7 Cara Menarik Simpati Si Boss

Bekerja menjadi karyawan pada sebuah perusahaan memang memiliki nilai plus dan minusnya. Salah satu keuntungannya adalah memiliki resiko kerugian yang lebih kecil daripada membuka usaha sendiri, sedangkan kelemahan menjadi seorang karyawan adalah adanya keterikatan yang menjadikan hidup kita tergantung pada perusahaan tersebut. Oleh karena itu, agar tetap bisa survive dan terus mengalami peningkatan karir, maka kita harus pandai-pandai membawa diri agar dipandang mempunyai nilai dan manfaat bagi perusahaan, sehingga akan senantiasa dipertahankan oleh pimpinan atau boss perusahaan tempat kita bekerja. Berikut adalah 7 langkah menjadikan diri anda dipandang sebagai seorang pegawai yang bagus:

1. Kerjakan Apa yang Anda Katakan
Melakukan apa yang telah anda ucapkan adalah sesuatu hal yang membukikan bahwa diri anda seorang yang konsisten. Sikap itu akan membuat Si Boss memandang anda sebagai seorang yang dapat dipercaya untuk mengerjakan suatu tugas atau project tertentu dari perusahaan.

Gambar : jw.org
2. Jangan Banyak Mengeluh dan Komplain
Terkadang dalam menjalankan suatu tugas, kita menemui banyak kendala yang akhirnya menjadikan pekerjaan tersebut kurang berhasil. Jangan banyak mengeluh di depan si Boss atau komplain ke rekan-rekan kerja anda. Ada baiknya anda mengajukan pertanyaan dan memohon bimbingan dari si Boss. Tunjukkan semangat anda dan gunakan bahasa yang sopan, maka niscaya Boss anda akan memberikan fasilitas lebih.

3. Bantu Perusahaan Anda dengan Ragam Solusi dan Gagasan
Orang-orang yang sukses menapaki karir dengan cepat adalah pribadi-pribadi yang datang dengan gagasan dan solusi yang briliant. Meskipun perusahaan tengah menghadapi suatu masalah pada bidang yang bukan menjadi tanggung jawab anda, ada baiknya anda ikut memikirkan cara dan memecahkan masalah tersebut. Siapa tahu dari solusi sederhana anda, Si Boss bisa mendapatkan ide yang lebih luar biasa dalam menangani problema perusahaannya. Hal itu sering kali menjadikan si Boss berpikir bahwa kehadiran anda banyak membawa inspirasi untuk kemajuan bisnisnya.

4. Jadilah Karyawan yang Baik
Karyawan yang baik adalah karywan yang mempunyai kinerja dan sikap yang diharapkan perusahaan. Kerja keras, disiplin, cerdas, bertanggung jawab, jujur, tertib mengikuti aturan yang telah disepakati, dan bisa menjaga nama baik perusahaan adalah beberapa contoh ciri seorang pegawai yang diharapkan oleh para pimpinan perusahaan. Dengan menjadi "good corporate citizen", maka dengan sendirinya anda memiliki nilai plus di mata si Boss.

5. Jaga Keharmonisan dengan Sesama Karyawan
Banyak Boss perusahaan yang tidak senang melihat anak buahnya saling menggosipkan satu sama lain, apalagi jika terjadi disharmonisasi. Hal tersebut secara tidak langsung berdampak terhadap kinerja perusahaan. Jika anda mempunyai kemampuan negosiasi sosial yang dapat menjembatani keharmonisan antar karyawan, maka bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi si Boss.

6. Tumbuh Kembangkan Diri Anda
Mungkin pada awalnya anda diterima menjadi karyawan dengan modal keahlian yang pas-pasan. Jangan sampai setelah sekian tahun bekerja, kemampuan anda masih begitu saja. Si Boss akan merasa bangga bila melihat karyawannya bisa berhasil meningkatkan keahliannya setelah bekerja dalam organisasi perusahaannya. Dan peningkatan tersebut dapat menjadi senjata ampuh dalam menarik simpati pimpinan perusahaan anda.

7. Buat Langkah Boss Anda Menjadi Lebih Mudah
Hal yang juga sangat kuat dalam menarik simpati si Boss adalah kemampuan anda dalam membantu langkah si Boss menjadi lebih gampang, meskipun itu adalah hal-hal yang kecil dan tidak terkait dengan urusan bisnis. Misalnya saja membantu si Boss mencarikan koleksi tanaman hias yang disukainya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait