Usaha Pembuatan Keripik Pisang dan Kulitnya

Pisang menjadi salah satu buah yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain dimakan langsung, pisang juga dapat diolah menjadi berbagai jenis produk makanan, satu diantaranya adalah keripik. Keripik pisang memang menjadi cemilan favorit ketika dimakan bersama secangkir kopi dan teh panas. Pada umumnya, keripik pisang dibuat dari irisan buah pisang, namun ternyata kulit pisang juga dapat dibuat menjadi keripik yang nikmat. Berikut sekilas cara pembuatan keripik dari bahan buah dan kulit pisang.


Pembuatan Keripik Buah Pisang
Untuk membuat keripik buah pisang, bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain: buah pisang yang telah matang, 1 sendok teh kapur yang dilarutkan dalam seliter air, garam secukupnya, dan minyak goreng.

Cara membuat keripik buah pisang : 
Kupas buah pisang kemudian diiris tipis-tipis secara vertikal atau horizontal. Untuk membuatnya terasa lebih gurih dan renyah, rendam irisan pisang tersebut ke dalam larutan air kapur selama 30 menit. Setelah proses perendaman, irisan pisang dicuci dengan air bersih dan ditiriskan. Setelah agak kering, taburi dengan garam secukupnya. Langkah berikutnya adalah menggoreng irisan pisang hingga kering, garing dan renyah.

Pembuatan Keripik Kulit Pisang
Setelah makan buah pisang, jangan buang kulitnya begitu saja. Kulit pisang yang banyak mengandung vitamin B dan C serta serat yang tinggi tersebut dapat kita olah menjadi cemilan yang enak yaitu keripik kulit pisang. Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan: kulit pisang yang masih segar, larutan air kapur, larutan air garam (1sdt garam dengan 1 liter air), dan larutan air gula (5sdt gula pasir dengan 1 liter air).
Cara membuat keripik kulit pisang:
Potong rapi kulit pisang dan bersihkan dengan air. Rendam ke dalam larutan kapur lebih kurang 20 menit, selanjutnya direndam ke dalam larutan garam sekitar 10 menit, dan terakhir ke larutan gula sekitar 30 menit. Setelah proses perendaman selesai, potongan-potongan kulit pisang tersebut dijemur selama sehari. Langkah terakhir adalah menggorengnya hingga kering kuning kecoklatan.

usaha keripik pisang

Demikianlah sekilas tentang usaha pembuatan keripik berbahan buah dan kulit pisang. Untuk memasarkan produk keripik tersebut, sebaiknya dikemas dengan plastik kedap udara dan diolah dengan tambahan bahan yang special, misalnya campuran larutan coklat, keju, dan sebagainya.

Artikel Terkait