5 Motto Inspiratif para Pebisnis Dunia

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Dalam kesuksesan berbisnis, sering kali pengalaman lebih berperan dari pada teori yang diperoleh di bangku pendidikan. Oleh karena itu, untuk menggapai cita-cita kesuksesan dalam bisnis tersebut, ada baiknya kita mempelajari pengalaman-pengalaman dari orang-orang yang sudah mencapai posisi sukses dalam bisnis. Untuk memahami gambaran ciri-ciri orang sukses bisa anda lihat
di sini.

motto usaha
Jika Anda ingin mengikuti jejak langkah kesuksesan mereka, ada banyak hal yang wajib dipelajari dari pengalamannya, misalnya cara mereka mengumpulkan modal, cara membangun kepercayaan, trik bangkit dari keterpurukan, jenis buku yang layak dibaca, hingga termasuk prinsip dan motto hidup yang dijadikan pijakan. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 5 kalimat inspiratif yang menjadi motto bagi para pebisnis internasional yang telah berhasil meraih kesuksesan:

1. Richard Branson
“Starting a business is a huge amount of hard work, You had better enjoy it!”
Richard Branson adalah seorang pengusaha asal Inggris yang telah memiliki 360 perusahaan di bawah Virgin Group. Pria kelahiran tahun 1950 tersebut telah menjadi seorang entrepreneur sukses sejak masih berusia 16 tahun ketika ia mempublikasikan sebuah majalah yang bernama Student. Motto bisnisnya adalah berusaha menikmati setiap pekerjaan, karena membangun sebuah bisnis membutuhkan kerja keras yang besar. Jadi agar tidak menjadi stress, maka jangan dianggap sebagai beban, tetapi lebih baik nikmati saja.

2. Oprah Winfrey
“You must have some kind of vision for your life”
Oprah Winfrey dikenal sebagai presenter televisi nomor 1 di Amerika. Wanita kelahiran tahun 1954 tersebut merupakan selebritis sekaligus pengusaha yang memiliki kekayaan lebih dari 1,3 milyar dolar AS. Dalam pandangannya, kita harus memiliki sebuah visi yang menjadi arah bagi tujuan hidup kita. Meskipun saat ini anda tidak punya sebuah rencana dalam bisnis, tapi paling tidak di dalam benak anda ada sebuah visi bisnis yang akan menjadi dasar bagi perencanaan bisnis anda.

3. Steve Jobs
“People with passion can change the world for the better”
Steve Jobs dianggap sebagai salah satu pioneer dalam bisnis teknologi.  Pria yang telah meninggal tahun 2011 lalu merupakan individu yang berhasil membawa kesuksesan bagi perusahaan teknologi Apple. Perusahaan yang sempat terseok-seok, berhasil diangkat kembali oleh Steve Jobs hingga menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Meskipun orang-orang sekitarnya mengenalnya sebagai sosok yang perfeksionis dan emosional, namun prinsip-prinsip hidupnya telah mempengaruhi banyak orang. Baginya, hanya orang-orang yang memiliki hasrat (passion) yang besar akan dapat meraih kesuksesan, bahkan bisa membawa kehidupan dunia untuk menjadi lebih baik.

4. Eric Schmidt
“Find a way to say ‘Yes’ to things”
Eric Schmidt adalah seorang teknisi perangkat lunak yang pernah bekerja di Apple, Inc. Ia pernah menjabat sebagai CEO Google selama 10 tahun. Pria lulusan Universitas Princeton dan California tersebut pernah menjadi pembicara di seminar Universitas Boston dengan mengajarkan pesan keterbukaan serta arti kata “Yes” dalam bisnis. Dengan mengatakan “Ya”, anda akan menemui banyak hal baru bahkan mungkin juga orang-orang di sekitar anda. Meskipun ketika anda mengucapkan kata “Ya” akan membuat anda keluar dari zona nyaman, namun kata tersebut dapat menjadi jalan menuju kesuksesan. Oleh karena itu, Schmidt menganjurkan kita untuk berusaha mencari jalan keluar (solusi) agar sebisa mungkin mengucapkan kata “Ya”.

5. Samih Toukan
“It’s better to try and fail than fail to try”
Samih Toukan adalah pioneer teknologi internet bagi dunia Timur Tengah. Pria asal Uni Emirat Arab tersebut adalah pendiri Maktoob.com sebuah perusahaan yang menyediakan mesin pencari, email, dan piranti internet lainnya yang support hurub Arab. Maktoob.com Inc, kemudian diakuisisi oleh perusahaan global Yahoo, Inc. pada tahun 2009 lalu. Samih Toukan mempunyai prinsip simpel namun sangat persuasif yaitu “lebih baik gagal setelah mencoba, daripada gagal sebelum mencoba”.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait