10 Macam Personalia yang Wajib Direkrut Menjadi Karyawan

Membangun sebuah perusahaan yang mapan harus disokong oleh personal - personal terbaik. Dengan merekrut karyawan - karyawan yang tepat akan mampu menciptakan tim bisnis yang tangguh sehingga dapat membawa perusahaan ke arah kemajuan. Untuk merekrut personal yang handal bukanlah perkara yang mudah. Oleh karena itulah, banyak perusahaan yang menerapkan sistem training dan magang untuk meninjau lebih dalam tentang orang-orang yang tepat bagi perusahaannya. Bila anda seorang pimpinan perusahaan atau pemilik usaha kecil (small business) yang berencana merekrut tenaga kerja, ada 10 karakter personal yang bisa anda pertimbangkan untuk menjadi bagian dari bisnis anda.

1. Personal yang Punya Karakter Berlawanan dengan Anda
Banyak pimpinan perusahaan yang lebih memilih karyawan yang mempunyai pandangan dan skill yang sama dengan dirinya. Hal tersebut mempunyai satu kelemahan, yaitu kurangnya kritikus (wasit) yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan keputusan. Oleh karena itu, tenaga kerja yang prinsipnya berlawanan dengan anda bisa menjadi juri dan "lampu kuning" agar langkah usaha anda berjalan lebih hati-hati.

tim work personalia2. Ahli Promosi
Bagi pengusaha kecil, biaya promosi dan periklanan adalah hal yang cukup memberatkan bagi keuangan perusahaan. Untuk itu, sangat penting sekali merekrut karyawan yang handal dalam promosi dan marketing. Personal-personal yang pandai dalam mencari klien, mitra bisnis dan konsumen baru akan membuat usaha anda berkembang pesat.

3. Si Multitasker
Personalia macam ini punya kemampuan dan kemauan dalam mengerjakan beberapa tugas, termasuk yang bukan bidangnya. Karyawan yang bisa dalam beberapa hal sangat membantu sekali bagi usaha kecil.

4. Orang yang Berani Membuat Keputusan
Meskipun segala keputusan perusahaan ada di tangan anda, namun terkadang kesibukan yang anda alami membuat para bawahan tidak sempat untuk berkoordinasi, sehingga akan menghambat roda usaha anda. Oleh karena itu, penting untuk merekrut karyawan yang punya keberanian untuk membuat keputusan tepat terutama hal-hal yang tidak prinsip (penting) selama sesuai dengan logika berpikir.

5. Personalia yang Ahli Strategi Bisnis
Orang semacam ini punya pandangan dan visi yang luas dalam menentukan target bisnis. Ia pandai dalam mengevaluasi dan merencanakan strategi untuk memenangkan kompetisi bisnis.

6. Penganalisa Handal
Orang yang pandai dalam analisa bisnis akan mampu mengukur peluang dan menghitung proyeksi antara untung dan rugi serta tingkat resiko yang akan dihadapi, sehingga keputusan yang diambil benar-benar sesuai dengan perhitungan analisa yang cermat.

7. Sang Organizer
Meskipun tim bisnis anda punya ide-ide briliant dalam menciptakan suatu inovasi, namun tanpa adanya orang yang pandai mengatur dan mengorganisir personalia lain dalam mewujudkan impian tersebut, maka semuanya akan sia-sia. Jadi rekrutlah tenaga kerja yang punya karakter pemimpin.

8. Karyawan yang Cermat dan Hati-hati
Anda juga sebaiknya mengangkat tenaga kerja yang punya sifat ketelitian dan kecermatan berpikir. Dengan kehati-hatian tersebut, ia akan menjadi penyeimbang dalam tim bisnis yang anda bentuk.

9. Tenaga Kerja yang Berorientasi pada Services
Personalia yang punya karakter mau melayani orang lain dengan sepenuh hati merupakan ujung tombak dalam menciptakan image profesional bagi perusahaan anda di mata konsumen. Jadi pilihlah tenaga kerja yang memang senang melayani orang lain yang dilakukan bukan karena hanya tugasnya, tetapi karena ia memang bangga bila melihat orang lain tersenyum dan puas.

10. Pro Akomodator
Sebagai pimpinan tentu terkadang tidak bisa melakukan suatu tugas karena punya halangan tertentu, maka dari itu anda harus mempunyai paling tidak seseorang yang bersedia menerima dan mengakomodir delegasi tugas anda tanpa banyak protes dan alasan menolak agar roda usaha anda tetap berputar.

Demikianlah 10 personal dengan karakternya masing-masing yang sebaiknya anda jadikan tim dalam membangun kerajaan bisnis anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait