Deretan Pengusaha Kaya dari Negeri China

Keahlian perdagangan bangsa China sejak zaman dulu sudah diakui kehebatannya. Banyak warga keturunan China yang merantau ke berbagai negeri di belahan dunia dapat mencapai kesuksesan dari bisnis yang mereka jalani. Di China, banyak terdapat miliuner yang aset kekayaannya sejajar dengan pengusaha - pengusaha kaya dunia. Menurut media asal China yaitu Hurun (situsnya hurun.net), pada September 2012 telah melansir data-data pengusaha kaya berkewarganegaraan China.

Media tersebut tiap tahunnya mempublikasikan daftar-daftar pengusaha kaya dan telah dimulai sejak tahun 1999. Berikut adalah daftar 10 pengusaha kaya asal China versi Hurun:

1. Zong Qinghou & family (US$ 12,6 milyar) 
Nama perusahaan Wahaha, bidang industri minuman, kantor pusat di Zhejiang, kota kelahiran di Jiangsu, umur 67 tahun.

2. Wang Jianlin (US$ 10,3 milyar)
Nama perusahaan Wanda, bidang industri properti dan hiburan (cinemas), kantor pusat di Beijing,  kelahiran di kota Sichuan, umur 58 tahun.

pengusaha negeri china3. Li Yanhong (US$ 8 milyar)
Nama perusahaan Baidu, industri search engine (seperti Google), kantor pusat di Beijing, umur 44 tahun, kelahiran di Shanxi.

4. Yan Bin (US$ 7,9 milyar)
Nama perusahaan Reignwood, bidang usaha properti, investasi, dan Red Bull China, kantor pusat Beijing, umur 58 tahun, kota kelahiran di Shandong.

5. Liang Wengen (US$ 7,3 milyar)
Nama perusahaan Sany, bergerak di industri pembuatan mesin berat (heavy machinery), kantor pusat di Hunan, umur 56 tahun, kelahiran Hunan.

6. Liu Yongxing & family (US$ 7,1 milyar)
Nama perusahaan East Hope, industri aluminium dan pakan, kantor pusat di Shanghai, umur 64 tahun, tempat kelahiran di Sichuan.

7. Ma Huateng (US$ 6,5 milyar)
Nama perusahaan Tencent, bergerak di industri IT (teknologi dan informasi), berkantor pusat di Guangdong, umur 41 tahun, kelahiran Guangdong.

8. Wu Yajun & family (US$ 6,0 milyar)
Nama perusahaan Longfor Properties, bidang industri properti, kantor pusat Beijing, umur 48 tahun, kelahiran Chongqing.

9. Xu Jiayin (US$ 5,5 milyar)
Nama perusahaan Evergrande Property, bidang industri properti dan soccer team (sepakbola), kantor pusat Guangdong, umur 54 tahun, kelahiran Henan.

10. Chen Lihua (US$ 5,4 milyar)
Nama perusahaan Fu Wah International, bidang properti, kantor pusat di Beijing, umur 71 tahun, kelahiran di kota Beijing.

Selain mempublikasikan orang-orang kaya di negeri Tirai Bambu tersebut, media Hurun juga menerbitkan data kota yang banyak ditempati oleh pengusaha kaya. Menurut Hurun Report, kategori milyuner adalah orang yang memiliki aset kekayaan di atas 1 milyar dollar Amerika atau sekitar 9,5 triliun rupiah. Berikut adalah 10 daftar kota dunia yang dihuni oleh orang-orang kaya:
  1. Moskow (Rusia) jumlah miliuner 76 orang
  2. New York (Amerika Serikat) jumlah miliuner 70 orang
  3. Hongkong (China) jumlah miliuner 54 orang
  4. Beijing (China) jumlah miliuner 41 orang
  5. London (Inggris) jumlah miliuner 40 orang
  6. Istanbul (Turki) jumlah miliuner 26 orang
  7. Mumbai (India) jumlah miliuner 24 orang
  8. Shanghai (China) jumlah miliuner 24 orang
  9. Paris (Prancis) jumlah miliuner 23 orang
  10. Shenzen (China) jumlah miliuner 22 orang

Demikian sekilas gambaran tentang pengusaha-pengusaha tajir di China tahun 2012 dan deretan kota dunia tempat para milyarder bermukim versi Hurun Report.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait