Lima Teman Terbaik Para Pebisnis

Kita tidak dapat memungkiri bahwa kesuksesan menjalankan suatu bisnis ataupun wirausaha tidak terlepas dari rahmat Sang Pencipta. Dan kita juga tidak bisa membantah bahwa sokongan modal dan kerja keras adalah penentu utama dalam mencapai keberhasilan tersebut. Namun, menurut pengalaman dari para pengusaha yang telah sukses bergelut dalam bidang bisnis yang mereka geluti, ada beberapa pihak yang turut serta membuat usahanya menjadi maju dan berkembang. Satu di antara semua itu adalah teman.

Lalu, teman-teman manakah yang umumnya banyak memiliki peranan penting dalam membantu progresifitas bisnis kita? Berikut adalah lima teman terbaik yang banyak membantu para pengusaha dalam berbisnis.

1. Sahabat Karib
teman pebisnis pengusaha
Banyak para pengusaha yang sukses berkat bantuan dari sahabat karibnya. Meskipun bukan berbentuk modal usaha, namun nasihat dan dukungan moral dari sahabat karib menjadi salah satu pemompa semangat para pengusaha untuk berjuang dalam kompetisi bisnis.

2. Teman dalam Group (Kelompok)
Ikut dalam sebuah group, anggota organisasi, atau member kelompok tertentu, bisa menjadi tempat yang bagus dalam pengembangan bisnis dan karir. Banyak jenis group yang bisa anda ikuti di wilayah anda, misalnya bergabung dalam kelompok pecinta hobi sama, menjadi anggota dalam organisasi yang mewadahi usaha tertentu, ataupun menjadi member dari group bisnis lainnya. Dengan bergabung dalam group tersebut, para pebisnis akan dapat saling sharing, berbagi pengalaman, tukar informasi, dan menemukan relasi demi kemajuan bisnis dan usahanya. Menurut pengalaman sebagian pengusaha, teman-teman dalam group ternyata memiliki peranan besar memajukan usahanya.

3. Mitra Bisnis
Mitra bisnis merupakan salah satu teman terbaik bagi para pengusaha. Selain keuntungan dari jalinan kerjasama bisnis yang telah disepakati, mitra bisnis juga sering memberikan ragam informasi dan pengalaman yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam setiap langkah dan strategi yang akan diterapkan oleh para pengusaha. Jadi, jika anda seorang entrepreneur sejati, maka jadikan mitra bisnis anda sebagai sahabat akrab, bukan hanya sekedar hubungan profesional.

4. Para Ahli (Guru atau Mentor)
Teman terbaik bagi pengusaha selain yang ketiga di atas adalah para ahli atau mentor bisnis. Banyak pengusaha yang sukses berkat bantuan dari ahli bisnis, konsultan, mentor usaha, atau teman senior, termasuk juga guru spiritual. Melalui jalinan pertemanan ataupun memakai jasa dari mentor tersebut, para pengusaha mendapat bimbingan dan arahan agar bisa mengambil keputusan bisnis yang tepat.

5. Teman Virtual
Siapa itu teman virtual? Teman virtual yang dimaksud dalam tulisan ini adalah teman-teman di dunia maya (internet). Banyak pengusaha yang memanfaatkan jejaring sosial untuk memajukan dan mengembangkan bisnisnya. Selain untuk mempromosikan produk baru, social network tersebut juga sering dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk melayani dan lebih mendekatkan diri kepada para pelanggan. Melalui sosial media tersebut, seperti Facebook dan Twitter, para pebisnis bisa menjalin persahabatan dengan konsumennya secara lebih intens. Hal tersebut tentu dapat menjadi gudang informasi yang luar biasa bagi para pengusaha dalam memprediksi keinginan para konsumen.
(adopted from forbes.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait