Aneka Jenis Metode Periklanan

Periklanan menjadi salah satu jalan dalam mengenalkan dan mempromosikan produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Menurut beberapa dugaan, periklanan telah ada jauh sebelum era modern, misalnya lukisan di gua-gua oleh manusia purba dianggap sebagai cikal bakal bentuk promosi (advertising), kemudian ada juga tulisan-tulisan yang dimuat pada daun papyrus oleh bangsa Mesir, serta reruntuhan banguanan di Pompeii (Romawi kuno) mengindikasikan bahwa periklanan sudah dikenal oleh bangsa di sana.

Pesatnya kemajuan zaman, membuat iklan dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk dan aneka media yang digunakan. Berikut adalah beberapa jenis metode periklanan yang umum digunakan oleh para pelaku bisnis:

advertising periklanan1. Iklan Cetak 
Iklan cetak atau print advertising adalah bentuk kampanye iklan yang biasa dilakukan pada media kertas, kain, plastik, dan lainnya. Iklan ini banyak terdapat pada koran, majalah, pamflet, brosur, buklet, dan sebagainya.

2. Periklanan Gerilya
Metode ini sudah lazim digunakan dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Pebisnis biasanya menyelanggarakan event-event tertentu untuk menarik orang-orang agar menghadiri acara yang diselenggarakan, misalnya lomba mewarnai yang hadiah utamanya adalah produk yang ingin dipasarkan. Dengan demikian promosi produk tersebut akan menyebar dari mulut ke mulut dan jejaring sosial. Kunci kesuksesan metode advertising ini adalah kreatifitas, inovasi, serta waktu (timing) yang tepat.

3. Broadcast Advertising
Metode periklanan yang memanfaatkan saluran brodcasting seperti televisi dan radio merupakan bentuk periklanan yang paling luas jangkauannya. Sayangnya untuk beriklan dengan media ini cukup menguras biaya. Bayangkan saja dalam sekali tayang, iklan yang berdurasi setengah menit pada sebuah acara televisi bisa memerlukan anggaran jutaan rupiah.

4. Outdoor Advertising
Iklan luar ruangan adalah segala bentuk periklanan yang bisa kita lihat di luar rumah, seperti di jalan raya, di taman, di depan gedung, dan sebagainya. Outdoor advertising umumnya berukuran besar agar mudah terlihat oleh orang yang lalu lalang.

5. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat atau public service advertising (PSA) adalah iklan-iklan yang dibuat bukan untuk tujuan komersial, tetapi lebih bertujuan untuk kepentingan sosial, misalnya mengajak dan mendidik masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

6. Product Placement Advertising
Metode periklanan ini memanfaatkan berbagai moment yang menarik untuk menempatkan produk yang dipasarkan, meskipun tidak secara terang-terangan menyebutkan produk yang dimaksud. Misalnya dalam sebuah film, seorang aktor berakting menggunakan handphone merek tertentu, walaupun sang aktor sama sekali tidak pernah sekalipun membahas ponsel tersebut. Para penonton yang menyaksikan film tersebut tentu akan terprovokasi oleh merek tersebut.

7. Online Advertising
Ikan ini adalah iklan yang muncul di situs-situs internet. Metode periklanan online muncul seiring progresivitas dunia internet. Online advertising menjadi salah satu urat nadi dalam perkembangan world wide web.

8. Mobile Advertising
Mobile advertising adalah metode periklanan yang memanfaatkan ponsel dan mobile device lainnya, seperti komputer tablet, book reader, dan perangkat elektronik potabel lainnya melalui koneksi internet. Jika anda pernah menggunakan ponsel Android, maka iklan ini sering muncul pada status bar atau pada aplikasi yang diunduh pengguna.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait