6 Jenis Pekerjaan untuk yang Hobi Traveling

Hampir sebagian besar orang suka jalan - jalan atau traveling untuk tujuan rekreasi. Bahkan sebagian diantaranya menjadikan kegiatan traveling sebagai sebuah hobi tersendiri. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki cukup uang dan waktu untuk mewujudkan hal tersebut. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari jalan tengah agar bisa tetap melakoni hobinya tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra. Dan akhirnya mereka memilih untuk menggeluti profesi yang dapat mangakomodasi tujuan mereka. Berikut adalah 6 bidang pekerjaan bagi orang-orang suka traveling:

1. Arkeolog
Arkeolog adalah profesi yang bertugas melakukan penelitian, penggalian, identifikasi dan pelaporan tentang benda-benda purbakala dari peradaban kebudayaan masa lampau. Dalam tugasnya, seorang arkeolog harus mendatangi tempat-tempat yang diduga banyak terdapat artefak dan benda kuno peninggalan masa silam. Tak jarang mereka harus melakukan perjalanan untuk berkunjung ke wilayah terpencil demi mendapatkan data yang akurat. Jadi profesi arkeolog sering dipenuhi dengan traveling dan petualangan.

pekerjaan traveling
2. Ahli Geologi
Orang-orang yang bekerja mengeksplorasi bebatuan dan susunan bumi juga sering melakukan perjalanan jauh ke berbagai tempat, bahkan bisa berbulan-bulan. Para Geologist sering diminta bantuannya oleh berbagai perusahaan, terutama perusahaan minyak dan batu bara. Laporan pekerjaan mereka juga sering dijadikan subjek bahan ajar di dunia pendidikan.

3. Oseanografer
Oseanografer atau ahli kelautan adalah bidang pekerjaan yang bertugas melakukan penelitian tentang kondisi laut di berbagai wilayah. Hasil laporan pekerjaan mereka biasanya dipakai untuk ilmu pengetahuan, eksplorasi sumber daya alam, dan untuk kepentingan pemerintah ataupun perusahaan lainnya. Seorang Oseanografer sering melakukan traveling menyusuri lautan dan pulau-pulau terpencil.

4. Tour Guide
Terjun ke dunia pariwisata memang paling menyenangkan bila menggeluti profesi sebagai seorang Tour Guide atau pemandu wisata. Menjadi pramuwisata memang sering melakukan perjalanan yang menyenangkan karena mengunjungi tempat-tempat rekreasi. Namun para pramuwisata harus banyak-banyak menggali informasi agar mempunyai wawasan yang cukup dalam memandu para pelancong. Untuk mengetahui suka-duka menjadi seorang tour guide bisa dilihat di sini!

5. Kru Penerbangan
Dunia penerbangan juga memberikan kesempatan yang luas dalam mewujudkan hobi traveling alias jalan-jalan. Menjadi seorang pilot atau pramugara/pramugari bertugas mengantarkan dan melayani orang-orang yang ingin bepergian dengan pesawat terbang. Hal tersebut menjadi nilai positif bagi para pilot dan pramugari karena bisa mengunjungi berbagai kota tempat mereka landing, bahkan ke kota-kota luar negeri.

6. Wartawan Travel
Orang-orang yang suka nulis dan traveling umumnya memilih pekerjaan sebagai wartawan traveling yang bertugas menyajikan berbagai informasi tempat-tempat wisata di berbagai daerah, baik untuk media cetak maupun televisi. Tak jarang banyak orang yang menggeluti sebagai penulis freelance ataupun blogger dengan tema wisata perjalanan. Dengan menjadi penulis atau wartawan traveling, tentu mengharuskan anda untuk bepergian mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait