5 Aplikasi Bisnis Gratis untuk Android & iPhone

Di era smartphone ini, ponsel bukan hanya sekedar dijadikan sebagai media untuk call, sms, kirim email, dan main games semata, tetapi harus dimanfaatkan untuk membantu rutinitas kerja dan juga kegiatan pengembangan bisnis. Empat jenis ponsel pintar yang didasarkan atas sistem kerja otaknya, yaitu iPhone, Android, Blackberry, dan juga Windows Phone, merupakan deretan ponsel pintar yang disokong oleh ribuan aplikasi, mulai dari aplikasi hiburan, aplikasi kesehatan, aplikasi permainan, aplikasi foto hingga aplikasi untuk para pebisnis.

Berikut adalah 5 aplikasi bisnis yang bisa anda manfaatkan dalam smartphone anda:

1. Mint.com
Aplikasi Mint.com adalah sebuah aplikasi financial management. Aplikasi ini telah dipakai lebih dari 10 juta pengguna. Beberapa keunggulan aplikasi mint.com adalah dapat melihat neraca transaksi dalam satu lokasi, menggunakan fitur kemanan enkripsi browsing, yaitu SSL 128-bit yang banyak dipakai oleh bank, serta otomatis mengupdates data-data financial yang telah anda catat dalam aplikasi tersebut. Tersedia untuk iOS dan Android secara gratis. 

2. Dropbox
Dropbox merupakan sebuah layanan penyimpanan dokumen secara online (file storage). Dengan aplikasi Dropbox, anda dapat mengatur dan menyimpan dengan mudah segala bentuk file dokumen, foto, dan video koleksi pribadi ataupun milik perusahaan anda. Jika anda membutuhkan sebuah file yang pernah anda hapus, maka Dropbox punya copyannya. Aplikasi ini dapat anda nikmati secara gratis, selama anda hanya menggunakan kapasitas penyimpanan tidak lebih dari 18GB.

3. Evernote
Bagi anda seorang pekerja kantoran ataupun entrepreneur, aplikasi editing dokumen merupakan hal wajib yang harus terinstal di smartphone anda. Evernote merupakan aplikasi document editing yang paling populer, meskipun program ini telah mulai mendapat saingan dari berbagai developer, misalnya Google Keep. Dengan penggunaan teknologi cloud yang canggih, anda bisa berbagi rekaman ataupun catatan data perusahaan anda dengan mudah kepada rekan sekantor.

4. Skype
Para pengguna ponsel pintar tentu telah akrab dengan aplikasi keren ini. Aplikasi Skype memungkinkan anda bisa berkomunikasi dengan orang di berbagai belahan dunia, baik lewat voice, video call, dan chat memakai instant messaging. Dengan perantara jalur internet, anda dapat berkomunikasi dengan rekan-rekan bisnis anda di luar negeri tanpa harus khawatir dengan biaya telepon yang mahal.

5. Square
Transaksi online dengan menggunakan mobile device tahun 2012 diperkirakan telah mencapi $171,5 milyar. Dan hal inilah yang menjadi daya tarik bagi para developer untuk menciptakan aplikasi ponsel yang dapat membantu kelancaran transaksi online. Selain Google Wallet, salah satu aplikasi monetary transactions yang banyak didownload oleh pengguna iPhone dan Android adalah aplikasi Square. Dengan aplikasi Square, anda dapat menerima transaksi dari berbagai macam kartu kredit, sudah pluggin dengan card reader, dan segala transaksi pada hari kerja langsung tersimpan/terpotong di rekening bank.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait