Aneka Usaha Camilan Berbahan Rumput Laut

Rumput laut semakin menjadi trend sebagai salah satu sumber makanan yang penuh dengam nutrisi. Banyak negara yang memanfaatkan daerah panjang pesisirnya untuk dibudidayakan rumput laut, termasuk juga negara Indonesia. Rumput laut memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan manusia. Selain sebagai sumber makanan, rumput laut juga diolah untuk produk kesehatan, produk kecantikan, dan produk-produk lain yang dibuat oleh industri berskala besar.

Nah, bagimanakah jika kita adalah seorang wirausahawan kecil yang tak punya modal banyak namun tertarik dengan usaha pemanfaatan rumput laut? Ada baiknya kita mulai membangun kerajaan bisnis rumput laut tersebut dengan pembutan produk rumput laut yang sederhana saja dulu. Berikut adalah beberapa produk usaha yang dibuat dari bahan rumput laut:

usaha pembuatan jelly rumput laut1. Jelly Rumput Laut
Bahan-baham yang perlu disediakan: rumput laut 500gr; gula pasir 500gr; gelatin 100gr; sirup glukosa 250gr; asam sitrat 1sdt; perasa dan pewarna secukupnya; air.

Cara membuat jelly dari bahan rumput laut:
Rumput laut direndam selalam 3-4 hari untuk menghilangkan rasa air laut. Setiap hari air rendaman harus diganti dengan air baru. Setelah perendaman, selanjutnya rumput laut dihancurkan dengan cara diblender seperti membuat jus buah, dan jangan sampai lupa tambahkan sedikit air. Hasil blenderan tersebut kemudian direbus hingga agak mengental. Kemudian sambil diaduk-aduk, tambahkan gula pasir, asam sitrat, perasa, dan juga pewarna makanan. Sebelum jelly diangkat dari panci perebus, jangan lupa untuk menambahkan larutan gelatin. Setelah adonan mulai mengental, tuangkan ke dalam cetakan dan biarkan agar menjadi dingin. Setelah itu jelly rumput laut siap dikemas untuk dijual.

2. Permen Rumput Laut
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat permen rumput laut, antara lain: rumput laut jenis segressum 500gr, gula pasir 400gr, air secukupnya, perasa (ecenssa) dan pewarna sesuai selera.

Cara membuat permen rumput laut: 
Pertama buat adonan blender seperti proses di atas. Jangan lupa untuk melakukan proses pencuian dan perendaman selama 2-3 hari sebelum rumput laut tersebut diblender. Setelah itu masak adonan rumput laut dengan menggunakan api sedang. Saat proses merebus tersebut, tambahkan bahan gula, perasa dan pewarna hingga adonan menjadi kental dan kalis. Kemudian angkat adonan permen dan tuangkan pada cetakan. Jika hasil cetakan terlalu besar untuk dikemas, potong kecil-kecil sesuai dengan yang diinginkan. Setalah itu simpan pada lemari es selama satu hari. Esoknya, jemur permen rumput laut selama 8-12jam dibawah mentari untuk membuatnya lebih tahan lama dan awet dari tumbuhnya jamur. Taburkan juga campuran tepung gula dan tapioka pada permukaan permen untuk menyerap kandungan air sehingga permen tidak dalam kondisi lembab ketika dibungkus atau dikemas.

3. Dodol Rumput Laut
Dodol adalah salah satu kue khas tradisional Indonesia yang berbahan tepung beras ketan dengan campuran gula merah atau gula pasir dan dibungkus dengan kulit jagung. Namun, kue dodol kini dibungkus dalam kemasan modern dengan berbagai varian rasa. Dodol yang paling terkenal enaknya adalah Dodol Garut. Dan ternyata rumput laut pun bisa diolah sebagai bahan pembuatan dodol. Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat dodol rumput laut antara lain: rumput laut jenis Eucheuma Cottonii 1/2 kg, gula pasir 1/2kg, tepung ketan/terigu 100 gr, garam, vanili, dan pewarna hijau serta air secukupnya.

Cara membuat dodol rumput laut:
Seperti biasa, langkah awal adalah membuat bahan rumput laut tersebut berasa tawar dan bersih dengan melakukan proses pencucian dan perendaman selama tiga hari. Kemudian rumput laut dipotong-potong kemudian diblender. Langkah selanjutnya, rumput laut dimasak dengan air, perbandingan antara air dan rumput laut adalah 2 banding 1. Setelah adonan terasa mengental, masukkan gula pasir, garam, vanili, dan pewarna. Aduk terus hingga rata dan menjadi sangat kental. Agar menjadi lebih legit dan kalis (tidak lengket di tangan), tambahkan larutan air tepung ketan ke dalam adonan. Aduk terus agar adonan dodol menjadi halus dan kental. Setelah matang, angkat dodol dan biarkan menjadi dingin. Dodol rumput laut siap dikemas sesuai dengan selera anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait