10 Tanda Khusus Orang yang Berjiwa Entrepreneur

Sukses membangun sebuah kerajaan bisnis memang merupakan harapan hampir semua orang. Namun dalam mencapai kesuksesan tersebut, hanya orang-orang yang berjiwa entrepreneur sejati saja yang mampu meraihnya. Tidak mudah menjadi seorang entrepreneur, meskipun didukung oleh kemampuan finansial yang memadai. Jiwa dan karakter yang bukan beraura pebisnis menjadikan banyak orang menemui kegagalan dalam usahanya. Selain itu, ternyata banyak pula orang yang tidak ingin mandiri berwirausaha menjadi seorang pengusaha (entrepreneur), meskipun prospek kehidupannya sangat profitable.

Hal tersebut disebabkan berbagai faktor, misalnya karena merasa lebih nyaman menjadi karyawan, takut mengambil resiko, dan lain sebagainya.

tanda entrepreneur
Sebelum anda memutuskan untuk keluar dari pekerjaan anda dan mandiri membangun perusahaan sendiri, maka ada baiknya anda menyadari apakah anda termasuk orang berjiwa entrepreneur atau tidak. Hal ini penting untuk meyakinkan bahwa anda pasti akan sanggup menjalankan sebuah usaha, serta tidak mudah putus asa dalam membangun bisnis anda. Inilah 10 tanda khusus yang mencirikan bahwa seseorang memiliki jiwa  entrepreneurship:

1. Suka Kebebasan dan Tidak Mau Dikontrol
Orang-orang yang memiliki jiwa entreprenur cenderung ingin kebebasan dan tidak mau berada dibawah kontrol orang lain. Mereka ingin mengatur hidupnya sendiri.

2. Kreatif, Inovatif dan Memiliki Ide-ide Gila
Orang-orang yang mempunyai ide-ide cemerlang serta terobosan yang kreatif adalah kelompok orang yang pantas berdikari dalam bisnis. Jika hal tersebut tidak dimiliki, maka usaha yang digelutinya cenderung kalah dalam persaingan.

3. Hari Libur Nasional Bukanlah Hal yang Istimewa
Jika anda termasuk orang-orang yang senang menghitung jumlah hari libur pada kalender, maka anda kurang cocok menjadi seorang entrepreneur. Orang-orang yang telah sukses menjadi pengusaha umumnya kurang memperdulikan tanggal merah atau tanggal hitam. Baginya kapan saja adalah hari kerja, meskipun hanya bekerja lewat pikirannya saja.

4. Sering Berbeda Pendapat dengan Boss, Berontak bahkan Pernah Dipecat
Orang berjiwa entrepreneur sering berdebat dengan atasannya karena selisih pendapat mengenai kebijakan perusahaan, baik yang menyangkut strategi bisnis, proses produksi, inovasi perusahaan, maupun aturan untuk para karyawan. Bahkan banyak pengusaha sukses yang dulunya dipecat atau keluar dari perusahaan karena merasa tidak cocok dengan visi misi perusahaan. Namun jika dipecat karena malas bekerja, bukanlah termasuk orang yang berjiwa entrepreneur.

5. Semangat dan Antusias dalam Bekerja
Ciri entrepreneur yang lain adalah senang bekerja, bersemangat mengembangkan potensi diri, dan antusias memikirkan celah bisnis, meskipun saat jam-jam istirahat.

6. Senang Membaca atau Berdiskusi tentang Ekonomi (Bisnis)
Ciri khusus orang-orang yang tergolong entrepreneurship adalah senang membaca artikel tentang bisnis, suka berdiskusi mengenai masalah ekonomi, dan gemar mempelajari pengalaman-pengalaman hidup para pelaku usaha.

7. Bersifat Organisatoris, Suka Mengatur dan Merancang Rencana
Jiwa entrepreneur memiliki beberapa persamaan dengan jiwa kepemimpinan (leadership). Satu diantaranya adalah mereka senang memimpin dan mengatur sebuah organisasi, serta ingin menjadi desainer dalam pembuatan sebuah keputusan.

8. Percaya Diri dan Berani Mengambil Resiko
Orang yang takut gagal dan kurang confiden dalam berbagai tindakannya merupakan orang-orang yang jauh dari kata entrepreneurship. Para calon pengusaha biasanya berani melawan tantangan, siap menghadapi resiko serta mempelajari kembali faktor-faktor yang membuatnya menemui kegagalan.

9. Sering Dibayangi Mimpi dan Visi yang Besar
Jika anda sering dibayangi oleh mimpi besar, punya visi dan misi yang kuat, serta cita-cita yang tinggi, maka dalam jiwa anda telah tertanam benih-benih enterprenur. Seorang yang berpotensi menjadi pengusaha sukses sering susah tidur membayangkan hal-hal besar yang menyangkut tentang bisnis. Mereka merasa yakin bahwa impian dan ide mereka adalah sesuatu yang realistik, meskipun saat ini masih belum memiliki cukup modal.

10. Hobi Menabung dan Penuh Pertimbangan dalam Mengelola Keuangan
Ciri yang terakhir dari orang yang berjiwa entrepreneur adalah gemar menanbung dan protektif dalam urusan finansial. Mereka menyadari bahwa roda kehidupan tidak selamanya berjalan mulus sehingga diperlukan tindakan preventif dan cadangan. Sementara bila anda berpandangan bahwa hari esok dipikirkan esok, maka semangat kewirausahaan tidak ada dalam diri anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait