5 Perusahaan Amerika yang Paling Nyaman untuk Bekerja

Di awal tahun 2013, majalah Fortune kembali merilis 100 daftar perusahaan yang dianggap sebagai tempat yang paling nyaman untuk bekerja. Tahun ini merupakan yang ke 16 kalinya, majalah tersebut mempublikasikan perusahaan-perusahaan terbaik yang difavoritkan oleh para pekerja. Untuk memilih 100 perusahaan terbaik tersebut, Fortune bekerjasama dengan Great Place to Work Institute untuk mensurvey secara intensif kepada lebih dari dua ratus tujuh puluh ribu pekerja yang menyangkut kredebilitas manajemen, tingkat kepuasan kerja, dan hubungan kerja.

Daftar perusahaan Amerika yang dilibatkan harus telah berdiri lebih dari 5 tahun dan memiliki minimal 1.000 karyawan. Berikut adalah 5 perusahaan yang paling nyaman untuk bekerja:

1. Google, Inc.
google inc
Di rangking pertama sebagai perusahaan ternyaman bagi para karyawannya adalah raksasa internet Google. Perusahaan yang dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin tersebut selalu berusaha menciptakan suasana yang fun dalam tempat kerjanya. Google pun selalu mencari tahu tentang bagaimana agar para pekerjanya bisa merasa senang bekerja di kantornya. Dahulu perusahaan yang bermarkas di Mountain View tersebut pernah melakukan penelitian dan penyidikan tentang banyaknya karyawan perempuan yang mengundurkan diri. Usut punya usut ternyata sebagian besar dari mereka keluar dari perusahaan tersebut lantaran karena lebih mementingkan untuk mengurusi kehamilannya. Maka, Google mengambil kebijakan untuk memberikan masa cuti kehamilan lebih lama hingga 5 bulan dan fleksibel menentukan waktunya. Selain itu, ruangan kerja para karyawan Google dapat dibilang bukan sebuah kantor, tetapi lebih mirip taman bermain karena dilengkapi berbagai fasilitas fun seperti lapangan basket, arena hoki rol, shuffle ball, dan sebagainya. Maka tak heran bila perusahaan yang memiliki karyawan lebih dari 34ribu orang tersebut didaulat sebagai perusahaan ternyaman untuk bekerja.

2. SAS
SAS adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa dalam membantu sebuah organisasi perusahaan mengatur manajemen informasi, analisis dan intelejen bisnis. Berbagai produk Software and Services yang inovatif disediakan bagi koorporat-koorporat bisnis yang sedang kesulitan. SAS menjadi perusahaan yang nyaman bagi para pekerja. Tahun ini, perusahaan yang mempunyai 13ribu pekerja tersebut telah menyediakan pertanian organik yang menjamin makanan sehat bagi para pekerjanya di cafe-cafe milik SAS.

3. CHG Healthcare Service
Perusahaan yang bermarkas di Salt Lake City tersebut merupakan perusahaan yang menyediakan jasa kesehatan. CHG Healthcare Service merupakan perusahaan terkemuka sebagai supplier Locum tenens (tenaga kerja pengganti sementara). Perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 14ribu karyawan tersebut dinobatkan sebagai perusahaan yang nyaman ke tiga bagi para pekerja. Di perusahaan tersebut, para pekerja diberi kesempatan untuk saling berkompetisi menunjukkan bakat, kontes trivia yang menyenangkan, kegiatan kompetisi busana, dan lainnya yang membuat para karyawannya merasa happy.

4. The Boston Consulting Group, Inc.
Di posisi ke empat ada The Boston Consulting Group, Inc. yang merupakan sebuah perusahaan global yang berfokus pada bidang jasa manajemen konsultan bagi para pebisnis, pemerintah, dan institusi lainnya. BCG didirikan tahun 1963 dan kini telah memiliki 78 kantor cabang di 43 negara, termasuk di Indonesia. Sejak tahun 2001, perusahaan yang memiliki karyawan lebih dari 8ribu orang tersebut selalu masuk dalam daftar 100 perusahaan ternyaman bagi para pekerja. Yang membuat para karyawannya merasa nyaman adalah adanya berbagai kebijakan yang menguntungkan bagi para pekerjanya, misalnya konsep work-life balance dengan mengeluarkan "red zone report" guna menandai/memperingatkan karyawan yang terlalu banyak bekerja.

5. Wegmans Food Markets, Inc.
Perusahaan yang mempekerjakan karyawan hampir 44ribu orang ini menempati urutan ke 5 sebagai perusahaan dengan tempat kerja ternyaman di Amerika Serikat. Wegmans adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri supermarket khususnya penjualan bahan-bahan makanan, seperti sayuran, daging, kue, susu, dan sebagainya. Meskipun omzet penjualan terbilang tidak cukup tinggi, namun para karyawannya merasa senang bekerja karena berbagai fasilitas yang tersedia, misalnya saling memberi reward antar karyawan yang mampu bekerja dengan baik.

Demikianlah 5 perusahaan terbaik dengan tingkat kenyamanan kerja tertinggi. Di urutan ke 6 hingga ke 10 berturut-turut adalah NetApp, Hilcorp Energy Company, Edwards Jones, Ultimate Software, dan Camden Property Trust. (referensi: money.cnn.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait