Tips Memilih Layanan Hosting untuk Website E-Commerce

Hal utama dalam bisnis yang berbasis e-commerce adalah performa website. Tampilan website yang menarik, informatif, navigasi yang jelas dan mudah dijelajahi, akan membuat visitor betah berlama - lama mengunjungi situs bisnis tersebut. Namun semua itu takkan berarti bila kehandalan situs agak "ngos-ngosan" karena lambat loading atau tak mampu menampung jumlah kunjungan yang sedang melonjak. Jika hal tersebut sering terjadi, bukan tidak mungkin, bisnis e-commerce yang sedang dijalani akan mengalami penurunan omzet. Maka penting sekali membuat sebuah website yang atraktif, easy navigate, SEO friendly dan performa yang bisa dihandalkan, sehingga performa bisnis takkan terganggu hanya karena masalah teknis tersebut.

Oleh karena itu, satu hal yang wajib diperhatikan ketika membangun sebuah situs untuk tujuan e-commerce adalah pemilihan server dan layanan hosting yang tepat. Namun, sebelum anda melangkah pada hal tersebut, ada baiknya membaca Pengertian E-Commerce bila anda belum memahami tentang makna tersebut. Sementara itu, web hosting adalah pelayanan jasa penyewaan tempat di internet, dimana segala isi dari situs kita disimpan dalam memory server.

layanan hosting e-commerceDalam membuat sebuah website, kita harus membeli sebuah nama domain yang harganya berkisar Rp. 100.000/tahun dan hosting yang merupakan tempat untuk kita menyimpan artikel, gambar, video, arus visitor dan aplikasi lainnya. Harga sewa hosting bervariasi tergantung jumlah memori (Mega Byte) yang ingin digunakan, semakin besar memorinya, semakin mahal harganya, dan tentu semakin baik pula performa website yang dimiliki. 

Untuk menentukan provider mana yang mampu menyediakan layanan hosting yang handal bukanlah perkara yang mudah. Di dunia, bahkan di Indonesia ada ratusan provider yang menyediakan paket-paket hosting yang menarik, namun belum tentu akan maksimal performanya. Dalam e-commerce, paket hosting yang ditawarkan biasanya sedikit berbeda dengan hosting untuk situs konvesional, yaitu adanya pre-loaded (include) dengan software tertentu seperti shopping chart, pembuatan katalog, rancangan desain situs, dan juga prosesor pembayaran. Untuk menentukan mana layanan yang bagus, ada tujuh parameter yang bisa dijadikan dasar dalam memilih provider yang terbaik, yaitu:

1. Server Hardware
Bandingkan spesifikasi server hardware (server perangkat keras) pada masing-masing penyedia layanan hosting. Spesifikasi server hardware akan menentukan performa situs e-commerce anda. Tanyakan hal tersebut ke costumer servicenya.

2. Keamanan
Point keamanan merupakan hal penting dalam transaksi online. Evaluasi tingkat keamanan yang ditawarkan oleh provider hosting.

3. Reliability (Kehandalan)
Dalam beberapa periode, sering dilakukan perawatan (maintenance) server, dan penyedia hosting biasanya memakai perangkat cadangannya untuk tetap menyediakan pelayanan. Anda dapat menilai kehandalan server dengan mengecek atau memeriksa server uptime.

4. Kemampuan untuk Menampung Lonjakan Trafik
Dalam bisnis e-commerce, terkadang situs mendapat lonjakan trafik pada moment-moment tertentu, misalnya pada hari raya. Tanyakan pada costumer service tentang sejauh mana kemampuan provider dalam mengatasi hal tersebut.

5. Ketersediaan Shopping Chart
Shopping chart atau keranjang belanja adalah aplikasi yang umum digunakan dalam bisnis e-commerce yang memudahkan konsumen dalam memesan atau membeli barang/jasa yang ditawarkan. Idealnya software Shopping Chart sudah termasuk dalam pembelian (penyewaan) hositng e-commerce.

6. Harga
Kualitas layanan hosting yang terbaik berkorelasi dengan harga yang tinggi. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan bisnis e-commerce anda.

7. Layanan Pelanggan (CS)
Hampir sulit menemukan layanan hosting yang tidak memiliki costumer service 24/7 ("24 jam - 7 hari"). Yang membedakan adalah seberapa cepat tanggapan mereka dalam melayani keluhan-keluhan konsumen. Tanyakan pada rekan-rekan atau orang lain tentang pengalaman mereka dalam berlangganan hosting internet.

Beberapa contoh provider hosting e-commerce yang sudah populer dan diakui dunia antara lain: HostGator, GoDaddy, dan Yahoo. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing, misalnya Yahoo menyediakan layanan hosting e-commerce yang kaya fitur untuk etalase toko online, namun harganya cukup tinggi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait