Ragam Cara Mendapatkan Modal Usaha

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, bahwa faktor utama dalam membangun sebuah usaha atau mengembangkan kerajaan bisnis adalah ketersedian modal yang cukup. Banyak calon enterprenur atau wirausaha muda yang tidak bisa maju dan mandiri dalam mewujudkan cita-citanya karena terkendala masalah tersebut. Namun, kepercayaan dan keyakinan atas ide-ide usaha yang dimiliki, membuat banyak pengusaha yang telah sukses tidak menyerah dan putus asa begitu saja.

Berbagai upaya dilakukan guna mencari sumber pendanaan atau mendapatkan tambahan modal usaha. Berikut adalah ragam cara yang umumnya dilakukan oleh para calon pengusaha muda dalam mendapatkan modal usaha.

1. Patungan (Kerjasama)
cara mendapatkan modal usaha bisnis
Menjalin kerjasama dengan kerabat atau pun sahabat adalah salah satu jalan dalam mendapatkan tambahan modal usaha. Untuk mewujudkan hal tersebut, calon enterpreneur biasanya melakukan pendekatan ke orang-orang yang memiliki potensi keuangan yang bagus. Dalam "pdkt" tersebut, calon enterpreneur melakukan presentasi, entah secara formal maupun non-formal untuk memperkenalkan ide usaha dan menjelaskan potensi bisnis yang akan dihasilkan. Selain itu, perlu juga dijelaskan bagaimana sistem kerja dan pembagian keuntungannya.

2. Mencari Investor
Tak jauh beda dengan patungan, mendapatkan modal usaha dari investor (penanam modal) juga memerlukan upaya "pdkt" alias pendekatan. Memang sulit rasanya menemukan orang yang bersedia menginvestasikan uangnya pada seorang calon pengusaha. Namun, bila anda memiliki gagasan bisnis yang masuk akal (menarik) serta kredibelitas yang baik, maka bukan tidak mungkin bisa mendapatkan kucuran dana yang mumpuni.

3. Mencari Dana Hibah untuk Program Usaha
Banyak perusahaan swasta dan pemerintah yang sering mengeluarkan sebagian keuntungannya untuk diberikan ke masyarakat sebagai wujud bantuan sosial. Selain digunakan langsung untuk bantuan sosial, beberapa perusahaan lebih memilih memberikan alokasi anggaran sosialnya untuk memeberdayakan perekonomian masyarakat. Untuk menyaring pihak-pihak mana yang pantas menerima dana hibah tersebut, para perusahaan biasanya mengadakan kompetisi pengajuan proposal usaha. Calon-calon wirausaha yang memiliki ide kreatif dan proposal bisnis yang menarik akan menjadi pemenang penerima dana tersebut. Untuk mendapatkan peluang ini, rajin-rajinlah mencari informasi baik lewat media cetak, televisi maupun di internet.

4. Mengajukan Pinjaman Modal Usaha
Bagi calon pengusaha yang memiliki barang jaminan (seperti motor, tanah, bangunan, dsb), mengajukan permohonan modal usaha ke lembaga keuangan (misal bank & koperasi) adalah jalan yang paling mudah untuk mendapatkan kucuran  dana usaha. Dengan keterikatan terhadap perjanjian tersebut, para pengusaha biasanya cenderung bekerja keras agar mampu mengembalikan modal usaha yang dipinjam secepat mungkin.

5. Memaksimalkan Dana Pribadi yang Minim
Ketika celah bantuan modal usaha tak kunjung datang, banyak pengusaha yang berani berjuang dengan modal yang minim. Sering kita dengar cerita tentang pengusaha-pengusaha yang telah berhasil membangun sebuah perusahaan besar, dulunya berawal dengan modal yang kecil. Mereka berusaha memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki dan mencari pengganti (alternatif) untuk peralatan yang belum bisa dijangkau.  

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait