5 Perusahaan Favorit bagi Para Pekerja

Setiap perusahaan mempunyai karakteristik dan keunikan masing-masing yang menjadikan perusahaan tersebut memiliki citra tersendiri di mata karyawan, mitra bisnis, para kompetitor, dan juga pandangan masyarakat umum. Ada beragam kesan yang diterima oleh masing-masing pihak, ada yang menyatakan sebagai perusahaan yang bagus, ada yang beranggapan sebagai perusahaan yang sangat sosial, atau ada pula yang memandangnya sebagai perusahaan yang buruk. Semua impresi tersebut datang dari sudut pandang masing-masing.

Sebuah perusahaan yang bagus tentu akan memberi kesan yang baik sehingga menjadi incaran bagi para pegawai, mitra bisnis dan para pencari kerja untuk ikut bergabung ke dalamnya. Lalu perusahaan mana yang paling difavoritkan oleh para karyawan (employees)? Berdasarkan survey yang dilakukan oleh glassdoor.com pada akhir 2012 lalu kepada setengah juta pekerja di Amerika yang berasal dari banyak negara, inilah lima perusahaan dunia yang difavoritkan para pekerja tahun 2013:

1. Facebook
kantor facebook
Untuk kedua kalinya, Facebook difavoritkan oleh para pekerja sebagai tempat terbaik untuk bekerja. Dengan gaji yang tinggi, tempat kerja yang nyaman, prospek perusahaan yang bagus, dan dipimpin oleh seorang pemuda yang penuh talenta, tentu membuat perusahaan ini sangat disukai oleh para pegawai (employees) di seluruh dunia, khususnya di Amerika. Seorang karyawan yang bekerja di bidang Sofware Engineer di Facebook company digaji sebesar $114.000 per year atau sekitar 1,083 milyar rupiah tiap tahunnya. Perusahaan yang dinahkodai oleh Mark Zuckerberg tersebut mendapat rating 4,7 dari nilai tertinggi 5,0 yang artinya perusahaan yang sangat memuaskan bagi pekerja.

2. McKinsey & Company
McKinsey
McKensey & Company, Inc. adalah sebuah peruasahaan yang berfokus pada jasa pelayanan konsultan bisnis, baik untuk perusahaan swasta, perusahaan pemerintah ataupun untuk sebuah institusi tertentu. Perusahaan yang berkantor pusat di New York tersebut telah mempekerjakan lebih dari 17.000 karyawan termasuk 9.000 konsultan di seluruh dunia. McKensey & Company telah berdiri sejak tahun 1926 oleh James McKensey yang merupakan seorang profesor di sebuah universitas di Chicago. Kini perusahaan yang memberikan gaji sebesar $104.000/tahun kepada para konsultannya  tersebut telah menjadi salah satu tempat favorit para pencari kerja dengan rating 4,5.

3. Riverbed Technology
kantor riverbed
Riverbed Technology adalah sebuah perusahaan industri teknologi yang memproduksi perlengkapan komputer dan sejenisnya. Dibangun pada tahun 2002 sebagai sebuah perusahaan start-up, Riverbed Technology yang berlokasi di San Franscisco telah menjelma sebagai perusahaan besar yang difavoritkan para pencari kerja. Dengan gaji sebesar 105.000 dollar tiap tahunnya, membuat Riverbed Technology diimpikan para pencari kerja dengan perolehan rating 4,5.

4. Bain & Company
Bain & Company
Bain & Company telah mempekerjakan lebih dari 6.000 tenaga kerja di seluruh dunia. Sama seperti McKinsey, perusahaan ini juga bergerak pada bidang jasa konsultasi bisnis. Bain & Company didirikan pada tahun 1973 dan berkantor pusat di Boston, Amerika Serikat. Kini perusahaan yang memberikan gaji  sekitar $125.000/year untuk para konsultannya tersebut telah memiliki kantor cabang di 31 negara di dunia. Rating yang diberikan para responden adalah 4,3.

5. M.D Anderson Cancer Center
rumah sakit kanker amerika anderson
Di posisi ke lima adalah sebuah institusi yang berfokus pada penanggulangan dan pengobatan penyakit kanker. M.D Anderson Cancer Center yang berkantor pusat di Houston, Texas, merupakan sebuah pusat kesehatan dan rumah sakit terbaik di Amerika Serikat menurut hasil survey U.S News & World Report. Dengan gaji (salary) yang tinggi, tempat kerja yang nyaman, dan bergerak di bidang kemanusiaan dan kesehatan, menjadikan M.D Anderson Cancer Center banyak diidam-idamkan oleh pencari kerja dengan nilai 4,3 dari 5,0.

Demikianlah lima perusahaan global sebagai tempat terbaik untuk bekerja dan mengembangkan karir serta keahlian. Sementara di posisi ke enam hingga sepuluh berturut-turut adalah: Google, Edelman, National Instruments, In-N-Out Burger, dan Boston Consulting Group. 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait