Tips Agar Tetap Produktif Saat di Perjalanan

Berangkat menuju ke tempat kerja atau pun ke lokasi pertemuan bisnis terkadang melelahkan fisik dan membuat pikiran agak sedikit stress, apalagi bila menempuh perjalanan yang lumayan jauh, atau terhambat karena trafik yang padat. Dalam menempuh perjalanan tersebut, banyak orang yang lebih memilih memanfaatkan waktu luangnya untuk beristirahat atau merefresh pikiran dengan menikmati pemandangan dan suasana perjalanan. Hal tersebut adalah wajar guna menyeimbangkan fisik dan psikis.

Namun bila anda bosan dan tidak menikmati perjalanan tersebut, maka lebih baik memilih memanfaatkan waktu luang tersebut agar tetap produktif, khususnya dalam urusan kerja dan kepentingan bisnis. Berikut adalah kiat-kiat agar tetap produktif dalam perjalanan.

1. Manfaatkan Ponsel Pintar Anda
produktif di perjalanan
Dengan beragam fitur yang terbenam di dalamnya, termasuk aplikasi-aplikasi bisnis, maka jangan biarkan smartphone anda hanya berfungsi untuk komunikasi dan internetan saja. Maksimalkan fungsi kalender dan timer untuk mencatat dan mengingatkan jadwal-jadwal anda. Jika sering bepergian dengan pesawat terbang, gunakan aplikasi pencatat jadwal penerbangan. Jadikan ponsel tersebut sebagai salah satu asisten pribadi anda.

2. Catat dan Tuangkan Ide Anda dalam Satu Tempat
Terkadang inspirasi bisa datang kapan saja termasuk ketika sedang berada di perjalanan menuju ke tempat kerja. Maka, jangan biarkan ide anda menghilang begitu saja karena lupa mencatat atau merekamnya. Setiap anda punya gagagsan yang bagus ataupun hanya ide kecil, jangan lupa untuk mencatatnya dalam satu tempat, misalnya di dalam buku pribadi, di ponsel, atau di laptop. Banyak pebisnis, pekerja kantoran dan eksekutif muda yang melek teknologi lebih memilih layanan online sebagai media penyimpanan data atau ide gagasan, misalnya aplikasi Evernote.

3. Tetap Konsentrasi
Tetaplah konsen terhadap apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Jangan terlalu peduli dengan hiruk-pikuk orang di sekeliling anda. Patuhi schedule yang telah tersusun sebelumnya.

4. Bawalah Barang-barang yang Berguna
Ketika anda harus bepergian jauh untuk urusan bisnis, pakailah pakaian yang nyaman, comfortable, dan sesuai dengan situasi. Bawalah benda-benda yang penting dan berguna, misalnya alat tulis, vitamin, jam tangan, charge handphone dan benda vital lainnya. Jangan sampai anda membawa barang banyak yang justru menghambat produktifitas, apalagi jika mengganggu tujuan utama anda.

5. Manfaatkan Celah untuk Perkembangan Diri Anda
Bila anda tidak mengendari kendaraan sendiri dalam menempuh perjalanan tersebut, maka manfaatkan celah waktu untuk mengembangkan potensi diri anda, baik yang menyangkut wawasan bisnis, rencana-rencana kecil, intropeksi sikap, atau melatih daya pikir. Anda bisa memanfaatkan jaringan internet, buku bacaan, atau koran guna menambah pengetahuan dan kemampuan diri anda. Dengan kata lain "Invest in personal growth".

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait