Usaha Rumah Makan Berkonsep Unik

Kesuksesan menjalankan bisnis rumah makan bukan hanya terletak pada kelezatan sajian makanan yang dihidangkan, tetapi juga kenyamanan dan suasana tempat makan juga memiliki peranan besar. Dalam upaya menjadikan usaha restaurantnya memiliki citra dan kesan tersendiri, banyak pengusaha rumah makan yang menciptakan konsep restaurant yang berbeda dan unik.

Hal tersebut dapat menjadi sebuah amunisi dalam menarik konsumen dan bertahan dalam kompetisi bisnis kuliner yang makin ketat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut disakijan contoh-contoh rumah makan (restaurant) yang berkonsep unik:

1. Restaurant Ninja
restaurant unik
Rumah makan ini bertemakan sekolah ninja yang terletak di kota New York. Makanan utamanya adalah menu masakan khas Jepang. Suasana restaurantnya tampak seperti sekolah perguruan tua di Jepang, yaitu sekolah ninja. Para pelayannya pun lengkap berpakaian ninja dengan berbagai senjata yang biasa digunakan oleh para pendekar Jepang tersebut. Bahkan para pelanggan pun disediakan sebilah pedang untuk memotong salad atau pun daging. Konsepnya tak jauh beda dengan kehidupan para ninja zaman dahulu. Harga makanan terendah di restaurant ini adalah $50.

2. Restaurant Gelap Gulita
Mungkin sebagian dari kita pernah merasakan ketika makan malam sedang berlangsung tiba-tiba lampu menjadi padam. Mungkin ada yang menjadi panik, atau ada yang berhenti makan sejenak, atau juga tetap merasa enjoy menikmati gelapnya suasana. Dan hal itulah yang dikonsepkan dalam sebuah rumah makan di Toronto - Amerika Serikat. Restaurant yang bernama O'noir Toronto tersebut menyajikan makan malam dalam suasana gelap gulita, sehingga para pengunjung harus meraba-raba untuk mencicipi makanan. Yang menarik dalam restaurant ini adalah para pengunjung tidak akan mengetahui makanan apa yang akan disajikan oleh pelayan.

3. Restaurant Bawah Laut
restauran unik
Mungkin untuk membuat restaurant semacam ini memerlukan biaya milyaran rupiah. Inilah rumah makan pertama yang dibangun di bawah air laut. Restaurant yang terletak di kepulauan Maladewa atau Maldives, sekitar 300 mil selatan India tersebut diberi nama Hilton Maldives Restaurant. Para pengunjung berada di dalam tangki kaca besar untuk menikmati sajian makanan yang eksklusif sembari ditemani ikan-ikan yang lalu lalang di luar kaca.

4. Restaurant Kondom
Jika konsep restaurant ini dibangun di Indonesia mungkin akan menimbulkan pro dan kontra dari berbagai pihak. Namun di Thailand, rumah makan ini dibangun untuk memberikan kesadaran kepada publik tentang bahaya penyakit AIDS. Tempat makan yang bernama Cabbage &  Condom Restaurant atau rumah makan kubis & kond0m tersebut didekorasi dengan berbagai bentuk hiasan alat kontrasepsi dan bahkan para pengunjungnya akan diberikan kond0m ketika selesai membayar bill.

5. D.S. Music Restaurant
Rumah makan yang terletak di kota Taipei-China ini bertemakan rumah sakit. Suasana restaurant ini layaknya seperti klinik kesehatan. Tempat duduknya diganti dengan bed yang biasanya dipakai di rumah sakit atau juga memakai kursi roda. Para pelayannya adalah gadis-gadis cantik yang berpakaian perawat. Bila pengunjung ingin meminum segelas air putih, maka ia harus mengucurkan air dari selang infus yang dipasang di atas bed.

Demikianlah sekilas contoh restaurant berkonsep unik nan menarik. Semoga dapat memberi inspirasi bagi anda yang tengah membangun bisnis rumah makan. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait