Situs Pilihan Tempat Pasang Iklan Gratis

Sebagai seorang wirausaha, sudah barang tentu berkeinginan agar produk-produk dari usahanya tersebut diketahui dan dikenal oleh orang banyak, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan transaksi penjualan. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, maka langkah mendasar yang harus dilakukan adalah melakukan promosi dengan cara beriklan baik melalui media cetak (koran-majalah), iklan di radio, menyebarkan brosur-pamflet, beriklan di tv, memasang spanduk-baliho, dan juga lewat media internet.

Advertising melalui dunia internet bisa dilakukan dengan cara berbayar atau pun memilih yang gratis. Bila melakukan kampanye iklan yang berbayar, anda bisa memilih jaringan periklanan seperti Google adwords, kliksaya, yahoo!, IBN, dan puluhan pilihan lainnya. Iklan usaha anda tersebut akan disebarkan ke situs-situs yang bekerjasama dengan mereka, sehingga para pengunjung internet akan mengetahui produk usaha anda. Sementara untuk kampanye iklan yang gratis, anda bisa memanfaatkan facebook, blog, atau memasang iklan di berbagai situs pemasangan iklan yang ada di Indonesia. Di Indonesia, ada ratusan situs yang menyediakan layanan gratis bagi anda yang mau mengiklankan produk usaha baik hanya dengan teks saja atau pun ditambahkan gambar. Dari ratusan pilihan advertising sites tersebut, ada beberapa yang sudah memiliki nama besar dan menjadi tempat yang baik untuk promosi usaha anda, di antaranya:

1. Toko Bagus
logo toko bagus
Toko Bagus yang beralamat di tokobagus.com merupakan salah satu tempat periklanan terbesar di Indonesia. Perhari tak kurang dari 200ribu orang yang mengunjungi situs yang didirikan tahun 2005 ini. Anda bisa memasang iklan untuk menjual barang baru maupun bekas milik anda. Jika iklan yang anda buat bisa muncul di halaman depan, maka anda harus membeli point. 

2. Berniaga
logo berniaga
Situs tempat beriklan yang juga terkenal di Indonesia adalah Berniaga yang beralamat di www.berniaga.com. Situs ini merupakan produk dari PT. 701Search. Melalui situs ini, anda bisa mengiklankan produk anda secara gratis, namun sebelum iklan anda muncul, akan dicek terlebih dahulu oleh pihak Berniaga agar sesuai dengan aturan.

3. Kaskus
logo kaskus
Kaskus artinya Kasak Kusuk, merupakan sebuah situs komunitas dan forum terbesar di Indonesia. Jumlah anggotanya lebih dari 2 juta member. Situs yang awalnya sebagai tempat saling berbagi cerita dan hobi, kini juga merupakan tempat yang bagus untuk memasang iklan. Anda bisa memilih pemasangan iklan yang gratis ataupun berbayar. Kaskus juga memperkenalkan metode pembayaran gaya Kaskus, yaitu KasPay.

4. Bejubel
logo bejubel
Bejubel artinya Beranda Jual Beli, merupakan salah satu situs untuk memasang iklan produk atau barang yang anda tawarkan. Alamat situsnya di bejubel.com. Anda bisa memasang iklan secara gratis atau pun berbayar. Jika anda memasang iklan secara gratis, maka iklan akan tampil sementara di homepage sebagai new entry. Namun jika iklan anda ingin tampil lama di beranda depan, maka anda harus membayar dengan jumlah tertentu.

5. Alternatif Lain
IKLAN
Mumpung gratis, maka lakukan promosi iklan di berbagai tempat online. Selain ke empat di atas, ada banyak pilihan lainnya, antara lain: tokopedia.com, pasangiklangratisan.net, gampanglaku.com, bhineka.com untuk produk elektronik, mobil123.com untuk iklan mobil, olx.co.id, bukalapak.com, indonetwork.co.id, 88db.com, dan masih banyak lagi lainnya. Selamat beriklan!

Artikel Terkait