10 Jenis Hadiah (Rewards) untuk Pelanggan Anda

Pemberian hadiah atau reward merupakan salah satu strategi dalam marketing bisnis. Tujuannya adalah untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan, sebagai daya tarik untuk menjaring konsumen baru, meningkatkan omzet usaha, sebagai wujud rasa terima kasih, dan sekaligus juga sebagai media promosi usaha. Ada banyak jenis benda atau barang yang bisa digunakan sebagai hadiah / reward untuk para konsumen.

Anda mungkin pernah tertarik untuk membeli suatu barang karena ada reward tertentu, misalnya voucher gratis, cashback, poin diskon, undian berhadiah, atau hadiah langsung lainnya, seperti handphone, tiket liburan, souvenir cantik, dan lainnya. Semakin besar nilai hadiahnya, maka semakin tinggi daya tariknya. Lalu bagaimana jika seandainya usaha anda tergolong usaha kecil yang tidak mampu menyediakan hadiah yang eksklusif?

hadiah rewards untuk konsumenJangan kuatir, ada berbagai jenis barang yang bisa dijadikan sebagai hadiah/reward untuk konsumen anda, sekaligus juga sebagai media promosi usaha. Bagi anda yang punya usaha kecil menengah, berikut adalah 10 jenis pilihan hadiah menarik dengan budget kecil untuk para konsumen anda:

1. Potongan Harga
Siapa sich yang nggak senang diberikan diskon. Jika konsumen anda berbelanja dalam jumlah besar, atau konsumen tersebut adalah pelanggan setia anda, maka anda bisa memberikan diskon dalam jumlah tertentu.

2. Kalender
Banyak perusahaan yang menyediakan hadiah berupa kalender cetak untuk para konsumennya dengan budget sekitar Rp 5.000 per kalender. Agar lebih efektif, jangan lupa untuk mencetak nama dan logo perusahaan anda di setiap halaman kalender tersebut.

3. Baju Kaos
Hadiah lain yang bisa diberikan kepada para konsumen sekaligus dapat dijadikan media advertising yang efektif adalah baju kaos. Jangan lupa untuk menyablon nama perusahaan anda di bagian belakangnya. Ketika seseorang memakai kaos tersebut, maka perusahaan anda akan semakin dikenal. Budgetnya sekitar 15ribu rupiah.

4. Jam Dinding
Hadiah berupa jam dinding juga merupakan salah satu hadiah yang menarik. Gantilah gambar background jam dinding tersebut dengan nama atau foto tempat usaha anda. Anggarannya sekitar 15ribu hingga 20ribu rupiah per unitnya.

5. Payung Cantik
Bila musim hujan tiba, pilihlah payung sebagai hadiah bagi konsumen anda. Gunakan jasa percetakan kain untuk mencantumkan nama perusahaan anda pada salah satu sisinya. Biaya yang perlu dipersiapkan sekitar 20ribu rupiah.

6. Gantungan Kunci
Hadiah ini cocok diberikan kepada konsumen yang berusia muda. Mereka biasanya menjadikan gantungan kunci tersebut sebagai aksesoris di tas dan kunci motor. Dengan logo perusahaan yang terukir pada hadiah tersebut, maka perusahaan anda akan semakin banyak dikenal orang. Biaya pembuatannya sekitar 3ribu sampai 10ribu rupiah.

7. Buku
Buku merupakan salah satu barang yang bisa dijadikan hadiah dengan penggunaan budget yang minim. Anda bisa memilih buku tulis, buku notulen, atau buku agenda yang covernya adalah foto dan profil usaha anda.

8. Topi
Sama seperti dengan baju kaos, topi juga merupakan salah satu hadiah yang memiliki fungsi periklanan yang manjur. Ketika beberapa pelanggan memakai topi berlogo usaha anda, maka dengan sendirinya mereka membantu kampanye / promosi usaha anda.

9. Mug (cangkir atau gelas)
Pilihan lain yang dapat anda gunakan dalam memberikan reward yang efektif untuk promosi usaha adalah cangkir gelas atau mug. Gunakan jasa sablon mug untuk memberi label perusahaan anda. Anggaran yang perlu disediakan untuk membuat hadiah ini berkisar antara 20ribu hingga 50ribu rupiah per buah.

10. Hadiah sesuai dengan bidang usaha yang digeluti
Jika anda tidak punya dana untuk menyediakan pilihan hadiah tersebut, maka gunakan saja produk usaha anda. Misalnya anda memiliki usaha toko menjual alat-alat konstruksi, maka berikan saja hadiah berupa gergaji, centong, penggaris siku-siku, atau perkakas lainnya. Sementara jika anda bergelut dalam bidang jasa salon kecantikan, maka berikan saja bonus cuci rambut gratis untuk sekian kali berlangganan.

Demikanlah sepuluh macam hadiah yang bisa anda berikan kepada konsumen anda. Yang terpenting adalah anda mempunyai perencanaan alokasi anggaran yang jelas agar rewards tersebut tidak justru semakin memberatkan keuangan perusahaan anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait