Usaha Kreatif Pembuatan Bakso-bakso Unik

bakso unik
Siapa yang belum pernah makan bakso? Rasanya hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sudah pernah mencicipi hidangan soup daging ini. Bakso atau baso (meat ball) merupakan salah satu kuliner Indonesia yang berakar dari seni masakan Tionghoa. Kata bakso merupakan bahasa Hokkien yang berasal dari daerah Fujian di pesisir China Selatan. Arti kata bakso berawal dari kata bak-so yang artinya daging babi yang digiling. Seni kuliner oriental ini kemudian diadaptasikan sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia, sehingga bahan utama yang dipakai adalah daging sapi, daging ayam, ikan, dan juga udang. Kini hampir setiap provinsi di Indonesia terdapat usaha rumah tangga yang menggeluti usaha pembuatan bakso. Namun wilayah sentral bakso yang paling terkenal karena cita rasanya adalah daerah Malang (Jawa Timur) dan Solo (Jawa Tengah).

Semakin banyaknya masyarakat kecil yang berwirausaha menjajakan kuliner bakso tersebut, bahkan juga termasuk para pemilik supermarket, menjadikan mereka terus berinovasi menciptakan kreasi-kreasi bakso yang unik dan menarik agar bisa bertahan dalam kompetisi bisnis yang ketat. Berikut adalah berbagai kreasi bakso unik hasil inovasi masyarakat Indonesia:

1. Bakso Kaget merupakan kreasi bakso yang membuat para konsumen menjadi penasaran ketika memakannya. Isi yang ditambahkan di dalam bakso beraneka jenis, seperti telur, jamur, keju, jagung, udang dan bahkan tanpa ada isinya. Ide Bakso Kaget ini dipelopori seorang pengusaha muda yang kini usahanya diwaralabakan.

2. Bakso Moncrot adalah kreasi bola bakso yang dimasukkan ke dalam buah tomat. Jadi konsumen harus membelah isi buah tomat untuk mencicipi pentol baksonya.

3. Bakso Tenis adalah bakso yang ukurannya sebesar bola tenis. Satu porsi bakso tenis benar-benar dapat membuat konsumen menjadi kenyang. Di beberapa daerah disebut dengan bakso klenger atau bakso super.

4. Bakso bakar adalah kreasi bola bakso yang disajikan dengan cara dipanggang. Dalam pembuatannya, bakso harus dioles dengan bumbu special kemudian dipanggang pada bara api lalu dicelupkan dalam kuah atau tanpa kuah.

5. Bakso Kotak adalah kreasi bentuk bakso yang berbentuk kubus. Bakso ini dibuat dengan menggunakan cetakan kotak. Ada kesan lain yang dirasakan konsumen karena biasanya mereka menyantap bakso yang berbentuk bulat.

6. Bakso Rawit adalah kreasi bakso dengan mencampur gilingan daging dengan cacahan cabe rawit sehingga sensasi cita rasanya lebih pedas.

7. Bakso Hati (Love) adalah salah satu kreasi bakso berbentuk lambang cinta. Cocok menyasar kepada konsumen-konsumen remaja.

8. Bakso Lurik merupakan bakso yang berwarna lorang-loreng atau bintik-bintik. Bakso ini dibuat dengan mencampur daging giling dan sayur-sayuran.

9. Bakso Haram adalah nama istilah bakso yang terdapat di pulau Bali. Di beri istilah haram karena bahannya terbuat dari daging babi.

10. Bakso Sosis adalah bakso yang berbentuk seperti sosis. Dibuat dengan cara menggulung daging giling di atas nampan sehingga bentuknya seperti sosis/stick.

Selain yang tersebut di atas masih ada segudang kreasi bakso yang diciptakan para pedagang bakso Indonesia, misalnya bakso galau, bakso jomblo, bakso astagfirullah, bakso kikil, bakso babat, bakso upil, dan sebagainya. Demikan sekilas tentang usaha bakso, semoga bermanfaat dan memberi insipirasi usaha anda!!

Artikel Terkait