Anak Remaja yang Sukses Menjadi Pengusaha Muda


Menjadi orang yang sukses dengan menghasilkan uang yang banyak tidak mesti harus menunggu menjadi dewasa atau harus sudah lulus mendapatkan titel sarjana ekonomi. Belajar berwirausaha, berbisnis dan menghasilkan uang dapat dilakukan dalam usia dini, sambil tetap menikmati masa-masa muda. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah  anak-anak remaja belasan tahun yang mampu menghasilkan uang lebih besar dari penghasilan orang tuanya:

1. Adora Svitak
Pengusaha muda remaja
Adora Lily Svitak adalah seorang remaja putri uang lahir tahun 1997. Ia dikenal sebagai seorang penulis yang menghasilkan berbagai karya seperti puisi, essay, buku, novel, dan juga punya blog sendiri yang beralamat di adorasvitak.com. Adora mulai dikenal publik Amerika ketika ia berumur 7 tahun di acara Good Morning Amerika karena kemampuannya dalam dunia tulis-menulis. Dengan kegemaran membaca dan kemampuan menulisnya tersebut, Adora kemudian menerbitkan buku novel bertajuk "Yang in Disguise" di tahun 2011 yang telah ia rancang 5 tahun lamanya. Buku lainnya yang juga dikenal dan banyak dibeli anak-anak dan remaja adalah Flying Finger yang berisi tentang kiat-kiat menulis yang menyenangkan. Selain sebagai penulis, Adora juga didaulat sebagai juru bicara dalam kampanye gemar membaca Verizon Reads dan menjadi aktivis di berbagai organisasi. Kini gadis yang telah berusia lebih dari 12 tahun tersebut telah mampu menghasilkan uang ratusan juta rupiah di usianya yang masih belia.

2. Emil Motycka 
Ketika Emil baru berada di bangku kelas 8 yaitu pada umur 13 tahun, ia telah memulai berbisnis jasa pemotongan rumput halaman. Orang tuanya membantunya dengan memberikan pinjaman sekitar $8.000 untuk membeli perlengkapan mesin pemotong rumput yang lebih canggih. Dalam dua tahun, Emil berhasil mengembalikan uang pinjaman tersebut. Saat usianya 16 tahun, pria yang tinggal di Colorado tersebut membeli sepasang mobil truck dan trailer untuk memperbesar wirausahanya. Dua tahun kemudian ia berhasil mengumpulkan uang lebih dari satu milyar rupiah, lalu kemudian beristirahat untuk fokus kuliah di Universitas Colorado. Tahun 2012 lalu, ia diberi Award oleh pihak Gedung Putih  sebagai bagian dari 100 entrepreneur muda yang menjadi inspirator remaja.

3. Farrhad Acidwalla
Farrhad adalah seorang mahasiswa 19 tahun di kota Mumbai, India. Pria yang lahir di Pune tahun 1993 lalu merupakan pendiri dari Rockstah Media, sebuah situs development bidang marketing perusahaan pada tahun 2009. Saat usianya 12 tahun, ia telah berhasil membangun sebuah website komunitas. Farrhad dianggap sebagai pengusaha muda yang berbakat. Banyak majalah, surat kabar, dan portal bisnis yang mereview tentang kehidupannya, termasuk dalam sebuah buku yang mencatatkan dirinya sebagai 25 entrepreneur muda top yang berusia di bawah 20 tahun. Walaupun Farrhad sibuk dengan bisnisnya, ia tetap meluangkan waktunya untuk bermain bersama teman, games PS, membaca, dan juga bermain gitar.

4. Lindsay Manseau

Lindsay Manseau adalah seorang fotografer pernikahan. Lindsay belajar menjadi seorang fotografer pada usia 14 tahun ketika ia menjadi asisten ibunya yang membuka bisnis wedding photography. Sembari meningkatkan kemampuan di University of Southern Maine, ia mencoba menekuni bisnis fotografi dengan membuka situs online di MyMarriageMarket.com. Banyak calon pengantin yang menggunakan jasa perusahaannya untuk mencetak moment-moment foto yang indah. Namun sayangnya, Lindsay telah pulang ke sisi Tuhan pada Februari 2013 lalu karena penyakit Leukimia.

5. Mark Bao
Saat usianya 15 tahun, Mark Bao mulai belajar menghasilkan uang. Dengan kemampuan menggunakan program Visual Basic 6.0, ia mencoba membuat aplikasi sederhana yang dapat membantunya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, termasuk menulis papers. Aplikasi yang sederhana dan praktis tersebut membuat teman-temannya tertarik untuk memakainya. Dari sanalah ia mulai belajar mendapatkan uang dengan menjual aplikasi tersebut ke teman-temannya. Saat ia duduk di bangku kelas 1 SMA, ia mulai belajar membangun bisnis start-up, Debatware.com, yang merupakan sebuah sistem manajemen untuk acara debat. Akhirnya project debate organization tersebut menjadi yang terbesar di Amerika Serikat. Dalam usianya yang kini memasuki 17 tahun, Mark Bao telah berhasil menjadi entreprenur muda yang menghasilkan uang milyaran rupiah.

6. Sabirul Islam
Pada usia 13 tahun, Sabirul mulai mengenal dunia entrepreneurship berkat sepupunya yang menawarkan pekerjaan untuknya. Pada saat usianya 14 tahun, ia mengumpulkan 6 orang temannya untuk membangun sebuah perusahaan kecil yang bernama Veyron Technology. Kelompok usaha yang berfokus pada desain web tersebut berhasil mendapatkan penghasilan lebih dari 9 juta rupiah dalam dua minggu pertamanya. Selanjutnya di usia yang ke 17, Sabirul menerbitkan sebuah buku karangannya yang berjudul The World at Your Feet yang berisi tentang visi misi serta kiat sukses menjadi pengusaha muda. Kesuksesan peluncuran buku tersebut juga diikuti oleh keberhasilan permainan ciptaannya "Teen-Trepreneur". Kini, pria yang besar di kota London tersebut tengah mengerjakan berbagai project seperti website interaktif, perusahaan penerbit, penulis, dan lainnya.

Demikianlah beberapa anak remaja yang sukses memanfaatkan waktu mudanya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna, khususnya dalam dunia bisnis. Semoga dapat memberi inspirasi untuk anda, salam kerja & usaha!!!

Artikel Terkait