10 Perusahaan Dunia yang Paling Inovatif

Salah satu ciri perusahaan yang memiliki prospek cerah dan diminati oleh para pekerja dan invenstor adalah perusahaan yang penuh dengan inovasi. Inovasi dalam penciptaan produk, layanan dan marketing, membuat sebuah perusahaan mampu memenangkan kompetisi bisnis. Menurut data yang diambil dari Forbes pada Maret 2013, ada 10 perusahaan global yang didaulat sebagai perusahaan yang paling inovatif dan diprediksi memiliki profit yang besar di masa mendatang.

Menurut situs Forbes, metode yang dipakai dalam menentukan daftar perusahaan yang inovatif tersebut diantaranya dengan melakukan vote kepada para eksekutif dari berbagai perusahaan, pendapat dari para investor global, serta seberapa besar keinginan para penanam modal untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Berikut adalah 10 perusahaan global yang paling inovatif:

10. ARM Holding
ARM Holding adalah sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai softwere, aplikasi, prososer dan juga beberapa perangkat elektronik. Banyak produk komputer ataupun tablet book yang otak kerjanya dimotori oleh teknologi prosesor ARM. Perusahaan asal Inggris ini telah mempekerjakan lebih dari 2.000 karyawan di seluruh dunia dengan keuntungan mencapai 174,9 juta dollar.

9. Larsen & Toubro
Larsen & Toubro adalah sebuah perusahaan layanan jasa  konstruksi yang bermarkas di India. Larsen & Toubro didirikan tahun 1938 dan kini telah mempekerjakan lebih dari 45.000 orang. Perusahaan yang memiliki total aset sebesar 21,12 Milyar dollar tersebut menggeluti tiga bidang usaha utama, yaitu enginering dan konstruksi, bidang listrik dan elektronik, serta pada segmen mesin dan produk industri.

8. Edwards Lifesciences
Edwards Lifesciences adalah sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang fokus memproduksi berbagai peralatan medis untuk penyakit jantung. Perusahaan yang dinahkodai oleh Michael Musallem tersebut memiliki karyawan sebanyak 7.000 orang. Edwards Lifesciences Corporation dalam satu tahun terakhir telah mampu mencapai pertumbuhan penjualan sebesar 13,1%.

7. Rakuten
Rakuten merupakan salah satu perusahaan besar yang menyediakan penjualan produk secara online. Perusahaan asal Jepang ini juga sudah familiar di Indonesia sebagai sebuah toko online yang bagus. Rakuten didirikan pada tahun 1997 dan kini telah memiliki aset lebih dari 24 milyar dollar Amerika.

6. Intiutive Surgical
Intuitive Surgical adalah sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang memproduksi berbagai peralatan dan perlengkapan medis. Perusahaan ini telah menciptakan produk inovatif da Vinci Surgical System yang mampu membantu para dokter bedah dalam menangani dan mengoperasi pasein. Perusahaan yang bermarkas di California tersebut saat ini telah memiliki Market Cap sebesar 20,84 milyar dollar.

5. Baidu
Baidu, di negeri asalnya China, merupakan saingan berat bagi mesin pencari Google. Hal tersebut tidak terlepas dari inovasinya dalam menggunakan bahasa dan huruf China yang lebih baik dari Google dalam menampilkan halaman pencarian. Perusahaan yang bergerak di bidang Computer Services ini, telah memiliki jumlah karyawan lebih dari 10.000 orang di seluruh dunia.

4. Red Hat
Red Hat, sebuah perusahaan yang berlogo topi merah, adalah sebuah perusahaan yang bergerak di industri software dan programming. Red Hat yang bermarkas di Calorina utara tersebut menyediakan berbagai aplikasi perangkat lunak dan solusi untuk berbagai perusahaan, misalnya Red Hat Enterprise Linux & JBoss Enterprise Middleware.

3. Amazon.com
Amazon.com adalah raksasa toko online di dunia. Berbagai jenis barang ditawarkan melalui websitenya. Banyak blogger yang sukses meraup dollar melalui program afiliasinya. Amazon.com inc kini telah mempekerjakan karyawan lebih dari 56.000 orang di seluruh dunia. Perusahaan yang bermarkas di kota Washington ini mempunyai aset usaha sebesar 25,28 milyar dollar.

2. Alexion Pharmaceuticals
Di urutan ke dua perusahaan yang paling inovatif adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang biofarmasi. Alexion Pharmaceuticals banyak mengembangkan dan mendistribusikan soliris, yaitu obat termahal di dunia untuk anti bodi. Perusahaan yang berdiri tahun 1992 tersebut kini dipimpin oleh Leonard Bell dengan market cap sebesar 16,56 milyar dollar.

1. Salesforce.com
perusahaan paling inovatif di dunia
Dan posisi pertama perusahaan yang paling inovatif adalah Salesforce.com yang berkantor utama di San Francisco, Amerika Serikat. Salesforce.com adalah perusahaan yang bergerak di bidang software dan pemrograman, terutama dalam menyediakan layanan komputasi awan bagi perusahaan-perusahaan. Berbagai layanan dan produk yang inovatif menjadikan perusahaan ini banyak diminati oleh para penanam modal. Perusahaan yang tahun 2011 juga didaulat sebagai The Most Innovative Companies in The World tersebut, kini memiliki aset kekayaan sebesar 4,16 milyar dollar.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait