Memilih Pekerjaan Berdasarkan Primbon

Nusantara merupakan sebuah bangsa yang kaya akan tradisi adat dan budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Meskipun beberapa bagian dari warisan tersebut mulai ditinggalkan generasi muda karena menurut mereka sudah tidak sesuai dengan zaman lagi, namun masih banyak yang sering diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah pertimbangan memilih karir berdasarkan primbon dan sejenisnya, terutama bagi masyarakat Jawa dan beberapa suku bangsa lain di Indonesia.

Seperti yang sudah kita ketahui, Primbon yang berasal dari "peri" yang merupakan sebuah awalan (prefiks) yang berfungsi sebagai perluas makna, dan kata "mbon" yang artinya induk/ibu/petunjuk.

primbon jawaKitab-kitab Primbon berisi uraian tentang berbagai hal tentang kehidupan, seperti penanggalan, kesesuaian jodoh, makna-makna kode alam, tafsir mimpi, jadwal bercocok tanam, hingga petunjuk memilih pekerjaan berdasarkan angka tahun kelahiran. Berikut penulis sajikan rangkuman pemilihan bidang profesi yang cocok menurut aturan Primbon yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mangsa Kaso (23Juni-02Agustus)
Mangsa dalam bahasa keprimbonan sama artinya dengan masa atau waktu. Masa yang dimaksud adalah waktu untuk bercocok tanam dalam bidang pertanian. Mangsa Kaso atau Kasa adalah bulan pertama dalam keprimbonan yang umumnya berada pada rentang waktu pertengahan bulan Juni hingga awal Agustus. Dalam penentuan bidang profesi, Mangsa tersebut dibagi dalam 3 kelompok berdasarkan harinya yaitu kelompok I (eka) pada hari minggu, rabu, & jumat; kelompok II (dwi) yang lahir pada hari senin; dan kelompok III (tri) lahir pada hari selasa, kamis, & sabtu. Menurut primbon, orang-orang yang lahir pada Mangsa Kaso kelompok I (eka) lebih cocok bekerja sebagai pengarang dan wartawan; kelompok II (dwi) cocok bekerja menjadi pegawai (zaman dulu sebagai abdi raja); kelompok III (tri) lebih tepat bekerja sebagai ahli bangunan dan konstruksi karena kelahiran mereka dipengaruhi oleh sifat api dan petir.

2. Mangsa Karo (03-25 Agustus)
Kelompok I (minggu, rabu, jumat) cocok bekerja menjadi wirausaha sebagai pedagang dan saudagar karena mempunyai kecenderungan daya pikir dan bujukan yang baik. Kelompok II (senin) cocok bekerja di lembaga keuangan karena memiliki kemampuan manajemen finansial yang baik. Kelompok III (selasa, kamis, sabtu) cocok bekerja menjadi abdi pemerintah dan tentara karena cenderung bersifat pemberani dan berkemauan keras.

3. Mangsa Katelu / Katiga (26Agst-18Sept)
Kelompok I (minggu, rabu, jumat) cocok bekerja menjadi wartawan, pengarang, atau pelukis karena bersifat tidak mau menonjolkan diri. Kelompok II (senin) lebih sesuai bekerja menjadi pengacara atau pembela perkara dan pedagang yang berhubungan dengan besi/elektronik. Kelompok III (selasa, kamis, sabtu) cocok bekerja menjadi penerbit, percetakan, dan usaha biro jasa.

4. Mangsa Kapat (19Sept-13Okt)
Dalam dunia pertanian, inilah masa puncak musim panas. Pada kelompok I (minggu, rabu, jumat) bidang pekerjaan yang cocok adalah yang terkait dengan estetika tata ruang. Kelompok II (senin) lebih sesuai bekerja dalam bidang kesenian seperti sinden, penyanyi, pemusik, dan pemain film. Kelompok III (selasa, kamis, sabtu) cocok bekerja menjadi penegak hukum dan bidang keamanan.

