Program Afiliasi, Tambang Uang di Internet

Program Afiliasi dapat diibaratkan sebagai makelar di dunia internet. Program afiliasi adalah sebuah bentuk kerjasama antara sebuah perusahaan yang menjual produk atau jasanya secara online dengan pemilik blog atau situs. Para pemilik blog atau situs akan memasang link, banner iklan, ataupun informasi produk yang dijual oleh perusahaan tersebut, dan bila ada pengunjung situs yang mengklik link atau banner iklan tersebut hingga melakukan transaksi pembelian secara online, maka pemilik situs akan mendapatkan komisi penjualan sekian persen yang akan ditransfer ke rekeningnya.

Di dunia, ada ratusan pilihan program Afiliasi Marketing, baik yang skala lokal maupun internasional, namun yang paling cukup populer adalah Afiliasi Amazon, Commission Junction, LinkShare, Dynamic Trade, Agoda, dan sebagainya.

program afiliasi internet
Ada ribuan orang yang telah sukses mendatangkan ratusan dollar tiap bulannya karena program afiliasi yang mereka ikuti, namun banyak juga yang gagal dalam bisnis online ini. Mencari uang lewat internet memang bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi dalam pemasaran berbasis afiliasi. Dibutuhkan kerja keras untuk bisa mendulang rejeki lewat dunia maya tersebut.

Apa saja yang dibutuhkan untuk berbisnis dalam program afiliasi? Tentu yang utama adalah harus memiliki situs atau blog. Situs atau blog tersebut adalah tempat kita mengupload (menulis) artikel. Dengan mempunyai artikel yang banyak pada blog kita, tentu akan dapat mendatangkan trafik kunjungan yang banyak dari mesin pencari seperti Google dan Bing. Semakin banyak orang berkunjung ke situs kita untuk melihat informasi yang mereka cari, maka semakin besar pula peluang link/banner iklan afilasi yang diklik kemudian melakukan transaksi. Dengan begitu, jumlah komisi yang diperoleh tentu semakin banyak juga. Hal tersebut merupakan kunci sukses dalam bisnis afiliasi di internet. 

Bagaimana cara memulai bergabung dalam program afiliasi di internet ?

1. Buat Situs / Blog
Yang pertama, anda harus memiliki alamat situs atau blog tempat menulis artikel dan juga memasang banner iklan afiliasi. Untuk membuat suatu alamat situs blog , bisa secara berbayar atau pun gratis. Anda bisa memiliki blog gratis di www.blogger.com atau www.wordpress.com. Situs ini (kerjausaha.com) juga awalnya adalah gratisan.

2. Tulis Artikel (Konten) Sebanyak-banyaknya
Tulislah judul artikel sebanyak-banyaknya. Artikel-artikel yang ditulis hendaknya dalam satu tema, misalnya tentang teknologi, kuliner, otomotif, fashion, trevelling dan sebagainya. Jika perlu tema dipersempit lagi dalam satu niche, contohnya artikel-artikel bertema teknologi dengan niche tentang handphone. Ada baiknya artikel-artikel (konten) ditulis dalam bahasa Inggris, karena belum banyak afiliasi yang mendukung bahasa Indonesia, dan juga transaksi lewat internet di Indonesia masih rendah.

3. Lakukan Optimisasi Situs
Lakukan berbagai optimisasi agar situs anda mendapatkan kunjungan yang banyak (trafik tinggi), misalnya dengan melakukan backlink dan kampanye di jejaring sosial.

4. Pilih dan Daftarkan Situs Anda
Setelah mendapatkan trafik yang tinggi, maka daftarkan situs anda di situs program afiliasi pilihan anda, misalnya : amazon.com, agoda.com, clickbank.com, classesusa.com, www.cj.com, clickconversion.net, hostmonster.com, dan banyak lagi. Pilihlah yang sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang cocok dengan anda.

5. Pasang Script Iklan
Setelah situs anda diterima, segera pasang script link/banner iklan untuk mulai memoneteis blog anda. Pilihlah iklan yang sesuai dengan isi situs anda. Kemudian, lakukan terus memposting artikel-artikel yang menarik dan terkait untuk semakin memperbesar jumlah pengunjung ke situs anda. Jika program afiliasi yang anda ikuti tidak menunjukkan performa yang baik, maka ganti dengan program afiliasi yang lain atau program periklanan yang bukan berbasis komisi, seperti google adsense, media.net, sitti.com dan sebagainya.

Demikian sekilas deskripsi tentang program afiliasi di internet sebagai salah satu lahan/tambang uang untuk pundi-pundi financial anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait