Kisah Sukses Para Penulis - Penerbit Buku Indie

Apa pun jenis usaha yang digeluti, meskipun menurut banyak orang merupakan usaha yang tidak menarik dan tidak berprospek cerah, namun jika dijalankan dengan kerja keras pasti akan menghasilkan nilai yang maksimal. Hal ini juga yang dialami oleh beberapa orang yang berprofesi sebagai penulis dan penerbit mandiri (self-publisher). Ketika naskah-naskah mereka ditolak oleh para penerbit karena dianggap tidak bermutu, mereka tetap berusaha agar karya-karya mereka bisa dipublikasikan sehingga bisa diketahui banyak orang. Mereka yakin bahwa tulisan-tulisan yang telah mereka tuangkan dalam bentuk buku adalah karya cipta yang memiliki nilai jual yang bagus.

Oleh karena itu, banyak para penulis yang bekerja ekstra keras merangkap menjadi seorang penerbit indie (self-publishing). Dan berkat ketekunan tersebut, mereka telah mencicipi manisnya hasil menjadi seorang penulis buku. 

penulis buku amanda hockingBerikut adalah sederetan nama penulis internasional yang juga mempublikasikan buku-bukunya secara mandiri. Para penulis internasional ini lebih memilih menerbitkan buku-bukunya dalam bentuk digital di berbagai situs toko online seperti di Amazon, iBookstore milik Apple, Google ebookstore, dan sebagainya. Dengan begitu mereka tidak perlu banyak berurusan dengan kertas dan penjilidan. Adapun jenis buku yang banyak ditulis dan laku di pasaran adalah jenis fiksi ilmiah dan cerita fantasi. Yuk.. kita lihat siapa sajakah orang-orangnya!

1. Hugh C. Howley yang telah menulis buku novel berjudul Wool yang bertema tentang science-fiction  telah dibeli hak cipatanya oleh Ridley Scott dan 20th Century Fox. Kemungkinan isi ceritanya akan diangkat ke layar lebar.

2. E.L. James merupakan penulis novel erotik yang berjudul 50 Shades of Gray telah berhasil terjual ribuan kopi di pasaran. Novel yang isinya hampir mirip dengan serial Twilight ditulis dan diterbitkan secara mandiri oleh James.

3. Amanda Hocking yang dikenal sebagai ratunya "self-publishing" dunia merupakan seorang penulis dan penerbit mandiri yang telah berhasil menjual jutaan copy buku virtual lewat internet. Salah satu judul karyanya yang berkategori fantasi adalah 'Switched'.

4. Heather Killough-Walden juga berhasil menjual ribuan copy buku-buku digitalnya yang bertema romansa.

5. J.R. Rain adalah seorang penulis cerita fantasi telah berhasil menjual lebih dari 400ribu copy buku novelnya.

Selain yang tersebut di atas, ada beberapa nama penulis yang telah menerbitkan bukunya secara mandiri dan berhasil menjual karyanya di atas 100ribu copy eksemplar, misalnya Tina Folsom, B.V. Larson, Mallory, David Daglish, Ellen Fisher, Michael Sullivan, Denise Grover Swank, dan termasuk remaja putri 16 tahun yang bernama Rachel Yu yang membuat buku untuk anak-anak.

Menjadi seorang penulis buku memang didasarkan atas hobi tulis-menulis untuk menuangkan ide, gagasan, imajinasi dan rasa ingin berbagi ilmu. Tak sedikit yang ternyata menjadi kaya berkat buku-bukunya yang jadi best seller. Di Indonesia beberapa penulis yang telah sukses dan tenar misalnya Andrea Hirata (judul buku Laskar Pelangi), Mira W. (Cinta Sepanjang Amazon), Habiburrahman El Shirazy (Ayat-ayat Cinta), Dewi Lestari (Supernova), Agnes Davonar (Surat Kecil untuk Tuhan), dan penulis lainnya. Karya-karya yang best seller tersebut membuat mereka menjadi milyader. Bagaimana dengan Anda? Apakah anda tertarik untuk jadi seorang penulis (author) profesional?

Jika ya, tulislah naskah-naskah yang menarik! Meskipun para perusahaan penerbit masih menolak naskah atau konsep buku anda, anda bisa mencari jalan lain, misalnya dengan menjadi penerbit mandiri atau mengkemasnya dalam bentuk buku digital yang mulai tumbuh pangsa pasarnya di Indonesia. Salam kerja & usaha!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait