Ragam Usaha dengan Modal 5 Juta Rupiah


modal usaha
Faktor utama dalam membangun sebuah usaha adalah permodalan. Meskipun kita mempunyai ide-ide yang cemerlang, namun tanpa di dukung oleh ketersediaan biaya yang mencukupi, maka ide-ide tersebut mungkin akan tinggal impian belaka. Membangun sebuah usaha pada dasarnya harus disokong dengan modal yang lebih, artinya ada sekian persen yang dipakai sebagai dana cadangan. Namun sayangnya tidak semua calon wirausahawan mempunyai dana yang lebih ketika ingin membangun sebuah usaha, meskipun itu hanya usaha kecil. Modal yang tersedia hanya sekitar lima jutaan rupiah. Lalu apa yang bisa dilakukan dengan modal tersebut? Usaha apa yang anggaran permulaannya hanya butuh 5 jutaan rupiah? Berdasarkan pengalaman banyak wirausahawan, ada berbagai jenis bidang usaha yang bisa dibangun di Indonesia dengan jumlah modal kecil tersebut. Berikut disajikan beberapa jenis usaha dengan modal 5 jutaan rupiah. Modal yang terbatas tersebut hanya digunakan untuk  membeli peralatan dan bahan usaha, bukan termasuk pembangunan gedung atau sewa tempat, karena estimasi biaya lahan dan gedung di setiap daerah berbeda-beda, misalnya sewa ruko di Jakarta lebih mahal daripada di kota Pontianak. Berikut alternatif usaha untuk anda:

1. Bisnis Kuliner
Bisnis bidang makanan dan minuman adalah jenis usaha yang paling banyak dilakoni dengan modal lima jutaan rupiah tersebut. Yang dibutuhkan hanya keterampilan membuat makanan atau minuman dan tempat atau alat usaha, misalnya gerobak dorong. Ada banyak sekali pilihan usaha kuliner, tergantung menu yang anda sajikan, misalnya usaha keripik tahu, jualan bakso, sate, telor asin, nasi uduk, gado-gado, ayam kentaki, dan segudang pilihan lainnya. Demikian juga dengan usaha minuman rumah tangga.

2. Bisnis Pulsa
Bisnis pulsa juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Yang dibutuhkan hanya handphone, deposit pulsa dan mungkin juga kios kecil atau tanpa kios juga bisa. Ikuti panduannya disini.

3. Bisnis Jualan Fashion
Bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal lima jutaan. Anda tinggal membeli pakaian yang sudah jadi pada pusat produksi, kemudian menjual kembali lewat gerai yang anda sewa. Atau dengan menjadi member Sophie Martin.

4. Bisnis Parfum
Dengan membeli bibit parfum dan botol-botol kemasannya, ditambah keterampilan meracik wewangian tersebut, anda sudah bisa memulai usaha tersebut. Berikut adalah caranya.

5. Membuka Warung Klontong
Dengan uang 5 juta rupiah tersebut, anda bisa membeli barang dagangan untuk perlengkapan toko kecil anda. Produk-produk yang dijual antara lain kebutuhan rumah tangga, produk kecantikan, dan sebagainya.

6. Usaha Laundry
Untuk memulai usaha jasa cuci ini yang diperlukan minimal sebuah mesin cuci, detergen, pewangi, dan setrika. Anda bisa menggunakan bagian rumah anda untuk memjalankan usaha 5 jutaan tersebut. Ikuti tips-tipsnya di sini!

7. Usaha Peternakan
Seperti bisnis kuliner, usaha ini juga memiliki jenis yang beragam, misalnya usaha ternak ayam, ternak cacing, perikanan air tawar, ternak lele, dan sebagainya. Modal utamanya adalah ketersediaan lahan usaha.

8. Menjadi Mitra Waralaba
Ada banyak alternatif waralaba (franchise) yang bisa anda pilih untuk memulai membangun bisnis anda. Modal lima jutaan biasanya pada bidang usaha makanan dan minuman. Franchise waralaba dengan modal kecil bisa anda pada halaman berikut ini.

9. Usaha Warnet
Dengan membeli dua buah komputer yang berharga paling murah, apalagi dekstop bekas, dan dua buah modem CDMA, anda tentu sudah bisa memulai usaha warung internet sederhana. Namun itu belum termasuk sumber listrik dan meja kursi. Sebagai tambahan, anda bisa menerima jasa pengetikan. Simak cara memulainya di sini.

10. Usaha Cukur Rambut (Barber Shop)
Usaha jasa cukur rambut bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar, asalkan anda sudah punya tempat usaha. Anda perlu terampil gunting rambut, 2-3 mesin pemotong rambut yang harganya sekitar 500ribu rupiah, sisir dan cermin besar.

11. Bisnis Game Center
Untuk membuka usaha penyewaa game, anda bisa memulainya dengan peralatan terbatas, yaitu sebuah televisi yang harganya 1,5juta rupiah dan play station box dengan harga 3 jutaan rupiah. Lihat contohnya pada link ini! 

12. Usaha Kerajinan Tangan
Hal yang dibutuhkan dalam membangun usaha rumahan ini adalah ide kreatif, keterampilan, dan juga pemasaran. Banyak pengusaha kecil yang sukses berwirausaha menciptakan handicraft yang unik atau memanfaatkan barang-barang bekas. Berikut adalah ragam jenis usaha memanfaatkan barang bekas.

13. Jasa Selip
Usaha jasa dengan mesin selip atau pencacah yang bisa membuat tepung ataupun perontok padi dan jagung banyak kita jumpai di daera pedesaan. Harga mesinnya di bawah 5 juta rupia tergantung kapasitas mesinnya.

14. Bisnis Tanaman Hias
Jika anda mempunayi lahan yang cukup untuk meletakkan pot-pot tanaman, maka dengan modal 5 juta rupiah tersebut, anda telah bisa membangun bisnis nursery sederhana. Silahkan anda "berburu" bibit tanaman sebanyak-banyaknya di wilayah anda untuk menambah inventaris koleksi tanaman hias anda.

15. Bisnis Online
Bisnis online atau berbisnis di dunia internet memerlukan perangkat komputer dan modem. Ada banyak pilihan bisnis di internet, lihat caranya untuk para pemula.

Demikianlah beberapa alternatif pilihan usaha bermodal 5 jutaan rupiah. Untuk memilih yang terbaik bagi anda, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain : prospek usaha di wilayah anda, jumlah kompetitor, dan kemampuan anda dalam menjalankan usaha tersebut. Selamat berwirausaha, salam kerja & usaha!!!

Artikel Terkait