5. Mangsa Kalima (14Okt-09Nov)
Kelompok I (minggu, rabu, jumat) bidang pekerjaan yang cocok adalah sebagai intel, rohaniawan dan wartawan. Kelompok II (senin) lebih sesuai bekerja dalam bidang kesehatan, pembangunan dan kontraktor. Kelompok III (selasa, kamis, sabtu) cocok bekerja menjadi perias (bidang kecantikan/penampilan).

6. Mangsa Kanem (10Nov-22Des)
Bagi mereka yang dilahirkan pada kelompok I (minggu, rabu, jumat) bidang pekerjaan yang cocok adalah mengarang, penerbit, dan percetakan. Kelompok II (senin) lebih sesuai bekerja dalam bidang militer dan kesenian imajinatif. Kelompok III (selasa, kamis, sabtu) cocok bekerja dalam dunia kesehatan, pendidikan, dan hukum.

7. Mangsa Kapitu (23Des-03Feb)
Kelompok I (minggu, rabu, jumat) bidang pekerjaan yang cocok adalah kesenian, pertanian dan real estate. Kelompok II (senin) lebih sesuai bekerja dalam bidang perdagangan, abdi negara, dan termasuk bidang sosial. Kelompok III (selasa, kamis, sabtu) cocok bekerja dalam dunia pendidikan dan seni drama.

8. Mangsa Kawolu (04Feb-01Maret)
Dalam bidang pertanian, masa Kawolu adalah puncaknya musim hujan. Pada kelompok I (minggu, rabu, jumat) bidang pekerjaan yang cocok adalah otomotif, elektronik, dan biro jasa. Kelompok II (senin) lebih sesuai bekerja menjadi seniman, pengarang, dan pemuka agama. Kelompok III (selasa, kamis, sabtu) cocok bekerja dalam dunia politik dan pemerintahan.

9. Mangsa Kasanga (02-26Maret)
Para tetua bilang, masa ini adalah musim kawinnya para anjing. Pada kelompok I (minggu, rabu, jumat) bidang pekerjaan yang cocok adalah yang terkait dengan hubungan masyarakat. Kelompok II (senin) lebih sesuai bekerja menjadi ahli kejiwaan (psikolog) dan juga sosiolog. Kelompok III (selasa, kamis, sabtu) cocok bekerja dalam dunia arsitek (perancangan).

10. Mangsa Kadasa (27Mrt-19Apr)
Pada kelompok I (minggu, rabu, jumat) bidang pekerjaan yang cocok sebagai pengusaha mandiri. Kelompok II (senin) lebih sesuai bekerja menjadi pemandu, misalnya tour guide. Kelompok III (selasa, kamis, sabtu) cocok bekerja dalam dunia seni drama dan arsitek.

11. Mangsa Desta (20Apr-12Mei)
Orang yang lahir dalam kelompok I (minggu, rabu, jumat) bidang pekerjaan yang cocok adalah bidang seni kriya dan interior. Kelompok II (senin) lebih sesuai bekerja dunia pertanian dan sebagai pengerajin. Kelompok III (selasa, kamis, sabtu) cocok bekerja teknik permesinan dan peralatan.

12. Mangsa Saddha (13Mei-22Juni)
Inilah siklus terakhir dalam penerapan musim bagi bidang pertanian di primbon. Menurut horoskop versi Kejawen, orang-orang yang lahir dalam mangsa ini, pada kelompok I (minggu, rabu, jumat) bidang pekerjaan yang cocok adalah dunia seni dan politik. Kelompok II (senin) lebih sesuai bekerja menjadi guru dan bidang hukum. Kelompok III (selasa, kamis, sabtu) cocok bekerja dalam dunia tulis-menulis dan desainer.

Demikian garis-garis besar bidang profesi berdasarkan primbon. Rincian yang tersebut di atas bukanlah hal mutlak yang menjadi pedoman utama, karena dalam primbon sendiri dijelaskan bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi ketepatan seseorang dalam memilih pekerjaannya, namun menurut primbon bidang profesi di atas adalah yang lebih mendekati kecocokan secara umum. Semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait