7 Cara Mengatasi Stress di Tempat Kerja

Stress menjadi salah satu penyebab seorang karyawan merasa bosan dalam pekerjaannya. Tekanan kerja, tugas ekstra dan ditambah suasana yang tidak nyaman sering membuat tingkat stress menjadi lebih besar, sehingga banyak diantaranya memutuskan untuk hengkang dari perusahaan tersebut. Bila hal itu terjadi, maka kedua belah pihak akan saling merugi. Perusahaan akan merasa pincang dalam operasionalnya karena kekurangan karyawan, sementara si mantan karyawan akan tercoreng citra keprofesionalannya yang berdampak kurang baik pada dirinya, misalnya akan sulit mendapatkan pekerjaan baru di perusahaan yang lain. Untuk itulah kedua belah pihak wajib menciptakan suasana kerja yang nyaman.

Lalu bagaimanakah caranya jika anda yang berposisi sebagai seorang karyawan terhindar dari kejenuhan dan stress yang tinggi saat menjalani rutinitas di tempat kerja? Mari kita simak tips-tipsnya:

STRESS DI TEMPAT KERJA1. Konsumsi Makanan yang Bergizi sebelum Berangkat Kerja
Dengan makanan yang banyak mengandung nutrisi, kondisi fisik akan menjadi lebih prima dalam menjalani dan mengatasi berbagai situasi yang menegangkan di tempat kerja.

2. Lebih Cepat Lebih Baik
Berangkatlah ke tempat kerja lebih awal karena terkadang kemacetan atau sesuatu yang tak terduga lainnya bisa terjadi di tengah perjalanan yang dapat membuat pikiran menjadi stress dan kacau. Bila mendapatkan tugas, kerjakan agar lebih awal bisa selesai, karena menunda-nunda pekerjaan dapat membuat pikiran menjadi stress dikejar dateline.

3. Lakukan Stretching
Stretching atau peregangan sangat bermanfaat untuk melenturkan otot-otot yang pegal dan juga memperlancar aliran darah. Lakukan stretching minimal 30 detik yang disertai pengolahan nafas untuk menurunkan tingkat setress pikiran anda.

4. Luangkan Waktu untuk Memanjakan Diri
Apa yang membuat anda merasa tenang dan nyaman? Apakah mendengarkan musik? Update status di Facebook? Bercanda dengan teman? Minum kopi? Duduk menyendiri? Merebahkan diri sebentar? Membasuh muka di washtafel? Atau nelpon si buah hati? Luangkan waktu 5-10 menit untuk melakukan hal tersebut yang dapat membantu pikiran anda menjadi lebih rileks.

5. Ciptakan Suasana Kerja yang Tidak Terlalu Kaku
Suasana santai dan tidak terlalu formal terbukti menurunkan tingkat stress saat di tempat kerja. Oleh karena itu, sebisa mungkin jalin persahabatan yang akrab antara orang-orang di tempat kerja anda. Dengan begitu, stress akan lebih jarang menghinggapi pikiran anda.

6. Buat Tempat Kerja yang Nyaman
Kondisi tempat kerja menjadi salah satu pemicu munculnya tingkat stress yang tinggi. Tempat kerja yang berantakan, lingkungan yang kurang nyaman (misal panas atau berbau) akan semakin menambah beban otak saat menyelesaikan suatu tugas/pekerjaan, sehingga timbullah rasa stress yang lebih cepat. Oleh sebab itu, aturlah tempat kerja anda agar bisa membuat anda merasa tidak jenuh dan tidak terasa sesak di mata.

7. Ingat Kembali Apa yang Memotivasi Anda Bekerja
Saat anda merasa pikiran sedang mumet disertai rasa capek, ingatlah kembali apa yang mendorong anda semangat bekerja. Senyuman pasangan hidup anda, masa depan si buah hati, rencana pesta pernikahan, orang tua, atau mungkin mobil mewah yang masih menunggu di daeler yang menjadi alasan mengapa anda harus bekerja keras. Jadi, ketika stress datang, ingatlah harapan-harapan indah anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait