Pertimbangan Memilih Lokasi Usaha Berdasarkan Feng Shui


rumah usaha feng shui
Lokasi menjadi elemen vital yang dapat menentukan bagaimana prospek dan majunya usaha yang digeluti. Banyak pebisnis yang rela mengeluarkan biaya lebih guna mendapatkan lokasi yang paling strategis. Namun, ada kalanya beberapa pebisnis tidak mampu mencapai hasil yang maksimal padahal lokasi usahanya sudah optimal. Menurut ilmu Feng Shui, ada faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi kekuatan lokasi suatu usaha, sehingga dalam memilih tempat usaha yang bagus, kita harus memepertimbangkan: tanah, struktur bangunan yang (jika anda menyewa sebuah gedung), daerah (sorrounding) di sekitar lokasi tersebut, energi chi yang dirasakan, dan pengalaman dari pemilik atau penyewa sebelumnya. Dalam satu kompleks toko di suatu jalur, pasti ada salah satu yang tidak mendatangkan profit bisnis yang maksimal meskipun lokasinya sama-sama strategis, hal tersebut disebabkan ada lokasi yang medan energi positifnya lebih rendah dari yang lain. Dalam arsip kuno Vitruvius Man pada catatan "The Ten Books of Architecture" menyebutkan ada enam keharmonisan yang berelasi dengan tempat bisnis, yaitu:

1. Urutan (Order)
Urutan bentuk, besar dan tinggi bangunan harus tersusun dengan proporsional. Jika diibaratkan tubuh manusia, konsep struktur bangunannya memenuhi perbandingan 1:3, 1:4, 1:6, 1:8, dan 1:10.

2. Keteraturan (Arrangement)
Keteraturan ini berkaitan dengan countur tanah, baik itu perencanaan tata ruang, elevasi, dan perspektif atau sudut pandang keruangan. Pemilihan lokasi yang mengalirkan banyak energi chi akan menjaga keamanan, melahirkan banyak inspirasi usaha, dan memperkuat aliran uang.

3. Eurythmy
Eurythmy berasal dari bahasa Yunani yaitu kata Eu yang artinya baik dan Ruthmhos artinya irama atau proporsi. Dalam pembangunan lokasi bisnis yang baru, aspek eurythmy bertujuan untuk membangkitkan dan mengalirkan energi positif ke ruangan yang akan dibangun tersebut. Biasanya dipakai acuan titik tengah lokasi untuk menentukan lebar, panjang, dan tinggi ruangan yang terkoordinasi dengan baik sehingga menciptakan suasana keindahan.

4. Simetri
Simetri mencerminkan skala yang berimbang pada penataan lokasi dan struktur bangunan. Bagian-bagian kecil pun harus diperhatikan, seperti letak jendela, lebar pintu, jumlah tiang hingga aksesoris dan hiasan bangunan hendaknya menimbulkan kesan yang seimbang sehingga tercipta keharmonisan.

5. Propriety (Kesopanan)
Dalam menentukan tempat usaha yang bagus, unsur kesopanan juga harus dipertimbangkan. Style bangunan hendaknya sesuai dengan gaya bisnis. Penataan cahaya yang alami dan penataan gaya struktur geografis juga memiliki peran yang penting dalam meraih market yang lebih besar.

6. Ekonomi
Aspek ekonomi dimaksudkan agar dalam memilih lokasi dan bangunan bagi usaha anda diperhitungkan dengan akal sehat. Perincian biaya untuk membuat tempat yang bagus dalam berbisnis harus dianggarkan dengan cermat agar tidak merugikan usaha anda. Mungkin usaha anda yang berfokus pada ritel akan kurang gregetnya bila memilih gedung bekas usaha rumah makan yang tatanan ruangnya tidak cocok dengan bisnis anda. Hal ini akhirnya menimbulkan pengeluaran biaya ekstra.

Demikian sekilas pertimbangan-pertimbangan dalam memilih tempat dan gedung untuk lokasi usaha anda berdasarkan konsep ilmu Feng Shui. Semoga bisa menjadi bahan diskusi dalam konsultasi bisnis anda dengan para pakar Feng Shui. Salam kerja & usaha!!!

Artikel Terkait