Kiat Sukses Promosi dengan Twitter

Twitter menjadi salah satu mikroblog yang mampu menarik perhatian dunia. Dilatarbelakangi oleh konsep jumlah karakter sms, yaitu 140 karakter, Twitter kemudian tumbuh menjadi salah satu layanan jejaring sosial yang memiliki keunikan tersendiri. Social network yang bermarkas di Amerika Serikat tersebut disukai karena pemakaiannya simpel dan nama akunnya unik (tidak ada yang ganda/kembar). Oleh karena itu, banyak artis, tokoh masyarakat, bahkan hingga presiden yang senang mengungkapkan pendapat dan pemikirannya dengan ngetweet di akun twitternya.

Lalu bisakah layanan twitter dimanfaatkan dalam urusan bisnis, terutama untuk mempromosikan produk usaha kita? Jawabannya tentu bisa! Berikut adalah kiat sukses berpromosi bisnis dengan menggunakan twitter:

twitter untuk promosi bisnis1. Jangan hanya digunakan untuk sekedar jualan
Memanfaatkan twitter untuk sekedar menyebarkan informasi produk dan bisnis anda ke para follower atau akun yang anda follow dapat berbalik merugikan anda. Tujuan memiliki twitter adalah mencari sebanyak-banyaknya orang yang akan menjalin hubungan sosial dengan anda. Jalinan sosial yang terjalin baik antara anda dengan follower, akan membuat promosi anda lebih mudah diterima dan tidak sekedar dianggap hanya sebagai iklan.

2. Coba lebih banyak mendengar daripada ngetweet
Tips yang kedua agar sukses berpromosi dengan twitter adalah berupaya lebih banyak mendengar apa yang menjadi keinginan para follower anda. Selain itu, dengan Twitter Search anda harus mendengar lebih banyak apa yang sedang menjadi trending topics saat ini, dan berupaya mengikuti mereka. Bila perlu carilah topik yang berkaitan dengan bisnis anda sehingga bisa lebih mudah diterima ngetweet dan retweet sambil promosi produk.

3. Ngetweet yang bermutu 
Saat mencoba melakukan promosi,samarkanlah isi tweet anda dengan tips-tips atau informasi-informasi yang bermutu. Jadi yang ditonjolkan adalah informasi yang bermanfaat untuk orang lain, sementara promosi produk yang anda tawarkan harus terkesan sebagai pelengkap saja, sehingga twitter anda tidak akan dianggap sebagai spam.

4. Perhatikan respon 
Saat anda ngetweet promosi usaha anda, perhatikan respon para follower anda dan audiences lainnya. Bila anda punya website dengan RSS feed, sangat mudah mengintegrasikan feed website anda ke dalam akun twitter (twitterfeed), namun jangun terlalu banyak menyebarkan feed ke dalam percakapan twitter.

5. Buat nama akun twitter yang bagus
Salah satu keunikan twitter adalah tidak adanya nama karakter yang sama. Jumlah maksimal karakter nama akun twitter adalah 15. Buatlah nama akun twitter yang gampang diingat dan mudah diucapkan, namun harus tetap sesuai dengan nama diri atau nama bisnis/perusahaan anda. Terkadang anda tidak dapat memakai nama akun twitter yang anda inginkan karena telah dipakai orang lain, maka siasati dengan pemakaian karakter lain seperti angka, garis bawah, dan simbol lainnya, asalkan tetap memberi kesan mudah diingat oleh komunitas twitter. Untuk membuat twitter, silahkan kunjungi situsnya di www.twitter.com.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait