Tips Mendesain Toko Perhiasan (Jewelry Shop)

Bisnis perhiasan memang menawarkan keuntungan yang berlipat. Sebuah perhiasan dengan desain yang menawan sering kali bernilai dua kali lipat dari perhiasan yang lain meskipun dengan ukuran bahan yang sama. Terjun ke bisnis ini memang memerlukan modal yang besar, apa lagi resiko keamanannya juga sangat ekstra tinggi. Oleh karena itu, hanya sedikit pengusaha yang menggeluti bidang usaha penjualan perhiasan (jewelry). Untuk sukses dalam bisnis jual beli perhiasan, bukan hanya tergantung kualitas dan harga barang saja.

Desain tempat (toko) juga berpengaruh besar dalam mengundang datangannya para konsumen. Berikut disajikan beberapa tips dalam mendesain toko perhiasan (jewelry store) yang Oke.

Desain toko perhiasan (jewelry)1. Pencahayaan (Lighting) Lebih Terfokus pada Perhiasan
Pencahayaan memiliki peran penting dalam membangkitkan suasana toko perhiasan anda. Dalam pengaturan lampu tersebut, upayakan lebih mengarahkan atau fokus ke lokasi tempat perhiasan dipajangkan. Hal ini bertujuan agar perhiasan lebih tampak cerah bersinar sehingga terkesan lebih mewah dan menarik.

2. Gunakan Lemari Kaca yang Bening
Gunakan tempat display atau lemari kaca yang bening. Selain tidak akan mengganggu pandangan bagi para konsumen dalam mengamati perhiasan-perhiasan, lemari kaca bening juga akan membuat suasana toko terasa lebih lega (tidak sempit). Jangan lupa untuk menambahkan cermin pada sisi belakang display agar terkesan lebih luas.

3. Tempatkan Meja Kasir Jauh dari Kaca Display dan Jalur Keluar Masuk Pelanggan
Beri jarak yang cukup pada tempat display dengan meja kasir agar proses transaksi tidak terganggu. Ada baiknya juga jangan meletakkan meja kasir di dekat pintu keluar masuk yang dapat mengganggu hilir mudik konsumen serta meminimalisir kecurangan pelanggan atau jangkauan perampokan. 

4. Atur Latak Perhiasan Agar Mudah Ditelusuri 
Dalam meletakkan dan memajang perhiasan-perhiasan yang anda jual, upayakan agar konsumen mudah menelusuri dan mengamatinya. Anda bisa menyusun berdasarkan jenis bahan perhiasan, desain perhiasan atau diurut sesuai dengan harganya.

5. Pancarkan Kesan Kemewahan
Kesan lux begitu amat penting dalam mendesain sebuah ruang toko perhiasan. Kesan mewah biasanya terpancar dari penggunaan warna ruangan. Warna perak, putih lembut, dan kuning keemasan umumnya dapat mewujudkan kesan luxury tersebut. Hindari menggunakan banyak warna, pakaialah dua warna saja, satu warna dasar dan satu warna desain (pemanis). 

6. Letakkan Alat Security Lebih Tersembunyi
Dalam pemasangan beragam alat keamanan seperti CCTV dan alarm, sebisa mungkin diletakkan di tempat-tempat tersembunyi agar konsumen merasa nyaman dan tidak terkesan diawasi. Selain itu, bermanfaat juga untuk mempersulit orang jahat yang ingin melumpuhkan sistem keamanan toko anda.

7. Tambahkan Aksesoris yang Minimalis dan Mengkilap
Toko perhiasan lebih cocok memajang hiasan dinding dan aksesoris ruangan lainnya dari benda-benda yang berbahan kaca, keramik atau kayu mengkilap. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung terciptanya kesan yang mewah. Sebaiknya juga jangan terlalu menghiasi ruangan anda dengan aksesoris yang terlalu banyak yang dapat membuat fokus konsumen beralih dari pengamatannya terhadap aneka perhiasan (jewelry) yang dipajang. Jadi buat tema yang minimalis.

8. Bangun Konsep yang Unik
Bila di lokasi anda berderet toko-toko perhiasan yang sejenis, maka anda bisa mencoba merombak desain toko perhiasan anda dengan tema yang unik, misalnya seperti yang dilakukan oleh toko perhiasan Christian Coban dengan memakai ban bekas.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait