Situs-situs Penyedia Informasi Lowongan Kerja di Indonesia


Informasi lowongan kerja menjadi sesuatu yang paling dicari oleh para pencari kerja. Besarnya jumlah angkatan kerja di Indonesia tanpa dimbangi oleh ketersediaan lapangan kerja yang mencukupi membuat persaingan mendapatkan pekerjaan menjadi sangat kompetitif. Oleh karena itu, para pencari kerja (jobseekers) memanfaatkan beragam media informasi untuk memperoleh informasi mendetail tentang adanya peluang kerja di berbagai perusahaan. Selain dengan membaca kolom lowongan kerja di koran dan majalah, para pencari kerja juga memanfaatkan informasi yang didapat dari radio, runing teks di tv, pamflet-pamflet yang ditempel oleh pemberi kerja, membaca iklan peluang kerja yang dipasang di berbagai website, mendatangi event-event jobsaffair, forum-forum online, dan juga mengunjungi situs-situs penyedia informasi lowongan kerja. Di Indonesia ada banyak alamat situs yang memberikan layanan informasi tentang ketersediaan posisi kerja di suatu perusahaan. Jika anda masih bingung menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan harapan anda, anda bisa mengunjungi situs-situs berikut:

1. Jobsdb.com
JobsDb adalah sebuah perusahaan global yang menyediakan layanan informasi lowongan kerja. Didirikan sejak tahun 1998, JobsDb telah berkembang pesat hingga mendirikan kantor-kantor cabang di berbagai negara, seperti China, Australia, India, Amerika, Singapura, dan juga termasuk di Indonesia. Hingga kini situs tersebut telah melayani ikan lowongan kerja lebih dari 130.000 perusahaan global.

2. Jobstreet.co.id
website lowongan kerja
Situs penyedia informasi lowongan kerja ini telah berdiri sejak tahun 1995, dan telah menjadi salah satu situs terbesar di Asia Pasifik dalam bidang jobseekers. Hingga kini, perusahaan global ini telah memiliki cabang di tujuh negara, yaitu Thailand, Malaysia, Jepang, India, Filipina, Singapura, dan juga Indonesia.

3. Karir.com
situs lowongan kerja
Karir (dot) com merupakan sebuah situs layanan informasi rekruetmen tenaga kerja online yang memberikan beragam info-info terbaru lowongan kerja di Indonesia. Di karir.com ada layanan auto-apply yang akan membantu anda mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan yang sesuai dengan resume anda. Biaya sekitar Rp 65.000/3bulan.


4. Jobindo.com
Situs Jobindo.com merupakan salah satu website penyedia lowongan kerja di Indonesia. Berbagai ragam pekerjaan, seperti marketing, desain grafis, staff admin, teknisi, atau pun bidang IT dapat anda cari di situs tersebut. Hingga kini telah lebih dari 19.000 perusahaan yang menggunakan layanan situs Jobindo.com untuk menginformasikan posisi kerja yang disediakan.

5. Careerbuilder.co.id
Careerbuilder.com merupakan satu dari 35 website perdagangan teratas yang menyediakan layanan tentang karir dan info lowongan kerja. Careerbuilder telah memiliki kantor cabang diberbagai negara, seperti Amerika, Inggris, Kanada, Swedia, China dan termasuk di Indonesia. Di situs tersebut, ada beragam tools yang bisa anda gunakan, seperti Career Advice, Upload CV, dan Intelligent Search.

Selain kelima yang telah disebutkan di atas, anda mungkin dapat menemukan lowongan kerja di situs-situs berikut ini:
06. Toko bagus.com/lowongan
07. Lowonganindonesia.net
08. Arenakarir.com
09. Karirrakyat.com
10. Berniaga.com/lowongan
11. Kariroke.com
12. Lokerindonesia.com
13. Datakarir.com
14. Jakjobs.com
15. Loker.web.id
16. Karirpharos.com
17. Indojobhunter.com
18. Lowongan.biz
19. Kompas.co.id/infokarir
20. Dan lain sebagainya.

Untuk menghindari aksi penipuan terhadap iklan lowongan kerja yang dipasang oleh seseorang yang mengatas namakan sebuah perusahaan, maka ada baiknya anda mengecek kembali kebenaran informasi lowongan kerja tersebut dengan cara mengunjungi alamat situs perusahaan yang tengah membuka lowongan pekerjaan. Umumnya, perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja, pasti juga akan memasang informasi yang sama pada websitenya, terutama di index karir. Selain itu, ada baiknya anda jangan pernah menginformasikan akun rekening bank anda atau mengirimkan sejumlah uang saat mengisi formulir pendaftaran secara online. Demikian gambaran singkat mencari lowongan kerja di internet, Salam kerja &  usaha!!!

Artikel Terkait