10 Kesalahan yang Harus Dihindari Para Entrepreneur

Menjadi seorang pengusaha yang sukses adalah tujuan semua orang. Dalam meraih posisi tersebut diperlukan kerja dan usaha yang keras. Banyak hal yang mesti diperhatikan agar alur bisnis yang jalankan selalu berada pada arah yang benar. Maka dari itu, seorang calon entrepreneur sukses dalam menjalankan usahanya wajib menghindari hal-hal berikut ini

1. Tidak Memiliki Visi dan Business Plan yang Jelas
Langkah awal dalam memulai suatu bisnis adalah memiliki perencanaan yang jelas yang menyangkut tentang ide usaha, permodalan, target pemasaran, skema kerja, dan banyak lagi. Business plan tersebut harus dilandasi oleh visi bisnis yang jelas dan tegas. Jika tidak menetapkan visi dan perencanaan yang jelas maka dapat menjadi langkah awal dalam kegagalan berbisnis.

2. Kurang Fokus
Fokus menjadi kunci penting dalam menapaki jalan bisnis. Banyak entrepreneur yang tidak kunjung menemui kesuksesan karena mudah terombang-ambing dengan situasi di sekitarnya. Misalnya saja ketika ia baru memulai bisnis pertanian, ia malah membagi dana usahanya untuk berinvestasi di bisnis investasi emas karena terpengaruh kesuksesan tetangganya. Hal tersebut dapat memecah konsentrasi kerjanya sehingga sulit mengeksplorasi sumber daya yang ada.

3. Tidak Mau Mengakui Kesalahan Diri
Hal ini sering dialami oleh para pengusaha muda karena tingkat egocentrisnya masih tinggi. Tidak mau mengakui kesalahan dalam mengambil keputusan bisnis akan membuat pebisnis tersebut sulit berkembang karena tidak mau mempelajari kesalahan-kesalahan yang dialaminya.

4. Tidak Menjadi Pendengar yang Baik
Belajarlah mendengarkan dan menerima nasihat meskipun itu berasal dari orang yang status ekonominya rendah. Banyak ide briliant dan solusi bisnis yang muncul berkat obrolan dengan orang-orang di sekitar anda.

5. NATO (No Action Talk Only)
Usaha tak akan pernah mengalami peningkatan jika banyak energi yang dikeluarkan hanya untuk berkoar-koar. Lakukan 'balancing' antara omongan dan tindakan, sehingga orang-orang di sekitar anda tetap mensupport keputusan anda.

6. Lebih Mengutamakan dalam Pengembangan Produk tetapi Kurang dalam Strategi Penjualan
Menciptakan sebuah produk yang handal dan inovatif adalah point penting dalam berkompetisi. Namun jika hanya fokus pada hal tersebut dan kurang memperhatikan strategi penjualan produk, maka hasilnya tidak akan maksimal.

7. Kurang Sabaran
Berbisnis memang memerlukan quick action agar tidak kalah bersaing dengan para kompetitor. Namun hal tersebut dilakukan bila telah dipikirkan dan diprediksi secara cermat. Bila hanya spekulatif, maka usaha anda akan terbawa pada kondisi ketidakstabilan. So, be patient!!!

8. Tidak Punya Banyak Modal
Satu hal yang perlu dihandari para entrepreneur adalah membangun bisnis tanpa disokong oleh modal yang cukup. Anda harus memiliki dana cadangan dalam mengantisipasi kondisi usaha yang tidak terduga. Jika tetap bertekad membangun sebuah usaha dengan dukungan modal yang seadanya, maka mulailah dengan skala usaha yang kecil.

9. Terlalu Serakah
Dalam bisnis valas, prinsip ini menjadi salah satu pandangan yang wajib dipegang teguh oleh para pemain. Namun nampaknya dalam segala jenis usaha, keserakahan memang dapat menjadi boomerang yang membawa rasa penyesalan yang dalam. So, dont be greed!!!

10. Melakukan Sendiri
Kesalahan terakhir yang sebaiknya dihindari adalah menjalankan bisnis tanpa adanya dukungan dari orang-orang sekitar anda. Meskipun anda adalah pendiri dan pemilik perusahaan serta segala keputusan adalah wewenang anda, namun sebagai manusia biasa yang kondisi fisik dan psikisnya berfluktuasi, maka penting untuk menjalin mitra bisnis, memiliki konsultan, atau paling tidak dukungan anggota keluarga tempat sharing pemikiran anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait