5 Cara Mengembalikan Semangat Kerja Karyawan

Pikiran stress, rasa capek, dan bosan adalah hal-hal yang umumnya menurunkan kinerja seorang karyawan, sehingga dapat berdampak buruk pada produktivitas perusahaan. Oleh karena itu, bila anda melihat para karyawan anda telah menunjukkan semangat kerja yang menurun, maka harus segera mencari solusi untuk mengembalikan kondisi produktivitas mereka. Ada pun beberapa trik yang bisa anda lakukan antara lain:

1. Mengubah Suasana Tempat Kerja
Ruang kerja yang monoton akan cepat sekali mengundang kebosanan. Tata letak meja yang kaku, cat tembok yang tidak pernah diperbarui,  asesoris ruangan yang tidak pernah diganti atau sirkulsi udara yang kurang baik adalah beberapa hal yang memicu munculnya kebosanan di tempat kerja. Jika para karyawan anda mulai menunjukkan tanda-tanda kurang nyaman bekerja di ruang kerjanya, maka coba lakukan 'make over' kantor anda secara menyeluruh.

2. Motivasi dengan Contoh Sikap
Dalam memimpin sebuah perusahaan atau pun menjadi seorang kepala dalam sebuah teamwork, sikap dan tindakan anda merupakan contoh dan pusat perhatian para bawahan anda. Jika kinerja anda 'ngos-ngosan', maka kemungkinan akan ditiru oleh yang lain. Sedangkan bila anda mampu menunjukkan sikap antusiasme dalam pekerjaan anda, maka aura tersebut akan menular dan memotivasi para bawahan anda.

3. Berikan Toleransi untuk Melakukan Pekerjaannya dengan Pelan
Sebagai manusia biasa, tingkat emosi dan vitalitas tubuh tidak selalu berada dalam kondisi stabil. Seperti deburan ombak di laut, sudah pasti ada pasang surutnya. Mungkin di beberapa kesempatan, anda melihat karyawan-karyawan anda sedang berada pada kondisi yang tidak bergairah. Oleh karena itu, agar suasana tidak menjadi lebih runyam maka jangan diluapkan dengan emosi. Memarahi karyawan pada saat kondisinya sedang loyo hanya akan lebih banyak mendatangkan mudarat daripada manfaatnya. Maka dari itu, berikan sedikit toleransi jika karyawan-karyawan anda memulai harinya dengan lambat (slow).

4. Buat Rencana Bersama untuk Kegiatan yang Fun
Sebagai pimpinan, mungkin anda merasa kebingungan ketika melihat kinerja karyawan-karyawan anda mengkhawatirkan, sementara dateline target sudah semakin mepet. Segera ambil tindakan, agar produktivitas bawahan anda menjadi membara lagi. Salah satunya adalah dengan memancing semangat mereka dengan sesuatu yang menyenangkan, misalnya mengajak mereka untuk menyusun rencana liburan di akhir pekan, pergi ke hiburan malam, pesta bbq, atau yang lainnya. Dengan rencana yang telah disepakati bersama tersebut, tentu akan menjadi pemicu tumbuhnya semangat kerja yang lebih besar dalam diri mereka.

5. Berikan Kejutan (Surprise) yang Positif
Mungkin produktivitas kerja karyawan anda turun karena pengaruh sikap anda atau kondisi perusahaan yang tidak ada pembaruan. Oleh karena itu, berikan shock theraphy yang positif agar moral karyawan anda kembali bangkit dalam semangat kerja yang 'on fire'. Hal yang dapat anda lakukan adalah memberikan kejutan (surprise) yang menyenangkan buat mereka, misalnya dengan memberikan mereka makanan gratis yang anda pesan dari sebuah restaurant, mengadakan birthday party di tempat kerja kepada karyawan yang sedang berulang tahun, melakukan leluconan humor atau memberikan surprise hadiah valentine kepada karyawan-karyawan anda. Dengan memberikan surprise-surprise kecil tersebut, niscaya semangat kerja bawahan anda akan kembali bangkit, serta dapat mengubah pandangan mereka  terhadap pribadi anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait