Cara Kreatif Toko Fashion Online Menarik Konsumen

Untuk menjaring banyak konsumen, para pebisnis di bidang fashion melakukan berbagai strategi usaha, misalnya dengan pemberian bonus, paket diskon, desain toko yang unik, melakukan program member, hingga membuka toko online yang cantik. Di bawah ini disajikan beberapa toko fashion online yang melakukan strategi kreatif dalam menggait konsumen.

1. Strategi dengan Mengundang Para Desainer

toko online fashion unik
Toko online Fabricly.com melakukan strategi bisnis dengan memberikan kemudahan bagi para desainer, baik desainer profesional, desainer yang baru belajar, atau pun masyarakat awam yang punya ide rancangan busana yang menarik untuk diupload dan dipajang di situs Fabricly tersebut. Para pengunjung situs tersebut diminta untuk memilih model rancangan yang mereka sukai.

Dalam kurun waktu tertentu, pihak Fabricly akan mengumumkan desain yang paling banyak dipilih oleh para visitor. Kemudian perusahaan fashion tersebut akan memproduksi desain busana yang difavoritkan pengunjung dan menjualnya secara online. Sang desainer akan mendapat pembagian royalti yang telah disepakati bersama. Situs fashion online tersebut telah menjadi komunitas trend busana yang atraktif, dan bahkan banyak muncul desainer-desainer muda yang masih usia sekolah.

2. Strategi dengan Menyediakan Tools Desain

Dari pada susah-susah menggaet komunitas desainer, toko online Polyvore.com dan Fashiolosta.com lebih memilih untuk menyediakan alat berbasis web (tools/aplikasi) yang dapat digunakan oleh para pengunjung situs untuk menyusun kombinasi busana yang cocok (matching), misalnya sweater biru dongker dipadukan dengan rok mini hitam, sepatu cat putih dan sebagainya.

Semua paduan busana tersebut tersedia di toko online, dan para pengunjung biasanya mempromosikan kombinasi desainnya lewat jejaring sosial. Dalam moment tertentu, situs tersebut juga mengadakan kontes dimana jurinya adalah para pengunjung situs atau artis-artis terkenal. Dengan cara itu, toko online mereka ramai dikunjungi para fashionista.

3. Strategi dengan Memproduksi Fashion yang Dipesan Konsumen

Salah satu toko online yang menerapkan strategi kreatif ini adalah FashionPlaytes.com. Melalui situs tersebut, konsumen dapat mendesain konsep busana yang mereka inginkan dengan sketsa-sketsa yang sudah disediakan di situs tersebut. Konsumen dapat memilih warna, jenis bahan, atau pun ukuran yang sesuai. Kemudian melakukan pembayaran agar bisa segera diproduksi oleh perusahaan fashion tersebut. Dengan inovasi itu, para konsumen merasa puas karena pakaian yang diproduksi lebih ekslusive dan dirancang sendiri.

Demikianlah cara-cara kreatif para pemilik toko online dalam menjalankan bisnis fashionnya. Semoga dapat memberi inspirasi bagi toko online anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait