Dekorasi Tempat Usaha Cafe yang Unik

Cafe adalah sebuah tempat yang menyuguhkan aneka minuman dan makanan ringan sebagai sarana merileksasikan pikiran atau sebagai tempat pertemuan. Kata "Cafe atau Kafe" berasal dari bahasa Prancis yang artinya kopi. Pada awalnya, cafe memang merupakan sebuah tempat usaha yang menyajikan minuman kopi. Seiring perjalanannya, menu beverage cafe terus mengalami variasi, sehingga tersedia juga pilihan minuman teh, aneka es, jus, minuman herbal, dan sebagainya.

Kini di Indonesia, istilah cafe diidentikkan sebagai sebuah tempat untuk nongkrong, kumpul-kumpul, atau tempat janjian bertemu sembari mencicipi minuman ringan. Secara singkatnya disebut warung kopi versi modern. Semakin besarnya pengaruh gaya hidup modern di kalangan remaja dan pekerja kantoran, menjadikan bisnis cafe ini tampak semakin bersinar, sehingga hampir di setiap sudut kota di Indonesia banyak berdiri usaha ini. Untuk dapat menarik para pelanggan, para pebisnis cafe biasanya melakukan berbagai upaya, dimana salah satu diantaranya adalah mendesain dekorasi suasana yang unik, seperti contoh-contoh berikut ini:

1. Iglo Light Cafe
Cafe yang terinspirasi dari rumah orang eskimo ini terletak di ibu kota Swedia,  Stockholm. Ketika musim gugur yang suram menyelimuti daratan Skandinavia, cafe ini banyak diserbu oleh para pangunjung. Keunikan dari Iglo Light Cafe yang dibangun pada tahun 2004 tersebut adalah dekorasi ruangannya yang ditata dengan pencahayaan putih. Selain berguna untuk menghilangkan kesan musim gugur yang suram, warna putih dengan pencahayaan yang diatur bebas dari sinar UV tersebut bermanfaat sebagai terapi kesehatan.

2. Bravo Cafe
Cafe ini bergaya ultra modern yang terletak di kota Berlin - Jerman, tepatnya di halaman Berlin Institute of Contemporary Art. Sebagian besar bangunannya terbuat dari kaca dan baja sehingga latar belakang rumah dan gedung klasik yang ada di sekitarnya terpantul indah di dinding-dinding kaca kafe. Sang desainer Dam Graham berharap cefe ini dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk menikmati secangkir kopi.

3. Kaffe Coffee
Cafe ini dirancang oleh Felix Lobelius dengan membawa konsep personality of exclusive. Bangunan dan suasana kafe tersebut dibalut dengan warna hitam pekat yang dihiasi oleh coretan-coretan kapur putih hasil karya tangannya, sehingga dikenal dengan cafe bertema chalkboard. Untuk menjumpai cafe ini, silakan berkunjung ke negeri Blagult, Swedia.

4. Mobile Coffee Shop
cafe kopi unik
Desain cafe ini terbilang unik karena memakai mobil bak yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menjadi tempat yang nyaman untuk menikmati kopi di halaman parkir ataupun di pinggir jalan raya. Dengan bantuan mesin pembuat kopi espresso yang canggih namun simpel, sang pemilik yang bernama Daniel Milchtein dapat melayani pelanggannya dengan lebih akrab.

5. Cafe ' The Property Of...'
Sebenarnya cafe ini memiliki dwi fungsi, yaitu sebagai tempat 'hangout' dan juga media penjualan toko pakaian dan aksesoris. Jadi ketika datang ke kafe ini, pengunjung dapat mencicipi menu minuman dan makanan ringan sekaligus melihat atau membeli barang-barang fashion yang dipajang. Toko cafe yang berlokasi di kota Amsterdam tersebut dibangun tahun 2007 oleh  Richard Chamberlainand dan Peter Teo.
(pictures : trendhunter.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait