Empat Hal yang Sedang Ngetrend dalam Small Business

Persaingan bisnis yang semakin kompetitif membuat banyak pihak mencari beragam cara agar bisa tetap bertahan. Usaha-usaha yang mempunyai modal kecil dan rentan digilas oleh perusahaan besar, selalu berupaya menemukan solusi agar bisa menekan cost seefesien mungkin dan mencari celah agar usahanya tetap mampu berkembang.

Dalam skala global, usaha kecil atau small business banyak terbantu dengan berbagai kemajuan teknologi yang dapat mengurangi pengeluaran biaya operasionalnya. Dikutip dari entrepreneur(dot)com, berikut adalah empat hal yang sedang menjadi trend bagi pengusaha kecil di seluruh dunia:

1. Teknologi Komputasi Awan 
komputasi awan cloud
Mungkin di Indonesia, istilah Cloud belum begitu familiar di kalangan pengusaha kecil. Bahkan jumlah provider yang menyediakan layanan teknologi penyimpanan dan sinkronisasi data di internet ini masih sedikit jumlahnya, apalagi sarana pendukungnya masih belum maksimal. Namun, di negara-negara barat, teknologi komputasi awan atau cloud sedang menjadi trend dalam membantu mereka menciutkan jumlah biaya operasional. Mereka tidak perlu lagi membeli server penyimpan data yang harganya sangat mahal, merawat server, transfer dan sharing data lebih efesien, dan juga memangkas biaya software. Dengan teknologi Cloud, mereka hanya perlu membayar biaya bulanan yang jumlahnya lebih rendah. Google Cloud misalnya, mematok harga bulanan kurang dari $10 untuk penyimpanan data dan pemakaian jaringan di bawah 1 Tera Byte.

2. Promosi dengan Jejaring Sosial
jejaring sosial bisnis
Trend memanfaatkan social network untuk urusan bisnis nampaknya telah mulai banyak dilakukan oleh para pebisnis sejak 3 atau 4 tahun lalu, termasuk juga di Indonesia. Kini, dengan semakin banyaknya orang yang telah aktif menggunakan layanan sosial media ini, membuat trend pemanfaatan jejaring sosial untuk urusan bisnis seperti Facebook, Twitter, Pinterest, BBM dan Google Plus kian meningkat. Bagi pebisnis kecil, promosi dengan menggunakan social network lebih murah dan efektif. Silakan ikuti tips menggunakan jejaring sosial untuk promosi usaha di sini.

3. Kerja Jarak Jauh
Kerja jarak jauh juga merupakan sebuah trend dalam dunia bisnis di Amerika dan kawasan Eropa. Usaha yang tergolong "small business" juga memanfaatkan trend ini dalam mempekerjakan karyawan yang bekerja secara fleksibel tanpa harus setiap hari datang ke kantor untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai perangkat yang membantu pekerjaan mereka untuk dapat saling terhubung setiap waktu, misalnya faxmile, video teleconference dan PBX virtual. Bahkan ada beberapa perusahaan merekrut karyawan luar negeri yang bertalenta terbaik untuk bekerja di rumahnya masing-masing atau istilahnya "own office / home office"

4. Penggunaan Ragam Aplikasi Mobile
Produktifitas dalam berbisnis dapat dibantu dengan memanfaatkan beragam aplikasi baik untuk komputer desktop maupun perangkat mobile. Dari berbagai platform, ada ribuan aplikasi bisnis yang bisa dipakai untuk mempermudah pekerjaan, misalnya saja aplikasi keuangan, aplikasi memo rapat, asisten virtual, aplikasi neraca omzet, dompet digital, dan masih banyak lagi. Dan hal ini menjadi sebuah trend yang banyak dilakoni oleh para pekerja dan pebisnis kecil untuk mengembangkan produktifitasnya. Ragam aplikasi yang lebih murah tersebut tentu dapat memotong outcost yang membebani biaya opersional perusahaan. Mengenai contoh aplikasi bisnis yang gratis untuk pengguna handphone android dan iphone bisa dilihat disini.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait