Metode Pembayaran Transaksi di Internet

Dalam melakukan transaksi di dunia maya, memang tidak bisa dilakukan dengan metode pembayaran cash. Hal ini juga berlaku bila anda juga memiliki sebuah toko online yang menjual produk-produk usaha anda lewat internet. Salah satu hal mendasar yang wajib anda lakukan dalam berbisnis di internet adalah memilih dan menyiapkan metode pembayaran yang akan digunakan untuk proses transaksi (pembelian-penjualan).

Di dunia internet, khususnya dalam jual beli di toko online, ada berbagai metode pembayaran yang bisa menjadi alternatif dalam menyokong transaksi bisnis anda, diantaranya adalah:

transaksi online internet1. Transfer Langsung ke Rekening Bank
Transfer uang pembayaran melalui bank lokal merupakan hal umum yang biasa dilakukan dalam transaksi toko online di Indonesia. Para pembeli cukup mentransfer sejumlah uang ke nomer rekening yang telah disiapkan oleh toko online. Uang yang dikirim oleh pembeli biasanya lewat pemotongan saldo rekening atau lewat kartu kredit/debit. Ketika uang telah masuk ke rekening tersebut, maka pemilik toko online tersebut kemudian mengirimkan barang yang dibeli oleh si konsumen melalui jasa pengiriman (pos, Tiki, dsb). 

2. Cash On Delivery (COD)
Metode pembayaran Cash On Delivery artinya pembayaran kash ketika barang telah sampai di tangan konsumen. Para toko online yang menggunakan metode ini harus memiliki petugas yang mendatangani alamat konsumen untuk membawa barang yang dipesan. Ketika barang telah sampai, maka konsumen melakukan proses pembayaran. Agar toko online tidak ditipu ulah pelanggan, maka sebelum barang dikirim, konsumen wajib membayar sekian persen ke rekening toko online sebagai bukti awal (indikasi) bahwa pelanggan tersebut tidak main-main.

3. Metode Pembayaran Menggunakan Pihak ke 3
Pembayaran yang menggunakan pihak ke 3 bertujuan agar pihak pembeli dan penjual merasa sama-sama nyaman. Dalam konsep transaksi ini, pembeli akan mentransfer uang ke nomer rekening pihak ke-3 yang ia percayai. Kemudian pihak penjual akan mengirimkan barang yang dipesan pembeli. Penjual juga memiliki rekening digital di akun pihak ke-3 tersebut. Ketika barang telah diterima oleh pembeli dan si pembeli merasa barang yang dibelinya sesuai dengan pesanan, maka pembeli mengizinkan pihak ke3 untuk mentransferkan uangnya ke rekening penjual. Jadi fungsi pihak ke3 tersebut adalah sebagai tempat transit sementara uang yang dikirim. Dalam model pembayaran ini yang umum dikenal dengan sebutan rekening bersama, akan menerima beban tambahan berupa pemberian uang jasa ke pihak ke3. 

Secara umum, pembayaran-pembayaran yang dilakukan dalam transaksi online lebih mudah dan cepat menggunakan kartu kredit. Tapi demi keamanan akun kartu kreditnya, banyak orang yang menggunakan pihak ke-3 sebagai rekening digital pengganti kartu kredit untuk belanja di dunia maya. Pilihan rekening digital tersebut diantaranya Pay Pal, Google Checkout, Alert Pay, eBay, dan Liberty Reserve. Dengan menggunakan akun rekening pihak ke-3 tersebut, kartu kredit akan menjadi lebih aman. Jadi, jika anda punya toko online, ada baiknya juga menyediakan opsi pembayaran dengan broker rekening digital tersebut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait