10 Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia 2013

Perusahaan publik atau public company adalah perusahaan yang sahamnya dapat dimiliki oleh masyarakat umum atau organisasi lain yang berminat berinvestasi menanamkan modalnya di sana. Proses kepemilikan saham tersebut dilakukan dengan cara melakukan penawaran ke khayalak umum atau yang disebut dengan istilah IPO (initial public offering).

Di Indonesia, perusahaan publik biasanya ditandai dengan adanya akronim Tbk. (terbuka) di belakang nama perusahaan tersebut atau dalam bahasa Inggris ditulis Ltd. (limited). Di Indonesia, ada ratusan perusahaan publik dengan berbagai bidang usaha yang dijalankannya. Dan dari sekian jumlah tersebut, terdapat puluhan perusahaan publik yang aset kekayaannya mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan publik berskala internasional. Menurut data yang dirangkum dari Majalah Forbes, inilah 10 perusahaan publik terbesar di Indonesia tahun 2013 yang masuk dalam jajaran 2.000 perusahaan besar di dunia:

1. Bank Rakyat Indonesia
Perusahaan publik dengan total aset sekitar 51,5 milyar dollar ini berdiri pada zaman kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1895 di Purwokerto dengan nama De Poerwokertoosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Pada tahun 2003, Pemerintah Indonesia memutuskan menjual 30% sahamnya untuk publik sehingga resmi menjadi perusahaan publik dengan nama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Dalam 2.000 perusahaan publik dunia, BRI menempati posisi ke 479 dengan nilai pasar (market value) sebesar 18,4 milyar dollar Amerika.

2. Bank Mandiri
Bank Mandiri adalah perusahaan publik terbesar ke dua di Indonesia dan menempati posisi ke 488 secara global. Bank yang dibentuk dari gabungan empat bank pemerintah, yaitu Bank Exim, Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya, dan Bapindo pada tahun 1998 adalah sebuah program pemerintah untuk merestrukturisasi perbankan Indonesia. Dengan berbagai program inovatif, Bank Mandiri mampu berkembang menjadi salah satu perusahaan publik terbesar dengan jumlah aset 60,4 milyar dollar. Kini bank yang mempekerjakan lebih dari 27ribu karyawan tersebut memiliki market cap sebesar 17,6 milyar dollar.

3. Bank Central Asia
Bank Central Asia (BCA) berada di urutan ke 700 dari 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia. Total aset yang dimiliki oleh bank yang dibangun pada tahun 1957 tersebut sebesar 35,9 milyar dollar. BCA pada tahun lalu telah berhasil membukukan kentungan sebesar 941,2 juta dollar dengan mempekerjakan lebih dari 19 ribu pegawai.

4. Telkom Indonesia
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk adalah sebuah perusahaan publik yang bergerak di bidang industri informasi dan telekomunikasi di Indonesia. Awal mulanya pendirian perusahaan ini adalah pada masa kolonial Belanda tahun 1884, dan kemudian secara resmi menjadi perusahaan publik pada tahun 1995. Salah satu anak perusahaan Telkom Indonesia yang sukses menjadi perusahaan besar adalah Telkomsel yang kini telah memiliki lebih dari 100juta pelanggan dengan ragam produknya seperti Simpati, Kartu As, Kartu Hallo, Telkom Flash, dan sebagainya. PT. Telkom Indonesia Tbk. menempati urutan ke 726 perusahaan publik terbesar dengan market cap sebesar $14,9 milyar dan jumlah karyawan sebanyak 26.847 orang.

5. Bank Negara Indonesia
Bank Negara Indonesia (BNI) berada di urutan ke 969 sebagai perusahaan publik terbesar di dunia. Bank yang didirikan tahun 1946 tersebut telah memiliki lebih dari 800 kantor cabang di Indonesia, dan beberapa lainnya di luar negeri seperti di Singapura, Hongkong, Tokyo, London, dan juga sebuah agency di New York. Market Cap BNI diperkirakan mencapai 7,76 milyar dollar dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 18.275 orang.

6. Perusahaan Gas Negara
PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. adalah sebuah perusahaan negara (BUMN) yang fokus pada bidang transmisi dan distribusi gas bumi. Awal mula perusahaan ini didirikan pada zaman penjajahan Belanda yang kemudian dinasionalisasi pada tahun 1965 dengan nama Perusahaan Gas Negara. Pada tahun lalu, perusahaan yang berada di rengking 1351 ini memperoleh keuntungan sebesar 692,6 juta dollar dengan aset perusahaan senilai 3,55 milyar dollar.

7. Gudang Garam
PT. Gudang Garam Tbk. adalah salah satu perusahaan besar yang memproduksi aneka jenis rokok, seperti Surya Pro Mild, Surya Slim Premium, dan Gudang Garam Djaja. Didirikan pada tahun 1958 oleh Suryo Wonowidjojo, PT Gudang Garam Tbk telah memiliki areal kompleks tembakau yang besar di Kediri. Dalam versi Forbes, Gudang Garam berada di posisi ke 1399 sebagai perusahaan publik terbesar di dunia dengan total aset senilai 3,4 milyar dollar.

8. Bank Danamon Indonesia
Berdiri pada tahun 1956 dengan nama awalnya PT Bank Kopra Indonesia, bank ini kemudian tumbuh dan berganti nama menjadi Bank Danamon pada tahun 1976. Berbagai produk inovatif, seperti Danamon Sharia dan Danamon Simpan Pinjam telah menarik minat publik untuk memakai layanan produknya. Dengan aset sebesar 15,6 milyar dollar dan market cap senilai 4,6 milyar dollar, PT. Bank Danamon Indonesia Tbk. telah berhasil meraih posisi ke 1636 sebagai The World's Biggest Public Companies.

9. Semen Gresik
PT Semen Gresik (Persero) Tbk. adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang industri konstruksi material, khususnya memproduksi semen. Perusahaan ini dibangun pada tahun 1953 yang kemudian go pubic pada tahun 1991. Perusahaan yang pangkal produksinya berada di Gresik, Tuban, Indarung, dan Pangkep tersebut telah memiliki aset senilai 1,72 milyar dollar dan didaulat sebagai perusahaan publik terbesar ke 9 di Indonesia atau rangking 1674 secara global.

10. Bumi Resources
Di urutan terakhir perusahaan publik terbesar di Indonesia adalah Bumi Resources yang didirikan tahun 1973. PT Bumi Resources Tbk. adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang energi khususnya pertambangan batubara. Perusahaan ini dianggap sebagai perusahaan pertambangan dengan pertumbuhan tercepat di Asia. Bumi Resources telah memiliki tenaga kerja lebih dari enam ribu orang dengan aset perusahaan sebesar 1,72 milyar dollar. Dalam urutan 2.000 besar, perusahaan ini berada di posisi ke 1898.

Demikianlah 10 perusahaan publik terbesar di Indonesia tahun 2013. Posisi pertama The Biggest Public Company in The World ditempati oleh Exxon Mobile dari Amerika Serikat.

Artikel Terkait