Usaha Snack Pilus Berprospek Bagus

Pilus merupakan salah satu makanan ringan yang banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Panganan kecil tersebut sering dikonsumsi disaat-saat santai, dan merupakan makanan wajib bagi para pecinta sepak bola. Produk snack pilus di Indonesia banyak dilakoni oleh industri kecil dan beberapa adalah pengusaha kelas kakap. Usaha memproduksi cemilan pilus masih memiliki pangsa pasar yang cukup bagus, meskipun usaha ini telah digeluti oleh banyak pemain. 

Lalu, apa saja yang harus kita persiapkan dalam usaha pembuatan snack pilus?


pilus cemilan snack
Memahami proses pembuatan pilus
Pembuatan pilus boleh dibilang cukup sederhana. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain : tepung terigu atau tepung sagu (1/4kg), telur (3butir), air, garam, perasa makanan, minyak goreng, dan juga bahan tambahan misalnya keju. Alat-alat yang dibutuhkan: wadah untuk mencampur dan mengulek adonan, kompor, sendok, ayakan dan juga penggorengan.

Cara membuat snack pilus:
Kocok telur bersama garam dan bumbu, kemudian tuangkan secara perlahan tepung yang dipakai bersama bahan tambahan misalnya keju parut, uleni hingga menjadi adonan yang tercampur rata. Bila masih terlalu padat, tambahkan sedikit air. Setelah itu panaskan minyak sayur. Bentuk adonan bulat-bulat kecil atau berbentuk silinder dengan telapak tangan. Jika ingin cepat, cetak bentuk adonan dengan menggunakan ayakan atau dipress dengan jaring. Goreng bahan pilus hingga menjadi matang dan mengapung. Angkat dan tiriskan, pilus pun siap dikonsumsi.

Memulai tahapan produksi dan pemasaran
Untuk sukses dalam usaha kecil ini, kreatifitas menciptakan cemilan pilus dengan rasa special menjadi salah satu faktor pendukungnya. Di pasaran ada berbagai rasa snack pilus, misalnya bbq, rasa bawang, sapi panggang, rasa keju, jagung bakar, dan sebagainya. Untuk itu, anda harus banyak-banyak bereksperiment menemukan resep yang istimewa. Agar proses produksi berjalan cepat dalam kapasitas yang banyak, ada baiknya anda membeli mesin pencentak adonan pilus, sehingga bentuk pilus dapat disesuaikan dengan selera.

Harga mesin cetak pilus berkisar antara empat hingga enam juta rupiah. Selain itu, agar kinerja lebih efesien, diperlukan juga mesin seal untuk mengkemas produk pilus dalam kemasan plastik yang cantik, harganya sekitar satu sampai tiga jutaan rupiah. Pemasaran produk pilus dapat dilakukan dengan cara menjual ke toko, warung, pasar swalayan, atau ke rumah-rumah makan.

Demikian deskripsi singkat tentang peluang usaha membuat cemilan pilus. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait