigera ini merupakan pendiri dari Dangote Group. Berbagai jenis bisnis pernah ia lokani, tetapi pada tahun 1981 ia mencoba membangun bisnis pembuatan semen, dan ternyata hal tersebut menjadikannya sebagai pria kulit hitam terkaya di dunia. Di bawah Dangote Group, pria lulusan Universitas Al-Azhar Mesir ini menjadi pebisnis semen nomor satu di benua Afrika yang mempekerjakan lebih dari  26.000 orang di dalam negerinya. Jumlah kekayaanya diperkirakan mencapai 16,1 milyar dolar AS.

2. Sheikh Mohammed Al-Amoudi
Pria ini adalah warga negara Arab Saudi yang asalnya dari Etiophia. Sewaktu kecil, ia hijrah bersama ayahnya untuk menetap di Arab. Pria yang memiliki total kekayaan 13,5 milyar dolar AS tersebut sukses berkat keuntungan dari kontrak pembangunan universitas dan kompleks perumahan. Al-Amoudi yang sekarang memimpin MIDROC (Muhammed International Developments Research and Organization Companies)  menjadi orang terkaya kedua di Arab dan berada di peringkat ke 65 secara global.

3. Mike Adenuga
Mike Adenuga memiliki aset kekayaan senilai 4,7 milyar dolar Amerika. Ia adalah pria terkaya kedua di Nigeria. Mike sukses dalam berbagai bidang bisnis. Pada tahun 2006 lalu, ia mendirikan Globacom, sebuah perusahaan di bidang telekomunikasi. Selain itu, perusahaan miliknya yang bernama Consolidated Oli Limited sukses menjadi perusahaan minyak nomor 1 di Negeria.

4. Patrice Motsepe
Pria asal Afrika Selatan ini mempunyai jumlah kekayaan sekitar 2,9 milyar dolar AS. Sejak usia kecil Motsepe telah belajar berbisnis dari ayahnya yang merupakan seorang pengusaha kecil di kota terpencil di Afrika. Kemudian setelah dewasa, ia mulai menggeluti bisnis pertambangan, khususnya produk pertambangan yang susah dicari, yaitu bijih platina melalui perusahaannya yang bernama ARM (African Rainbow Mineral). Di tahun 2013 ini ia telah ikut bergabung bersama Bill Gates dan Waren Buffet dalam sebuah yayasan amal yang bernama Giving Pledge. Ia berjanji akan menyumbangkan setengah penghasilannya untuk bantuan kemanusiaan.

5. Mohammed Ibrahim
Dengan total kekayaan mencapai 1,1 milyar dolar AS atau lebih dari 9,9 triliun rupiah, Mohammed Ibrahim menduduki posisi ke 5 sebagai pria kulit hitam terkaya tahun 2013. Pria yang juga dikenal dengan nama Mo Ibrahim adalah warga negara Inggris yang lahir di negara Sudan (Afrika Tengah). Tahun 1988 ia menggeluti bisnis telepon seluler dengan mendirikan Celtel International, dan kemudian dijualnya ke MTC Kuwait seharga $3,4 milyar. Dari kelima orang ini, Ibrahim lah yang paling punya banyak gelar di bidang pendidikan, antara lain Bachelor of Science dari Universitas Alexandria, gelar Master in Electronic dari Universitas Bradford, dan gelar Doctor (Ph.D) di bidang mobile communication.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait