10 Merek (Brand) yang Paling Powerful

Sebuah merek (brand) yang menjadi identitas dari sebuah perusahaan atau pun produk memiliki peran vital dalam perkembangan suatu perusahaan. Meskipun kemenangan dalam kompetisi bisnis banyak ditentukan oleh strategi, taktik, dan juga inovasi perusahaan, namun pemilihan nama atau brand bagi sebuah perusahaan/produk tidak dapat dipandang hanya sekedarnya saja.

brand merek paling powerfulSebuah nama (brand/merek) yang tepat untuk suatu perusahaan ataupun produk usaha dapat menjadi amunisi dalam upaya merajai bidang bisnis yang digeluti, dan bahkan bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Berikut adalah sepuluh besar brand/merek yang paling powerful. Merek yang powerful dapat diartikan sebagai merek yang memiliki nilai jual yang tinggi dan berpengaruh besar terhadap persepsi konsumen.

10. Cisco
Cisco System merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada teknologi informasi dan komunikasi. Cisco berkantor pusat di California, Amerika Serikat dengan mempekerjakan lebih dari 71.000 pegawai. Perusahaan yang berdiri tahun 1984 tersebut menyediakan berbagai layanan data, video streaming, komunikasi, dan juga internet network untuk korporat dan privat. Nilai jual merek Cisco diperkirakan sebesar 26,3 milyar dollar. Artinya bagi anda yang berminat ingin membeli mereknya saja (tidak termasuk aset perusahaan), anda harus membayar sebesar 249,85 triliun rupiah. Dengan jumlah uang tersebut, anda bisa membeli lebih dari 60 unit pesawat penumpang Airbus380.

9. BMW
Apa yang anda bayangkan bila mendengar kata BMW? Sudah pasti adalah mobil sedan mewah. Merek BMW begitu sangat terkenal dan familiar di seluruh dunia, bahkan di Indonesia akronim BMW sering digunakan untuk lelucon dalam menyebutkan motor-motor keluaran tahun 70an yaitu Bebek Merah Warnanya. Merek perusahaan yang berasal dari Jerman ini ditaksir bernilai sama dengan Cisco. Apakah anda tertarik membeli merek Bayerische Motoren Werke alias BMW sekaligus logonya dengan harga triliunan rupiah?

8. General Electrict
Di urutan ke delapan brand yang paling powerful adalah General Electrict (GE), sebuah perusahaan yang memiliki bidang usaha yang beragam, mulai dari perlengkapan rumah, infrastruktur energi, infrastruktur teknologi, hingga bisnis financial. Perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat dan berdiri sejak tahun 1892 tersebut, ditaksir mereknya bernilai 33,7 milyar dollar.

7. McDonald's
Brand perusahaan ini juga sangat terkenal di seluruh dunia. McDonald's yang telah berdiri sejak tahun 1955 dalam bidang usaha restaurant dan makanan cepat saji kini mempekerjakan sekitar 420 ribu orang di seluruh dunia. Nilai jual brand tersebut diperkirakan 37,4 milyar dollar.

6. Intel
Yang punya komputer tentu sudah sangat mengenal dengan merek ini. Intel adalah sebuah brand perusahaan yang berfokus pada bidang teknologi, terutama memproduksi chip bagi prosesor-prosesor komputer. Perusahaan yang bermarkas di Santa Clara, California tersebut bernilai 32,3 milyar dollar untuk lisensi mereknya saja.

5. Google
Brand ini sebenarnya tercipta akibat salah tulis saat pendaftaran merek. Awalnya adalah Googol yang artinya bilangan 10 berpangkat 100 yang merupakan cerminan dari jumlah hasil pencarian Search Engine ciptaan Larry Page dan Sergey Brin. Kemudian mesin pencari ini menjadi begitu banyak dipakai oleh para pengguna internet, sehingga sangat populer. Kini perusahaan Google semakin berkembang dengan menciptakan berbagai produk inovatif seperti Android, Google Map, Google Glass, Google Plus, Chrome, dan sebagainya. Dan sekarang, brand value Google adalah 37,6 milyar dollar.

4. IBM
International Business Machines Corporation adalah sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang teknologi dan informasi. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1911 tersebut melakoni berbagai segmen usaha, misalnya teknologi bisnis global, software, dan juga teknologi solusi financial. Kini brand IBM bernilai 48,5 milyar dollar.

3. Coca-Cola
Merek perusahaan minuman (beverage) ini telah begitu terkenal di seluruh negara, bahkan produk-produknya juga sangat membumi, misalnya Diet Coke, Sprite, dan Fanta. Perusahaan Coca-cola telah mempunyai lisensi lebih dari 500 merek beverages nonalcoholic. Kini merek Coca-cola setara dengan 50,2 milyar dollar.

2. Microsoft
Inilah merek yang membuat pemiliknya, Bill Gates, menjadi salah satu miliuner dunia. Perusahaan yang memproduksi berbagai software dan teknologi komputer tersebut kini mempekerjakan sekitar 90 ribu karyawan di seluruh penjuru dunia. Harga merek Microsoft ditaksir sebesar 54,7 milyar dollar.

1. Apple
Siapa yang bakalan nyangka, nama buah apel (Apple) kini menjadi merek yang paling powerful dan paling mahal di dunia. Tidak ada yang tahu pasti mengapa perusahaan yang memproduksi gadget-gadget canggih tersebut diberi nama yang sangat simpel, Apple. Namun yang jelas, nama brand Apple bagi perusahaan yang telah menciptakan iPhone, iMac, iPad, dan iPod tersebut, ternyata bernilai ratusan triliun rupiah, tepatnya 87,1 milyar dollar.

Demikianlah 10 merek perusahaan yang paling powerful. Ternyata memilih sebuah merek atau brand untuk nama perusahaan ataupun untuk produk sangatlah penting. Ayo baca tips memilih nama perusahaan bagi usaha anda di sini!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait