Petunjuk Singkat Memanfaatkan Facebook dalam Bisnis

Salah satu media jejaring sosial terbesar di jagat ini adalah Facebook. Social network yang diciptakan oleh Mark Zuckernberg bersama empat teman lainnya tersebut kini telah dipakai hampir satu milyar penduduk di dunia. Kepopuleran jejaring sosial  facebook telah menjadi daya tarik yang luar biasa bagi pebisnis dan company untuk memanfaatkannya dalam membangun dan membesarkan kerajaan bisnis.

Jika anda berencana memanfaatkan akun facebook sebagai bagian dari strategi bisnis anda silahkan simak deskripsi berikut ini:

1. Perbedaan Facebook profile, Facebook page, dam Facebook group
facebook bisnisFacebook profile adalah akun facebook yang digunakan untuk kehidupan sosial pribadi. Sedangkan jika anda ingin membuat akun facebook atas nama perusahaan anda, maka anda harus membuat akun Facebook fanpage, bukan Facebook profile. Membuat akun untuk perusahaan pada kategori Facebook profile adalah melanggar aturan Facebook, sehingga bisa saja suatu saat akun tersebut dihapus oleh Facebook. Jadi pilihlah akun Facebook fanpage karena banyak fasilitas yang ditawarkan untuk mempromosikan bisnis anda. Sedangkan Facebook group juga dipakai untuk tujuan bisnis. Akun Facebook group memiliki beberapa kelebihan, misalnya pesan yang anda unggah langsung masuk ke inbox member.

2. Alasan Menggunakan Facebook page
Ada banyak pilihan sosial media yang memiliki fitur-fitur keren, baik dalam urusan personal maupun untuk bisnis yang bisa anda aplikasikan dengan mudah. Namun, bagi sebagaian besar orang lebih memilih menggunakan akun facebook page dalam berbisnis. Ada lima alasan yang menjadi dasarnya yaitu: jumlah anggota facebook paling banyak diantara yang lain; facebook terkesan dapat memberikan image perusahaan anda lebih humanize; melalui facebook fanpage, anda dapat lebih mengetahui keinginan audiences; dengan facebook fanpage, anda dapat mempromosikan bisnis ke komunitas anda lebih mudah ; dan facebook juga sangat bagus dalam SEO.

3. Buat Facebook fanpage
Membuat akun facebook sangat simpel dan gratis. Kunjungi website: www.facebook.com, kemudian lakukan pendaftaran dengan mengisi data-data yang dibutuhkan seperti alamat email, nama diri, tgl lahir, alamat rumah, status, dan sebagainya. Setalah melakukan proses pendaftaran tersebut, anda telah memiliki akun facebook personal. Setelah memiliki akun personal, anda dapat membuat facebook fanpage dengan mudah, ikuti sesuai petunjuk. Buatlah nama fanpage yang gampang diingat dan jangan sering gonta-gonti karena terkesan tidak profesional. Posting sejumlah foto dan jika anda punya blog, import ke page anda.

4. Optimalisasi Facebook fanpage anda
Agar akun facebook yang anda miliki benar-benar efektif bagi bisnis anda, maka lakukan berbagai optimalisasi. Selain memposting foto dan informasi yang berguna, personalisasi halaman facebook anda juga sangat penting agar lebih atraktif, misalnya dengan mengkustomasi welcome tab pada fanpage. Disamping itu, ada baiknya anda juga memanfaatkan berbagai aplikasi facebook yang berguna untuk bisnis, misalnya Storefront Social, RSS Graffiti, LaterBro, Facebook Promotions, My Office, Meeting Room, 30 Box Calender, My LinkedIn Profile, Calliflower, Poll, dan aplikasi lainnya.

5. Tingkatkan jumlah komunitas anda
Agar produk atau pun bisnis anda diketahui oleh banyak orang yang pada gilirannya memperbesar peluang pemasaran, maka anda wajib meningkatkan jumlah fans dalam Facebook page bisnis anda. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan, misalnya dengan mengupload foto dan video yang menarik, memposting informasi yang relevan dan bermanfaat, mengadakan kontes berhadiah, menjadi fans dalam fanpage lain, memberikan reward untuk beberapa anggota komunitas anda, mempromosikan fanpage di blog anda, melakukan advertising di jaringan periklanan Facebook (Facebook Marketplace Ads), dan berbagai upaya lainnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait