Paid To Survey, Bisnis Sampingan di Internet

Bagi yang baru ingin belajar mencari uang di dunia maya alias internet, mengikuti program Paid to Survey (PTS) atau Dibayar untuk menjawab survey merupakan hal yang cukup menarik untuk sekedar mendapatkan recehan dollar sebagai pengganti biaya koneksi internet. Secara sederhana, proses kerjanya dapat dijelaskan sebegai berikut: misalnya sebuah perusahaan "A" yang akan mengeluarkan suatu produk memerlukan data-data sebanyak-banyaknya agar sesuai dengan keinginan para konsumen. Pengumpulan data-data yang diperlukan tersebut dipercayakan kepada lembaga/perusahaan survey untuk melakukannya.

Jika zaman dulu, lembaga/perusahaan survey langsung terjun ke lapangan mencari data, kini lebih banyak melalui media online. Untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail, terperinci, dan mampu menarik simpulan, maka lembaga survey tersebut memerlukan anggota sebanyak-sebanyaknya.

Nah, pada bagian itulah kita berperan sebagai anggota dari lembaga/perusahaan survey. Lembaga survey akan mendapatkan uang dari perusahaan yang meminta bantuannya, dan uang tersebut sekian persennya akan diberikan ke anggota survey karena telah membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Di dunia, ada ratusan jumlah perusahaan yang menawarkan kerjasama paid to survey, namun hanya beberapa yang bisa kita ikuti sebagai warga negara Indonesia (Asia), karena kebanyakan ditujukan untuk pemasaran di Eropa dan Amerika. Lalu apa saja modal yang harus kita sediakan? Yang utama adalah akun email. Melalui akun email tersebut, perusahaan survey akan mengirimkan kita pertanyaan-pertanyaan survey atau untuk login (masuk) ke alamat situsnya untuk mengisi survey yang diberikan. Selain akun email, yang juga mesti disiapkan adalah dompet digital yang akan digunakan untuk mengirimkan uang yang telah kita kumpulkan, biasanya secara umum menggunakan Pay Pal.

Sebagai salah satu negara yang berada di kawasan Asia, kita hanya bisa mengikuti beberapa jenis program paid to survey, diantaranya:

1. Ipanelonline
ipanelonline
Ipanelonline.com merupakan salah program paid to survey yang bermarkas di Hongkong. Jumlah anggotanya sudah mencapai jutaan member. Sebagai masyarakat Indonesia, kita bisa mengunjungi situsnya di id.ipanelonline.com. Jenis pertanyaan survey yang diberikan bervariasi, mulai dari bisnis makanan, kecantikan, tempat wisata, hingga produk-produk yang sudah terkenal. Setiap survey yang dijawab akan diberikan sejumlah point tergantung jenis survey yang dijawab, seperti mutual survey, bisnis survey, dsb. Setelah sekian ratus point berhasil kita kumpulkan maka dapat ditukarkan menjadi IDR alias si Rupiah yang akan ditransfer ke akun Pay Pal kita lalu dicairkan di bank atau ATM.

2. Aipsurvey
aip survey
Aipsurvey merupakan program paid to survey yang bermarkas di Tokyo-Jepang, didirikan pada tahun 1997. AIP Surveys menawarkan kerjasama untuk menjadi anggota menjawab survey-survey tentang berbagai hal. Hadiahnya bukanlah uang, melainkan voucher belanja, voucher makan, ataupun merchendise tertentu. Selain itu, juga disediakan undian berhadiah bagi para member, seperti laptop, kamera, voucher, dan sebagainya.

3. Surveyhead 
surveyhead
Surveyhead merupakan bagian dari perusahaan United Sample Network yang didirikan pada tahun 2008 oleh Matt Dusig dan Gragg Lavin. Survey ini menggunakan bahasa Inggris dengan bayaran yang cukup lumayan. Namun setiap survey yang dikirimkan, jumlah pertanyaannya rata-rata di atas 15 soal, lumayan bikin pusing. Selain itu, jumlah survey yang disediakan tiap bulannya tidak sebanyak program PTS yang lain. Jika anda pengguna smartphone, anda bisa download aplikasinya di Appstore dan Google Play.

4. Global Test Market
global test market
GlobalTestMarket merupakan perusahaan teknologi dunia di bidang riset konsumen berskala global yang didirikan tahun 1999. Perusahaan penyedia jasa survey ini telah merambah sampai 40 negara. Jika anda mendaftar menjadi member di situs tersebut, anda bisa memilih untuk mendapatkan uang ataupun voucher belanja.

5. Alternatif Lain
Seperti yang disebutkan di atas, ada ratusan program survey yang ditawarkan di internet. Ada yang benar-benar membayar, ada pula yang penuh penipuan alias scam. Alternatif lain yang bisa anda ikuti misalnya panelplace.com; in.tinjauanbandingan.net; petespaidsurvey.com; survey-n-more.com, dan lainnya.

Secara umum, setiap lembaran survey biasanya membutuhkan waktu 5-10 menit untuk menjawabnya. Jika survey dalam bahasa Inggris nilai pointnya lebih besar. Hanya dengan rajin-rajin mengecek email masuk atau login ke situs-situs survey yang anda ikuti, maka perlahan recehan dollar tersebut akan terkumpul dan dapat anda nikmati. Isilah data-data dengan terperinci, agar perusahaan lebih mudah memberi survey yang bertarget kepada anda. Jika anda punya banyak waktu luang tiap harinya, maka daripada bengong, lebih baik cari pengalaman nyari uang di internet dengan program paid to survey. Salam kerja & usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait