Ragam Informasi Seputar Bisnis Gas Elpiji

Bisnis menjadi agen dan subagen LPG untuk tabung ekonomis menjadi salah satu kata kunci yang paling banyak dicari di internet, khususnya dalam bidang usaha keagenan. Membangun bisnis menjadi agen lpg memang memerlukan modal yang cukup besar. Namun, kesuksesan dalam bisnis ini juga tidak terlepas dari wawasan anda tentang berbagai hal yang menyangkut tentang lpg. Berikut adalah informasi menarik yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. LPG (Liquefied Petroleum Gas) adalah istilah umum untuk nama bahan bakar gas, sedangkan merek dagang yang dipakai oleh pertamina untuk pemasaran di masyarakat adalah ELPIJI.

tabung gas elpiji
2. Berdasarkan proses pencairannya, LPG dapat dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu : a).LPG Refrigerated yang dicairkan melalui proses pendinginan yang biasanya dilakukan untuk pengiriman dalam jumlah besar (ekspor-import) dengan memakai tangki khusus; dan b).LPG Pressurized merupakan jenis lpg yang biasa diaplikasikan dalam rumah tangga dan industri kecil, dicairkan dengan cara ditekan (pressure) dalam kemasan tabung khusus bertekanan tinggi.

3. Pada gas Elpiji ditambahkan zat Merkaptan (mercurium captans) yang berfungsi memberi bau penyengat yang tajam, sehingga akan lebih cepat terdeteksi bila terjadi kebocoran gas.

4. Salah satu ciri tabung gas yang bagus adalah 80% permukaannya masih terbalut dengan cat. Sedikit karat masih diizinkan, dan tabung yang berkarat pada bagian bawah lebih kritis terhadap kebocoran.

5. Di tahun 2013, Arab Saudi merupakan negara penyuplai lpg terbanyak untuk kebutuhan bahan bakar gas dalam negeri. Hal ini karena Indonesia hanya baru memiliki dua floating storage dengan kapasitas masing-masing di bawah 50.000 Metrik Ton.

6. Pada tahun 2013, Pertamina menargetkan jumlah penjualan lpg 3 kg mencapai 4,4 juta Metrik Ton, dimana tahun sebelumnya sebesar 3,9 juta Metrik Ton. Hal ini karena program konversi minyak gas ke lpg masih terus berlangsung terutama untuk daerah Bangka Belitung, Sumatra Barat, Sulawesi, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Aceh, dan beberapa tempat lainnya.

7. Untuk skala rumah tangga dan industri kecil, ada beberapa jenis tabung lpg yang dipasarkan oleh Pertamina, diantaranya: 3kg, 6kg, 12kg, dan tabung isi 50kg.

8. Di kawasan Eropa, termasuk juga di Selendia Baru, pemesanan pengisian gas lpg dapat dilakukan secara online, dimana salah satu pertanyaan yang wajib dijawab dalam formulir pesanan adalah "Apakah di rumah Anda ada anjing?"

9. Secara umum, warna tabung gas yang ada di Indonesia untuk konsumen rumah tangga adalah biru dan hijau, di negara-negara lain juga memakai warna merah dan putih. Nama yang digunakan untuk tabung gas adalah gas cylinder atau gas bottle. 

10. Di negara-negara yang mempunyai empat musim, seperti Inggris dan Prancis, paket tabung gas lpg bukan hanya untuk keperluan kompor saja, tetapi juga ada paket khusus untuk keperluan BBQ dan heater (pemanas ruangan), dimana tabung yang paling banyak dipakai adalah ukuran 45 kg.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait