Rahasia 5 Merek Perusahaan dalam Membangun Kepercayaan Konsumen

Menjaga kepercayaan konsumen adalah salah satu langkah dalam membangun kerajaan bisnis yang stabil. Untuk menciptakan hal tersebut bukanlah sesuatu yang gampang, namun juga tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan. Menurut The Value Institute di Amerika, ada sekitar lima poin penting yang mempengaruhi nilai kepercayaan konsumen terhadap sebuah merek produk atau perusahaan, yaitu: kinerja perusahaan, perhatian ekstra terhadap konsumen, hubungan atau koneksi saling berbagi, konsistensi, dan ketulusan (jujur & terbuka).

Dikutip dari majalah Entrepeneur, inilah lima perusahaan yang berhasil membangun citra terpercaya (trusted) di mata konsumen dengan beragam strategi bisnisnya masing-masing:

1. Get Personal : Amazon
Amazon.com adalah toko retail online terbesar yang berkantor pusat di Amerika. Di toko maya tersebut, berbagai barang diperjual belikan melalui jaringan internet. Perusahaan ini berhasil menciptakan kesan Personal (privasi) terhadap setiap konsumen (individu) yang berbelanja di toko online tersebut. Dengan penawaran harga yang lebih rendah, ongkos pengiriman gratis, penggunaan teknologi yang canggih, informasi produk yang lengkap, proses yang praktis, dan adanya rekomendasi personal, menjadikan merek Amazon sangat dipercaya oleh para konsumen. Hal tersebut tidak terlepas dari slogan "Get Personal" yang betul-betul dirasakan konsumen.

2. Sell hapiness: Coca-Cola
Coca-cola juga merupakan salah satu brand yang mendapat image "trusted" di mata konsumennya. Dengan aneka produk minuman soda yang segar, merek Coca-Cola disukai oleh berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia. Dengan tag "Selling hapiness" atau menjual (menghadirkan) kebahagiaan, produk Coca-cola berhasil menembus kesan di dalam hati konsumen, bahwa produk minuman Coca-cola memang bisa mendatangkan keceriaan disaat meneguknya.

3. Live up to your promise: FedEx
merek yang paling dipercaya konsumen
FedEx merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi pengantaran barang. Banyak konsumen yang percaya bahwa FedEx adalah perusahaan yang handal dan tepat waktu dalam pengiriman barang. Dengan jargon "Live up to your promise" atau "akan tetap hidup untuk memenuhi janji anda", FedEx berhasil membangun citra brand ekspedisi yang kuat. "Mereka menghargai bahwa apa yang dititipkan oleh konsumen tersebut adalah harta dan mata pencaharian di masa depan, dan paket tersebut memiliki arti bagi banyak orang" kata seorang direktur senior bidang strategi FutureBrand.

4. Keep it cool and fun: Apple
Apple menjadi salah satu merek termahal di dunia. Rasa kepercayaan konsumen terhadap produk gadget buatan Apple juga sangat tinggi. Setiap kali perusahaan yang bermarkas di California tersebut akan merilis produk baru, masyarakat selalu menantikan dengan antusias, dan percaya bahwa apa yang akan dikeluarkan Apple adalah produk yang berkelas, lebih baik, lebih keren, dan akan selalu memberikan hal yang fun. Dengan selalu konsisten menghadirkan produk baru yang lebih baik serta menjamin kepercayaan konsumen tentang kualitas yang akan diperolehnya, brand Apple berhasil menjadi salah satu merek terpercaya dari konsumen.

5. Design an experience : Target
Mungkin banyak dari kita yang tidak familiar dengan merek ini. Target adalah sebuah merek toko diskon di Amerika dan beberapa cabang di negara lain. Target menyediakan aneka barang yang limited edition dengan harga yang terjangkau. Toko-tokonya yang didesain menarik dan nyaman menjadikan konsumen mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan. Maka tak heran, bila Target didaulat sebagai salah satu merek terpercaya, khususnya bagi masyarakat di Amerika.

Dari kelima "trusted-brand" tersebut dapat dipetik beberapa pelajaran tentang bagaimana membangun kepercayaan di mata konsumen, antara lain menciptakan kesan personal bagi para pelanggan, tidak mengecewakan pelanggan dengan produk yang tidak sesuai dengan janji kita (promise), konsisten menghadirkan produk yang berkualitas atau selalu lebih baik, buat konsumen merasa ceria dan fun dengan produk atau tempat usaha kita, dan sebisa mungkin memberikan harga yang kompetitif dengan kualitas yang baik. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait