4 Cara Mempromosikan Bisnis dengan Memanfaatkan Blog

Blog telah menjadi salah satu trend besar dalam dunia internet. Diperkenalkan pertama kali oleh Pyra Labs dengan nama aplikasinya Blogger yang kemudian diakuisisi oleh Google tahun 2002, kegiatan 'ngeblog' kemudian menjadi populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, apalagi layanan tersebut diberikan secara gratis. Sejak saat itu, dunia internet bagi sebagian masyarakat umum bukan lagi dianggap sebagai hal yang sulit untuk dipahami. Dari tahun ke tahun penyedia layanan blogging terus bertambah, seperti wordpress, multyplay, myspace, hubpages, dan sebagainya.

Seiring perkembangannya, konten atau isi artikel yang ditulis oleh para blogger dalam blognya masing-masing bukan lagi hanya sekedar kisah hidup mereka sehari-hari (diary), tetapi berisi beragam informasi yang dapat menjadi rujukan bagi para pembacanya.

blog untuk bisnisDari tahun-tahun, jumlah orang yang memanfaatkan blog baik untuk tujuan bisnis maupun non-komersiil semakin bertambah, seiring semakin bertambahnya pengguna internet. Oleh sebab itu, memanfaatkan blog merupakan salah jalan dalam memperkenalkan produk usaha, memperluas jaringan bisnis, hingga meningkatkan pemasaran. Ada empat cara yang umumnya dilakukan untuk memperkenalkan bisnis usaha yang sedang dijalankan terkait dengan memanfaatkan blog, yaitu:

1. Membuat Blog Sendiri
Dengan mengeluarkan biaya sekitar 100ribu rupiah per tahun untuk membeli sebuah nama domain agar lebih terkesan profesional, banyak pengusaha mandiri yang berhasil memperluas dan meningkatkan transaksi penjualan produknya. Agar blognya semakin banyak dikunjungi orang, para pengusaha/pebisnis mandiri tersebut selalu menulis artikel-artikel menarik yang terkait dengan produk atau jasanya.

2. Menulis Komentar
Cara lain dalam memanfaatkan media blog untuk memperkenalkan bisnis adalah menuliskan komentar pada blog-blog milik orang lain. Dalam penulisan komentar tersebut, disisipkan pula kalimat-kalimat yang mempromosikan usahanya termasuk alamat website atau nomor telepon, email, dsb. Jadi jika blog tersebut punya banyak visitor, tentu sangat bagus sebagai media promosi.

3. Menulis Artikel Mini
Sama seperti halnya dengan menulis komentar pada blog-blog orang lain, menulis artikel mini juga salah satu cara memanfaatkan blog untuk tujuan bisnis. Banyak pebisnis mandiri atau pengusaha kecil yang melakukan trik ini. Artikel pendek tersebut dipostingkan pada website-website besar yang menyediakan layanan penulisan blog, misalnya detik (dot) com, kompasiana (dot) com, vivanews (dot) com, dan sebagainya. Jadi dengan memanfaatkan kepopuleran situs-situs besar tersebut, para pebisnis kecil bisa berbagi informasi sekaligus melakukan promosi usaha.

4. Kompetisi Penulisan Blog
Trik pemanfaatan blog ini banyak dilakukan oleh pengusaha-pengusaha besar dalam memperkenalkan produk barunya sekaligus sebagai media advertising. Dengan mengadakan lomba menulis artikel dalam blog dengan tema yang berkaitan dengan produknya, maka dengan sendirinya brand yang sedang dipasarkan tersebut akan semakin populer karena dipromosikan oleh banyak blogger.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait